Ketahuilah Cara Reset Motor Injeksi Yang Benar Secara Lengkap

Otosemi.com Cara Reset Motor Injeksi – Pada saat ini, semua motor keluaran terbaru menggunakan system kerja injeksi untuk mgelola bahan bakarnya. Cara kerja injeksi ini dilengkapi dengan teknologi digital dengan mengatur komposisi bahan bakar dan juga udara melalui ECU/ECM. Motor yang menggunakan system kerja injeksi pasti dilengkapi dengan indicator.

Indicator berguna sebagai penanda apabila ada komponen yang bermasalah. Jika indicator pada motor injeksi anda memunculkan kode, maka anda harus mengetahui bagaimana cara reset motor injeksi secara manual dirumah. Hal ini berguna agar anda bisa memperbaiki masalah ini sendiri tanpa membawanya kebengkel.

Untuk caranya bisa anda simak pada ulasan dibawah ini.

Apa Yang Dimaksud Sistem Injeksi ?

Apa Yang Dimaksud Sistem Injeksi ?

Sebelum anda melakukan reset motor injeksi secara manual. Maka anda harus mengetahui dahulu apa itu sistem injeksi. Sistem injeksi merupakan teknologi yang berfungsi untuk meneruskan bahan bakar ke ruang bakar. Untuk cara kerjanya pun sangat mudah, bahan bakar yang diteruskan ke ruang bakar akan disemprotkan dalam bentuk kabut.

Pengabutan yang dihasilkan oleh sistem injeksi ini sangat sempurna. Karana campuran antara udara dan bensin ini sudah di atur agar bisa seimbang. Oleh karena itulah hasil pengabutanya bisa sempurna.

Untuk mesin yang menggunakan sistem injeksi pasti akan memiliki performa mesin yang baik. Berbeda dengan motor yang menggunakan sistem kerja karburator. Tetapi sistem injeksi ini juga memiliki kekurangan dan juga kelebihan.

Untuk kekurangan pada sistem kerja injeksi yaitu tentang perbaikan. Dimana ketika motor injeksi anda mengalami masalah, maka biaya untuk memperbaikinya sangat banyak, beda dengan motor yang masih menggunakan karburator. Karena untuk memperbaiki motor yang menggunakan karburator tidak semahal injeksi.

Motor yang menggunakan sistem kerja injeksi pasti memiliki tanda – tanda bila salah satu komponenya mengalami kerusakan yang pastinya harus diperbaiki.

Baca Juga : Cara Menggunakan Carbulator Cleaner Pada Motor Injeksi Dengan Benar

Tanda – Tanda Motor Injeksi Harus di Reset Ulang

Disini otosemi akan memberikan informasi mengenai tanda – tanda injeksi harus di reset ulang. Tanda – tanda tersebut antara lain yaitu

  1. Lampu indicator yang menandakan adanya kerusakan yang terus berkedip.
  2. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin semakin menurun
  3. Kenyamanan saat berkendara menjadi berkurang
  4. Aki yang drop
  5. Stasioner pada motor terasa tidak normal atau brebet

Setelah mengetaui 5 tanda bahwa motor injeksi perlu di reset ulang, maka anda bisa meresetnya dengan mengikuti Langkah – Langkah dibawah ini

Cara Melakukan Reset Motor Injeksi Secara Manual

Sistem yang eror pasti akan terjadi pada motor injeksi anda. Masalah pada injeksi ini ditandai dengan tarikan motor yang berat dan pastinya membuat anda tidak nyaman saat berkendara. Jika masalah ini anda perbaiki dibengkel, pasti anda akan mengeluarkan biaya perbaikan yang banyak.

Oleh karena itu anda harus tahu bagaimana cara melakukan reset motor injeksi secara manual agar menjadi penolong pertama dalam masalah biaya perbaikan. Dibawah ini merupakan cara melakukan reset motor injeksi yang bisa anda coba jika motor anda mengalami erros sistem.

Langkah – Langkah Melakukan Reset Injeksi

  1. Melakukan reset pada posisi kendaraan mati (kunci Off)

Pastikan bahwa anda mereset injeksi pada keadaan motor mati atau off. Karena hal ini bertujuan untuk memusutkan arus listrik yang ada pada motor anda.

  1. Memastikan Semua Sensor Terpasang Dalam Keadaan Yang Baik

Pada saat melakukan reset, anda harus mengecek terlebih dahulu apakah sensor yang terpasang berfungsi dengan baik. Jika rusak maka anda harus menggantinya terlebih dahulu agar proses meresetnya dapat berjalan dengan baik.

  1. Cari Letak Kabel di Dalam Jok Motor

Biasanya kabel untuk mereset injeksi ini dilettakan didalam jok atau di bawah jok motor. Ciri – ciri kabel reset injeksi ini terbungkus oleh karet pengaman yang berwarna kuning.

  1. Pisahkan Antara Kabel Terminal Dengan Kabel Reset Injeksi

Kabel ini bisa anda temukan didekat tempat aki. Kabel ini terdiri dari 2 buah kabel. Dimana yang satu merupakan kabel fause dengan warna merah dengan ukuran besar dan satunya lagi adalah kabel reset sistem injeksi yang berwarna hijau atau putih dengan ukuran kecil.

  1. Lepaskan Hubungan Antara Kabel Reset Sistem Injeksi

Ketika anda sudah menemukan kabel tersebut. Maka Langkah selanjutnya yaitu dengan melepasnya. Karena kabel sistem injeksi ini ditandai dengan tanda – dan +. Dengan melepasnya, arus listrik tidak akan bisa berjalan.

