8 Cara Membersihkan Rantai Motor Dengan Baik dan Benar

Otosemi.com Cara Membersihkan Rantai Motor  – Motor memiliki salah satu komponen penting, komponen penting tersebut adalah rantai. Rantai motor harus selalu dirawat dan dibersihkan, hal ini harus dilakukan agar rantai motor kalian tetap awet dan tahan lama.

Kemudian untuk cara membersihkannya juga tidak boleh sembarangan. Kalian harus membersihkannya menggunakan bahan yang aman, agar tidak mengakibatkan kerusakan pada rantai kalian.

Ketika rantai motor tidak diperhatikan, maka rantai tersebut akan cepat kering dan juga kendur. Oleh karena itulah otosemi merekomendasikan agar kalian tetap menjaga dan merawat rantai motor kalian. 

Cara merawatnya bisa dilakukan dengan memberikan pelumas pada rantai motor, agar rantai motor tetap kinclong dan tidak berkarat. Pelumas pada rantai juga memberikan pengurangan gesekan, agar rantai motor tidak mudah aus dan rusak.

Rantai motor juga memiliki jenis jenis yang berbeda, ingin tahu apa saja jenisnya? Silahkan simak ulasan di bawah ini sampai selesai.

Jenis-Jenis Rantai Motor

Rantai adalah salah satu bagian penting yang ada di kendaraan bermotor. Rantai terbuat dari logam dan besi yang saling terhubung. Hal ini guna untuk menyalurkan tenaga mesin dari transmisi menuju di roda belakang. Untuk cara pembersihan nya juga bisa dilihat jenis jenisnya terlebih dahulu. Rantai motor juga memiliki pengaruh pada tarikan motor kalian.

Rantai dibedakan dengan 2 macam jenis ring, perbedaanya yaitu ranti X-Ring dan Rantai O-Ring. Ring pada rantai memiliki fungsi untuk menjaga pelumas agar tidak hilang pada 2 mata rantai yang saling terhubung.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Baret di Motor

Untuk jenis rantai O-Ring memiliki bentuk O dan pipih, berbeda dengan rantai jenis X-Ring yang memiliki bentuk berpilin guna untuk mencegah gesekan pada mata rantai yang saling terhubung.

Rantai tanpa ring atau bisa disebut rantai biasa ini juga terbuat dari logam dan besi yang mana sering kalian jumpai pada kendaraan bermotor. Faktanya, jenis rantai ini terbilang sangat mudah untuk dibersihkan. Akan tetapi untuk rantai jenis ini sangatlah mudah aus, Hal tersebut dikarenakan oleh gesekan mata rantai yang sering terjadi. 

Maka kalian bisa memilih rantai dengan jenis ring, karena rantai jenis ring akan lebih awet dan juga tidak mudah aus.

Contohnya seperti rantai jenis O-Ring yang mana ring nya terbuat dari bahan karet, karet ini guna untuk mencegah gesekan langsung pada mata rantai motor kalian.Berbeda dengan rantai biasa yang tidak memiliki ring dan juga mengalami gesekan pada mata rantai motor secara langsung yang akan mengakibatkan cepat hilangnya pelumas pada rantai motor tersebut. 

Ingin tahu bagaimana cara merawatnya? Silahkan simak ulasan dibawah ini ya broo

Bagaimana dengan perawatannya? 

Jika rantai motor kalian kotor, maka harus segera dibersihkan. Hal ini berguna untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh karat, sehingga umur rantai kalian tetap panjang. Terlebihnya juga sangat menguntungkan kalian kalau rantai selalu kalian bersihkan, karena harga rantai tidaklah murah. 

Kali ini akan saya akan mengulas mengenai bagaimana merawat cara membersihkan rantai motor yang kotor dengan baik dan benar. Silahkan kalian simak sampai selesai.

Siapkan Alat dan Bahan

Kini sebelum mengulas tentang bagaimana cara merawat motor dengan baik dan benar. Kalian harus memastikan untuk menyiapkan beberapa alat dan bahan yang akan dipakai untuk membersihkan rantai motor kalian. Untuk alat dan bahan yang harus disiapkan antara lain yaitu : 

  1. Sikat Gigi
Baca Juga :  Oli Gardan Harus Diganti!! Begini Efeknya Kalau Oli Gardan Motor Matic Tidak Pernah Ganti

Sikat gigi ini sangat dibutuhkan karena berguna untuk membersihkan bagian sela sela mata rantai motor kalian yang kotor.

