Cara Memperbaiki Busi Motor Paling Ampuh Agar Normal Kembali

Otosemi.com Cara Memperbaiki Busi Motor – Busi merupakan suatu komponen yang pastinya ada pada suatu motor. Busi merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai penghasil bunga api didalam ruang bakar. Kenapa busi bisa menghasilkan percikan bunga api ? Percikan bunga api dapat tercipta ketika arus listrik yang ada pada koil diteruskan kebusi.

Banyak sekali masalah yang tidak di inginkan ketika sedang mengendarai sepeda motor terutama masalah pada busi. Salah satu masalah tersebut yaitu busi yang tiba-tiba mati, dan pastinya hal ini akan membuat pengendara motor menjadi panik karena motor susah untuk dihidupkan.

Untuk hal yang menjadi penyebab busi mati ada banyak, tetapi yang sering terjadi yaitu karena busi terkena air, pembakaran yang ada diruang bakar tidak normal, keborosan bensin, dan lainnya.

Aslinya memperbaiki busi yang mati atau rusak agar bisa normal kembali tidaklah sulit. Tetapi harus di ingat bahwa busi bisa diperbaiki kalau kerusakan yang ada tidak begitu parah.

Nah, disini otosemi akan membahas mengenai masalah – masalah yang sering terjadi pada busi motor kalian beserta cara memperbaikinya agar kembali normal dan bisa digunakan lagi. Silahkan simak ulasan dibawah ini tentang cara mengatasi busi motor cepat mati.

Ciri Ciri busi Motor Mati

  1. Mesin brebet
  2. Motor sulit distarter
  3. Delayed
  4. Warna busi yang gelap
  5. Akselerasi motor berkurang

Cara Memperbaiki Busi yang Mati

Busi Motor Mati

  1. Gosok Bagian Atas Busi Menggunakan Sikat atau Amplas

Pemakaian busi yang sudah terlalu lama pastinya akan membuat busi motor menjadi kotor. Busi yang kotor bisa disebabkan oleh pembakaran yang ada diruang bakar. Terkadang busi yang kotor juga bisa menjadi penyebab busi menjadi mati. Tetapi tidak usah khawatir, karena busi yang kotor bisa dibersihkan kembali menggunakan bensin, sikat dan amplas.

Cara Pembersihan Busi yang Kotor :

  1. Siapkan bensin, sikat dan amplas
  2. Kemudian siapkan juga wadah kecil untuk menjadi tempat bensin
  3. Celupkan bagian atas busi yang kotor kedalam wadah yang sudah ada bensinya
  4. Kemudian bersigkan bagian atas tadi menggunakan sikat
  5. Sikat terus menerus sampai busi terlihat bersih, kalian juga bisa menggunakan amplas agar atas busi menjadi bersih dan kinclong kembali.

Ketika cara diatas sudah kalian lakukan, maka langkah selanjutnya yaitu dengan memasang busi kembali.

  1. Bakar Bagian Atas Busi yang Basah

Hal yang menjadi penyebab busi motor basah ialah karena proses pembakaran yang ada diruang bakar tidak sempurna. Karena fungsi utama busi yaitu utuk membantu proses pembakaran diruang bakar. Biasanya pembakaran yang tidak sempurna juga bisa disebabkan oleh campuran angin dan bahan bakar yang dihasilkan karburator tidak sempurna. Maka dari itu kalian juga harus mengetahui tentang cara menyetel karburator agar mempermudah kalian dalam mengatasi masalah seperti busi yang gelap dan basah.

Busi yang terlalu basah juga bisa menjadi penyebab busi mati. Maka dari itu cara memperbaiki busi motor yang basah yaitu dengan membakar bagian atas busi dengan api.

Ketika sudah dibakar, maka diamkan terlebih dahulu agar suhu panas yang ada pada bagian atas busi menjadi dingin. Setelah dingin kalian bisa mengelap bagian atas menggunakan kain bersih dan kemudian bis memasangya kembali pada motor kalian.