  1. Putar Kunci ke Posisi ON

Dilangakah ini kamu akan membutuhkan tenaga listrik agar ECU bisa aktif. Kemudian putar kunci kekanan atau ke posisi ON selama kurang lebih 10 detik. Ketika motor aktif tetapi kabel reset injeksi manual tidak terhubung, maka sistem hapus data error akan berjalan secara otomatis.

  1. Matikan Kembali Motor Anda

Setelah menunggu motor aktif selama 10 detik, maka anda bisa mematikanya Kembali ke posisi Off karena proses reset manual sudah dijalankan.

  1. Memasang Kabel Injeksi Kembali

Kemudian setelah proses reset injeksi secara  manual sudah dilakukan, kini saatnya kamu memasang Kembali posisi kedua kabel sistem injeksi keposisi semula.

  1. Test Hasil Reset Injeksi Motor

Ketika cara reset sistem injeksi sudah dilakukan dengan benar, kode MIL pada motor anda akan berhenti berkedip .

Tujuan Reset Injeksi Motor

Pemakain motor yang sudah terlalu lama pasti akan mengalami terhadap performas mesin yang dihasilkan. Begitu juga dengan sistem injeksi. Bisa saja ECU dalam motor injeksi ini mengalami perubahana saat akan mengontrol campuran udara dan bensin yang akan masuk kedalam ruang bakar.

Hal ini bisa saja terjadi karena debu yang ada dijalan masuk kedalam filter dan  bisa juga karena busi yang kurang sehat. Jumlah antara udara dan juga bahan bakar yang berubah bisa membuat ECU menjadi tidak normal, dan pada akhirnya campuran udara dan bensin menjadi tidak seimbang.

Oleh karena itu, tujuan reset sistem injeksi ini  berguna untuk mengatasi masalah seperti ini. Cara ini bisa diterapka pada motor injeksi ESP ataupun ESP yang penting injeksi.  Cara reset injeksi ini bisa mengembalikan pengaturan pada motor anda sesettingan pabrikan.

Fungsi Mereset ECU

Untuk menghilangkan data – data yang masuk kedalam ECU yaitu dengan cara meresetnya. Semua data yang masuk akan hilang ketika motor mulai di reset. Kemudian ketekika kalian sudah reset ECU, maka kalian juga harus melakukan reset pda TP (Trohtle Position).

Ini merupakan cara untuk mengembalikan posisi setingan throttle ke posisi semula. Yang dimaksud mengembalikan keposisi semula yaitu menyetel ulang Idle ketika trothle dalam posisi tertutup. Jika ECU dan Trohtle Position ini direset bersamaan, maka akan meningkatkan kerja sistem injeksi menjadi maksimal.

Kode Kerusakan Yang Ditunjukan MIL (Malfunction Indicator Lampu)

MIL atau malfunction indicator lampu ini berguna sebagai lampu peringatan untuk menandai adanya masalah pada motor injeksi. Cara kerja MiL ini yaitu dengan cara mengedipkan lampunya yang berarti terjadi masalah dan harus diperbaiki pada bagian motor.

Lampu MIL yang menyala ini terbagai menjadi beberapa penanda. Tergantung ada masalah apa pada bagian motor anda. Seperti lampu indicator yang berkedip Panjang selama 1,5 detik. Maksutnya yaitu kedipan Panjang berlangsung dengan sepuluh jumlah kedipan. Kemudian lima kedipan berlangsung selama 0,5 detik. Satu kedipan pendek merupakan ekuivalen dengan satu kedipan.

Pasti anda sulit untuk memahaminya,  tetapi tidal perlu khawatir. Karena otosemi akan memberikan kode beserta masalahnya yang terjadi. Berikut ini merupakan kode kerusakan yang bisa anda ketahui. Antara lain yaitu :

Jumlah Kedipan Kode ErrorGejalaPenyebab
12Tidak ada sinyal normal dari sensorRangkaian kabel rusak
13Rangaian sensor tekanan udara masuk rusak
  • Kabel putus atau tidak terdeteksi
  • Konektor sensor tidak terpasang semua
14Sistem tekanan udaha masuk rusakIntake air pressure sensor tersumbat
15Rangkaian throttle position sensor rusak
  • Rangkaian unit kabel rusak
  • Throttle position sensor rusak
16Trottle position sensor macetThrottle position sensor macet atau rusak
22Sensor temperature udara masuk rusakKabel putus atau terdeksi hubungan pendek
24Sinyal dari sensor oksigen tidak normalRangaian unit kabel rusak atau sensor oksigen rusak
28Sensor temperatur mesin rusakRangkaian unit kabel rusak
30Kendaraan terbalikKendaraan habis terbalik

 

Itulah ciri – ciri kode error beserta dengan permasalahanya yang bisa anda ketahui.

Itu saja pembahsan mengenai cara reset motor injeksi secara manual. Mudah kan? Semua hal pasti akan mudah dilakukan jika anda sudah mengetahui caranya. Jika anda malas dan bingung untuk memperbaikinya sendiri dirumah, maka anda bisa membawa motor anda kebengkel.

Tetapi pastinya membawa motor kebengkel akan membutuhkan banyak biaya. Semoga artikel ini dapat membantu anda. Sekian Terimakasih.

About Admin

Check Also

Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng

Otosemi.com Cara Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng – Sepeda motor dapat berjalan karena adanya dorongan …