Cara Menggunakan Carbulator Cleaner Pada Motor Injeksi Dengan Benar

Otosemi.com  Cara Menggunakan Carbulator Cleaner Pada Motor Injeksi tidak boleh asal pakai. Mungguakan cabrbulator cleaner pada motor injeksi harus dengan cara yang benar dan sesuai anjuran agar tidak menimbulkan kerusakan pada komponen mesin lainnya.

Ada teman saya yang menggunakan carbulator cleaner dengan sembarangan. Dia memasukan cairan carbulator cleaner kedalam ruang bakar lewat lubang bus. Saat anda menyemprotkan cairan pembersih ini keruang bakar, maka kotoran seperti kerak – kerak yang ada diruang bakar akan rontok dan inilah yang akan menjadi penyebab yang berbahaya bagi komponen mesin motor lainnya.

Kenapa kotoran yang rontok diruang bakar bisa membahayakan komponen mesin lainnya ? Karena kotoran – kotoran yang rontok tadinya bisa melukai dinging silinder dan juga piston motor anda.

Pada saat mesin motor dinyalakan, otomatis piston akan bergerak. Hal inilah yang sangat berbahaya, dan bagimana kalau piston tersebut bergerak disertai kotoran dan kerak yang menempel di piston anda? Ya pastinya akan ada yang baret, entah itu piston atau dinding silinder mesin motor anda. Oleh karena itulah carbulator cleaner harus digunakan dengan baik dan benar.

Lalu gimanakah cara yang baik dan benar untuk menggunakan cairan pembersih injeksi ini pada motor anda? Nah, disini Otosemi akan menjelaskan cara yang benar menggunakan cairan pembersih untuk motor anda. Cara menggunakan carbulator cleaner ini bisa anda terapkan pada seluruh motor yang bertranmisi manual. Silahkan simak ulasan dibawah ini sampai selesai agar anda bisa mengerti.

Cara Menggunakan Carbulator Cleaner Dengan Benar Untuk Motor Injeksi

Cara Menggunakan Carbulator Clenear Dengan Benar Untuk Motor Injeksi

Melepas Filter Karbulator Injeksi

Cara Menggunakan Carbulator Cleaner Pada Motor Injeksi yang pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan menyiapkan peralatan terlebih dahulu seperti obeng plus (+) dan kunci pas 10 an. Peralatan ini berguna untuk membuka bok dan juga filter udara pada penutup karbulator.

Sebetulnya motor injeksi tidak memakai karbulator, akan tetapi ini saya anggap karbulator saja agar anda bisa mudah untuk memahaminya. Kemudian setelah anda melepas penutup karbulator tadi, kalian bisa mulai mengambil cairan pembersihnya dan pasang terlebih dahulu selang sedotan yang berwarna merah ke ujung lubang kepala carbulator cleaner.

Setelah itu hidupkan terlebih dahulu motor anda dan kemudian semprotkan cairan pembersih tadi kedalam lubang karbular. Cara ini anda lakukan sambil membleyer – bleyer motor ya, dan pastikan motor jangan sampai mati kalau anda belum selesai membersihkannya.

Baca Juga : Cara Menyetel Karburator Motor Agar Langsam dan Bertenaga

Tanpa Melepas Filter Karbulator Injeksi

Cara Kedua yang bisa anda lakukan ini cukuplah simpel. Anda bisa melakukan pembersihan tanpa mencopot filter pada karbular anda. Cara kedua ini dilakukan dengan membuka karet filter yang terhubung dengan karbulator.

Untuk cara mencopotnya yaitu dengan mengendorkan klem yang ada pada karet menggunakan obeng plus  (+). Kemudian setelah dikendorkan klemnya, congkel karet tersebut menggunakan obeng sampai lubang karbulator terlihat.

Setelah karet yang menutupi karbular tercongkel, maka anda bisa menyemprotkan cairan pembersih tersbut sambil membleyer – mbleyerkan motornya.  Aslina cara kedua ini hampir sama dengan cara pertama diatas, bedanya hanya mencopot filter dan tidak mencopotnya.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Busi Motor Paling Ampuh Agar Normal Kembali

Menggunakan carbulator cleaner untuk motor injeksi sebetulnya tidak salah. Akan tetapi anda harus melakukan dengan cara yang benar seperti ulasan diatas.

Tetapi kalau anda tidak mau ribet, anda bisa membawa motor anda kebengkel resmi dan bilang saja kalau mau mambersihkan injeksinya. Sudah dipastikan kalau mekanik bengkel resmi akan melakukan pembersihan seperti keinginan anda. Kalau dibengkel resmi, komponen injeksi anda juga akan dicek apakah masih normal atau tidak.

Itulah cara menggunakan carbulator cleaner dengan baik dan benar menurut versi otosemi.com. Tetapi pahami dulu caranya dengan benar agar tidak menimbulkan kerusakan pada komponen mesin anda.

About Admin

Check Also

Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng

Otosemi.com Cara Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng – Sepeda motor dapat berjalan karena adanya dorongan …