Hal ini sering dilakukan oleh beberapa bengkel untuk mengakali busi motor yang mati agar menjadi normal kembali.

  1. Pecahkan Kaca Pematik

Untuk cara ketiga yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi busi motor yang mati yaitu dengan memecahkan kaca pematik busi. Untuk cara memecahkanyapun tidak lah sulit, kalian bisa memecahkanya menggunakan tang, obeng, palu atau bahkan juga bisa menggunakan batu.

Ketika kaca pematiknya sudah kalian pecahkan, kemudian langkah selanjutnya yaitu dengan memasang kembali busi pada motor. Pada saat pemasangan kalian juga harus mengeceknya terlebih dahulu kalau pecahan keramik pada busi tidak boleh sampai masuk kedalam ruang bakar.

Intinya kalian harus membersihkannya terlebih dahulu. Karena hal itu sangat mengancam komponen mesin motor kalian, terutama pistion dan klep kalian. Jangan sampai kerusakan terjadi pada komponen lainya dengan penyebab busi motor yang kotor.

  1. Merenggangkan Cop Busi

Cara kempat yang bisa kalian coba untuk mengatasi busi yang mati yaitu dengan merenggankan cop busi motor kalian. Hal ini dilakukan agar listrik yang disalurkan kebusi menyabar. Biasanya hal ini dilakukan oleh beberapa orang, akan tetapi sifat cara ini hanyalah sementara. Kalian bisa menggunakan cara ini ketika pada kondisi darurat saja, tidak dianjurkan untuk cara utama ya.

  1. Atur Kerenggangan Celah Busi

Cara kelima untuk mengatasi busi yang mati yaitu dengan mengatur kerenggangan celah busi. Hal ini dilakukan karena sangat berpengaruh terhadap percikan bunga api yang dihasilkan oleh busi. Jika percikan yang dihasilkan berwarna merah, maka itu tandanya busi sudah mati.

  1. Setting Ulang Karburator Motor Kalian

Ketika kalian sedang mengalami masalah mengenai busi motor yang mati, dan kebetulan sekalian hal itu terjadi ketika sedang dekat dengan bengkel. Maka kalian bisa membawanya kebengkel untuk memperbaiki masalah ini.

Biasanya pihak bengkel akan memperbaiki busi mati dengan cara melihat busi tersebut dan kemudian akan menyetting karburator motor kalian kembali. Karena pada dasarnya karburator juga sangat berpengaruh terhadap umur busi. Jika settingan karburator basah maka busi juga akan menjadi basah dan pastinya busi akan cepat mati.

  1. Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Masalah Busi Mati

Penyebab busi cepat mati biasanya juga terjadi karena adanya kebocoran pada kompresi motor. Ketika kebocoran kompresi terjadi maka tekanan udara yang ada diruang bakar tidak bisa menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Ketika cara-cara diatas untuk memperbaiki busi yang mati tidak bekerja dengan baik, maka kalian bisa menggunakan cara yang ampuh yaitu dengan mengganti busi yang mati dengan busi yang baru.

Kalau sudah diganti dengan yang baru tetapi busi juga cepat mati, maka hal ini bisa dianggap bahwa ada kerusakan pada komponen mesin anda terutama pada bagian ruang bakar. Karena pembakaran yang normal dan bagus tidak akan membuat busi motor menjadi cepat mati.

Terutama kalau motor umur motor kalian sudah tua, akan sebaiknya kalian membawa busi cadangan beserta kunci businya untuk mengatasi masalah busi yang mati pada saat kondisi daruat.

Itulah cara memperbaiki busi motor mati yang bisa kalian lakukan. Semoga artikel ini dapat membantu kalin, sekian TerimaKasih. 😊

 

 

About Admin

Check Also

Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng

Otosemi.com Cara Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng – Sepeda motor dapat berjalan karena adanya dorongan …