Tips Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor

 

Otosemi.com Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor – Mempunyai motor bersih mengkilap dan terlihat menarik merupakan keinginan semua orang. Namun dengan adanya waktu yang terus berjalan, tentu motor kita akan mengalami masalah seperti karatan. Kebanyakan orang bimbang untuk menghilangkan karat dengan cara yang mudah dan simpel. 

Pemilik kendaran motor harus tahu bahwa ada cara untuk menghilangkan karat pada besi motor jika menginginkan agar motor awet serta tahan lama. Pemicu terjadinya pengkaratan pada besi terlebih nya disebabkan oleh faktor alam seperti Hujan.

Kini musim hujan merupakan penyebab utama munculnya karat, karena air hujan yang menempel di besi yang tidak secara langsung dibersihkan, sehingga membuat zat yang asam yang ada pada air hujan akan mengakibatkan terjadinya karat pada besi.

 Karat yang ada pada besi motor tidak hanya mengganggu tampilannya saja, akan tetapi juga mengganggu ketahanan besi motor dalam jangka waktu kedepannya.

Untuk menjauhi kondisi yang lebih parah, ada baiknya jika pemilik motor langsung membersihkan zat yang menyebabkan munculnya karat pada permukaan besi motor. Jangan biarkan karat menempel terlalu lama, karena hal ini akan mengakibatkan pengeroposan besi motor anda.

Oleh karena itu anda harus mengetahui cara menghilangkan karat pada besi motor. Sesuai dengan pengalaman saya, kalau membersihkan karat dengan menggunakan air saja tidak akan mempan. Oleh karena itu simak ulasan dari kami Otosemi.com terntang cara menghilangkan karat pada besi motor kesayangan anda.

Berikut ini merupakan cara menghilangkan karat pada permukaan besi :

 

Apakah kamu tahu ?  bahwa sisa oli bekas memiliki manfaat untuk menghilangkan karat pada besi motor kalian. Maka dari itu jangan buang sisa oli bekas saat mengganti oli motor kalian ya. 

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Baret di Motor

cara ini biasanya digunakan oleh bengkel – bengkel untuk menghilangkan karat pada permukaan besi, baik pada besi motor ataupun pada besi lainnya.

Untuk cara menghilangkanya sangatlah mudah ya gaess.. sebagai contohnya kalian bisa mengoleskan oli bekas kalian pada permukaan besi motor secara menyeluruh, karena dengan adanya bantuan minyak pada oli akan menghambat munculnya sebuah karat pada permukaan besi, Contohnya seperti pada leher knalpot motor.

 Kalian bisa menggosok kan oli bekas ke bagian yang berkarat kemudian gosok dan sikat sampai bersih. Jika karat cukup tebal, diamkan dulu beberapa saat sebelum digosok agar karat bisa lebih mudah dibersihkan..

Kemudian ada cara lainnya yaitu dengan menyalakan mesin motor dan biarkan leher knalpot kalian panas, karena hal ini akan membantu oli agar bisa mempermudahkan kalian untuk menghilangkan karat pada leher knalpot motor.

  • Cara Menghilangkan Karat Menggunakan Bensin

Bingung bagaimana cara membersihkan karat pada besi motor anda? Memang sih adanya karat sangat mengganggu pandangan tampilan motor kalian. Kini ada cara untuk menghilangkan karat pada besi motor kalian dengan bahan seadanya.

Bahan yang berguna untuk membersihkan karat pada besi motor anda ialah Bensin. Kok Bisa? Karena bensin memiliki nilai oktan 92, Cara membersihkan karat menggunakan bensin cukuplah mudah.


Kalian tinggal mencampur bensin dengan solar, kemudian gosoklah karat pada besi motor kalian menggunakan campuran 2 bahan tersebut. Untuk penggosokannya kalian bisa menggunakan sikat gigi ataupun sikat baju

Gosoklah hingga mendapatkan hasil yang memuaskan, seperti hal yang kalian harapkan.. Setelah penggosokan selesai, lalu kalian bilas menggunakan bensin yang belum tercampur solar, kemudian cuci dengan sabun agar kembali bersih.

 

  • Cara Menghilangkan Karat Menggunakan Pembersih Keramik

 

Siapa sangka bila bahan- bahan yang terdapat di rumah nyatanya dapat dimanfaatkan selaku metode melenyapkan karat pada besi motor, tercantum pembersih keramik. Pembersih keramik mempunyai energi angkat kotoran yang bagus sehingga bisa digunakan buat mensterilkan karat pada permukaan besi motor.

 

Metode melenyapkan karat besi memakai pembersih keramik( ataupun dapat ditukar dengan cairan pembersih piring semacam sunlight) lumayan gampang. Kalian cuma butuh mengoleskan pembersih tersebut pada bagian motor yang berkarat. Berikutnya tunggu sebagian dikala hingga karat terkelupas setelah itu sikat ataupun gosok kemudian bilas memakai air serta lap. Metode kerja pembersih keramik ini nyaris mirip dengan metode melenyapkan karat pada besi motor dengan coca cola ialah membuat karat pada besi jadi luntur.