  1. Pembersih Lantai atau Piring

Pembersih lantai atau piring antara lain seperti sunlight atau bahan pembersih lainnya. Pembersih ini digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel di rantai motor.

  1. Bensin 

Bensin ini juga perlu kalian siapkan. Karena bensin berguna untuk membersihkan karat yang menempel di mata rantai motor.

  1. Wadah

Yang sangat penting dan harus ada yaitu wadah. Karena wadah ini digunakan untuk tempat cairan pembersih kalian.

  1. Kuas kecil

Alat terakhir yang harus kalian siapkan adalah kuas. Kuas ini memiliki kegunaan untuk mengusap cairan pembersih pada seluruh bagian mata rantai motor.

Kemudian jika seluruh alat dan bahan sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya yaitu memulai untuk membersihkan semua bagian rantai motor. Untuk cara dan langkah membersihkan rantai motor bisa kalian simak ulasan di bawah ini.

1. Parkir Motor Di Tempat Rata

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum memulai untuk membersihkan rantai motor kalian yaitu dengan memarkir motor ditempat yang rata dan juga kering. Kemudian kalian jagang tengah terlebih dahulu kendaraan bermotor kalian agar mempermudah kalian saat proses membersihkan rantai motor tersebut.

2. Oleskan Bensin ke Permukaan Rantai.

Setelah langkah pertama kalian lakukan, maka langkah selanjutnya yaitu dengan menyiapkan wadah dan tuangkan bensin ke wadah yang sudah kalian siapkan.

Selanjutnya kalian ambil kuas dan mulai lah mengoleskan bensin ke seluruh permukaan rantai motor kalian. Hal ini berguna untuk merontokkan kotoran dan juga karat pada rantai motor kalian. Lakukan langkah ini secara terus menerus.

3. Mempersiapkan Bahan Pembersih dan Air

Apabila seluruh permukaan rantai sudah diolesi bensin, biarkan rantai motor dalam waktu kurang lebih 15 menit. Selanjutnya kalian bisa menyiapkan cairan pembersih dan silahkan kalian tuangkan cairan pembersih ke wadah yang sudah disiapkan.

Baca Juga :  Tips Ampuh Mengurangi Biaya Bahan Bakar Kendaraan

4. Oleskan Sabun Pembersih ke Bagian Rantai

Ketika sudah, silahkan kalian tuangkan cairan pembersih ke wadah yang sudah disiapkan. Kemudian oleskan cairan pembersih tersebut ke seluruh permukaan rantai menggunakan kuas.

Cairan pembersih ini berguna untuk membersihkan kotoran dan karat yang sudah terkelupas pada rantai motor kalian. Dengan begitu kalian akan lebih mudah dalam proses pembersihannya.

5. Siram dengan Air Bersih

Jika sudah di olesi dengan cairan pembersih, maka kalian bisa mulai menyikatnya dengan menggunakan sikat gigi. Ketika sudah disikat, kalian bisa menyiramnya dengan air bersih agar kotoran yang disikat hilang dan rantai benar benar bersih.

6. Tunggu Sampai Rantai Kering

Sehabis proses pembersihan telah berakhir, hingga perkenankan rantai dalam kondisi basah serta tunggu hingga rantai mongering. Triknya merupakan dengan membiarkan motor sebagian dikala ataupun dapat pula Kamu lap dengan memakai kain kering.

7. Semprot Pelumas Rantai

Langkah terakhir yang dapat Kamu jalani sehabis rantai motor telah mongering merupakan dengan menyemprotkan pelumas ke rantai motor. Yakinkan penyemprotan pelumas ini dicoba dengan menyelimuti rantai bagian dasar dengan memakai kardus ataupun kain supaya pelumas tidak hingga tercecer di lantai.

8. Pakai Cleaner Chain

Sehabis motor dibersihkan memakai air buat hasil optimal pakai produk ataupun cairan spesial pembersih rantai( cleaner chain). Tidak hanya rantai jadi bersih, bahan pada cleaner chain hendak melindungi rantai motor dari aus.

Buat kinerja optimal aplikasikan pelumas spesial rantai. Awas jangan memakai oli sisa sebab malah hendak membuat rantai kotor serta kilat aus sebab memiliki banyak sisa kotoran.

Begitulah cara membersihkan rantai motor dengan baik dan benar dari kami Otosemi.com . Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua.

Sekian Terima Kasih.