Baca Juga :  Tips Aman Meninggalkan Motor Dalam Waktu Yang Lama Atau Liburan

 

Butuh kalian tahu kalau pembersih keramik memiliki bahan yang lumayan beresiko bila terserang kulit terlebih mata. Oleh karena seperti itu, dikala mengaplikasikan, pakai sarung tangan plastik serta oleskan pembersih secara lama- lama supaya tidak menimpa kulit ataupun mata. Yakinkan cairan tidak tercecer ke bagian yang lain semacam blok motor sebab dapat merusaknya. Yakinkan metode melenyapkan karat pada besi ini dicoba dengan hati- hati.

 

  • Cara Menghilangkan Karat Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi juga berguna untuk menghilangkan karat pada besi motor kalian. Kok bisa ya? padahal pasta gigi gunanya untuk membersihkan gigi… Ya bisa lah gess..

Caranya tentu sangat mudah, kalian tinggal mengoleskan pasta gigi yang sudah dicampur dengan air ke  area besi yang terdapat karat, lalu gosokan dengan menggunakan sikat, terus ulangi cara ini agar kalian mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

 

  • Cara Menghilangkan Karat Menggunakan Cuka

Kemudian Kalian juga bisa menggunakan cara lainnya yaitu dengan menggunakan cuka. Cuka memiliki kandungan asam yang berguna untuk melenyapkan karat pada besi motor kalian. Untuk tipe cuka yang bisa kalian gunakan yaitu cuka putih dan cuka apel atau kalain pakai saja cuka yang ada pada toko terdekat anda.

Cara membersihkan karat menggunakan cuka sangatlah mudah, Kalian tinggal merendam besi yang ada karatnya menggunakan air cuka, kemudian gosok menggunakan sikat. Tetapi lebih efisien lagi bila besi yang dibersihkan memiliki karat yang lebih sedikit.

 

  • Cara Menghilangkan Karat Menggunakan Kertas Ampelas

 

Ampelas umumnya digunakan selaku perlengkapan buat melaksanakan finishing supaya permukaan barang dapat rata ataupun halus. Ampelas pula bisa digunakan selaku metode melenyapkan karat pada besi.

Baca Juga :  Oli Motor Cepat Menghitam? Coba Cek Penyebabnya

Penggunaannya pula gampang, kalian cuma butuh menggosok- gosokkan amplas ke seluruh bidang dari barang yang berkarat. Perihal yang butuh diingat, jangan tekan sangat keras dalam proses penggosokannya, ya supaya tidak mengganggu barang yang dibuat dari besi tersebut. Pemakaian amplas selaku metode melenyapkan karat pada besi ini teruji lumayan jitu, lho!

 

  • Cara Menghilangkan Karat Menggunakan Stempet

 

Stempet merupakan cairan yang sangat kental semacam gel serta bertabiat licin. Untuk yang bahagia mengutak- atik kendaraan, stempet tidak asing lagi sebab kerap digunakan buat melumasi suku cadang motor.

Stempet yang pula bertabiat lengket buatnya lebih lama melekat pada bagian yang dilumasi dibanding oli. Umumnya, stempet digunakan buat menghindari karat pada bagian rangka motor yang tidak pernah dicat ulang. Stempet dapat pula diaplikasikan pada rangka motor yang catnya telah rusak sebab gesekan dengan body ataupun jok.

Tetapi, butuh dikenal kalau stempet sangat gampang menangkap kotoran sebab sifatnya yang lengket. Jadi, kalian hendaknya tidak memakai stempet pada rantai motor sebab bisa memperpendek umur rantai.

  • Cara Membersihkan Karat Menggunakan Baking Soda

Tak banyak yang tahu kalau baking soda juga berguna untuk membersihkan karat pada besi. Karena baking soda memiliki kandungan bahan aktif yang berguna untuk membersihkan bercak karat. 

Cara menghilangkan karat menggunakan baking soda sudah teruji dan juga sangat membantu kalian yang memiliki masalah untuk menghilangkan karat pada besi motor. Cara untuk menghilangkannya cukuplah mudah, kalian tinggal menggosok  karat menggunakan baking soda yang tadinya telah dicampur dengan air.

Lakukan penggosokan secara berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal dan juga sesuai dengan kebutuhan kalian. Warning!! penggosokan bagian yang berkarat jangan sangat kokoh supaya tidak mengganggu body motor.

Inilah berbagai Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor kalian dari kami Otosemi.com. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang lagi mencari cara untuk membersihkan karat pada besi motor, Sekian Terima Kasih.