6 Penyebab Oli Bocor Dan Cara Mengatasinya

Oli Motor Bocor – Komponen pendukung yang harus diperhatikan dalam mesin motor ialah Oli. Oli merupakan suatu zat aditif yang berfungsi untuk melumasi mesin agar komponen yang ada di dalam mesin tidak bergesekan secara langsung dan agar bisa bekerja secara optimal layaknya kuda besi.

Seperti pembahasaan tadi, oli merupakan suatu cairan yang mencegah gesekan antar komponen yang ada di dalam mesin, oli ini guna agar menjaga keawetan komponen mesin, bila mana kalau oli ini telat atau lupa tidak diganti, maka akan menyebabkan komponen cepat aus.

Namun, kini seringkali ada yang mengeluhkan kendaraan mereka yang mengalami kebocoran oli. Kok bisa terjadi? Kini ada beberapa faktor yang menyebabkan kebocoran oli pada mesin motor. 

Beberapa permasalahan kebocoran oli di mesin kalian ada yang tidak memerlukan tenaga orang bengkel, kalian bisa memperbaikinya sendiri di rumah.

Nah, pada artikel ini Otosemi akan membahas secara tuntas tentang permasalahan kebocoran oli mesin yang sering dikeluhkan oleh para pemilik kendaraan bermotor.

Apa saja itu? Berikut ini silahkan simak penjelasan dan permasalahan mengenai penyebab oli motor bocor.

6 Faktor Penyebab Oli Bocor Dan Cara Mengatasinya

Volume Oli Yang Berlebihan

Oli bocor bisa saja dikarenakan oleh takaran oli yang melebihi batas volume motor. Untuk mengetahui takaran volume oli yang pas untuk mesin motor, kalian bisa melakukannya dengan cara melihat dinding mesin yang terdapat berupa catatan mengenai informasi takaran volume oli mesin. 

Baca Juga :  Tips Memilih Pelapis Jok Motor Atau Mobil Yang Berkualitas Tinggi

Bila mana oli yang kalian masukan kedalam mesin melebihi batas volume oli mesin, maka bisa saja oli motor akan mengalami kebocoran.

Kini ada cara lain yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui berapa takaran oli yang pas untuk mesin motor kalian. Cara ini yaitu dengan menggunakan dipstick yang ada pada tutup oli mesin motor kalian. 

Dipstick ini mempunyai fungsi untuk penutup lubang pengisian oli sekaligus sebagai alat ukur takaran oli dan juga bisa dilakukan untuk mengecek kekentalan oli agar kalian bisa tau bahwa oli yang ada didalam mesin waktunya ganti. Apabila oli yang ada didalam mesin motor kalian berwarna hitam dan kental, maka segeralah kalian ganti agar motor kalian tetap awet dan bekerja secara optimal.

Baca Juga : Oli Motor Cepat Menghitam? Coba Cek Penyebabnya

Seal yang sudah rusak

Faktor kedua yang bisa jadi penyebab oli bocor adalah karena seal yang sudah rusak. Seal merupakan komponen pendukung untuk mencegah kebocoran oli pada mesin motor. Jika seal pada mesin motor kalian pecah atau retak, maka hal ini lah yang menjadi penyebab kebocoran oli mesin kalian.

Nah, kalian juga harus tahu, kalau seal ini terbuat dari bahan karet dan seal ini ditempatkan di selah-selah mesin yang terus menerus kena panas di saat motor kalian dihidupkan. 

Hal tersebut bisa mengakibatkan Seal menjadi keras dan retak,Jadi wajar saja kalau seal tersebut bisa mengalami kerusakan.

Jika oli motor kalian bocor dikarenakan oleh seal yang telah rusak, maka hal yang harus kalian lakukan yaitu dengan cara menggantinya di bengkel terdekat atau juga bisa kalian ganti sendiri dirumah.

Baca Juga :  Tips Ampuh Mengurangi Biaya Bahan Bakar Kendaraan

Packing Mesin Motor Yang Bocor

Faktor pemicu oli bocor yang lain dapat dipengaruhi oleh packing mesin motor yang bocor. Perihal ini umumnya sebab umur pakai telah lumayan lama sebab umur motor yang telah lumayan lama.

Buat itu bila kendaraan roda 2 Kamu dirasa telah berumur lumayan tua, lekas cek keadaan bermacam berbagai komponen yang terdapat di dalamnya. Salah satunya merupakan packing mesin sebab dia mempunyai kedudukan berarti untuk kendaraan.

Demikianlah sebagian pemicu oli bocor yang sering kali terjalin serta kerap dirasakan oleh banyak pengendara sepeda motor. Apapun aspek penyebabnya, Kamu wajib lekas memperbaikinya supaya motor dapat berjalan maksimal. 

Sebab oli mempunyai kedudukan berarti supaya motor dapat berjalan dengan maksimal. Bila oli dibiarkan bocor ataupun merembes begitu saja, lama kelamaan kuantitas oli dalam motor hendak menurun apalagi oli dapat habis sepenuhnya. Pasti perihal tersebut hendak membatasi kinerja mesin serta buatnya tidak optimal dalam bekerja.

Oli yang bocor pula dapat saja mengotori lantai ataupun apalagi jalanan yang Kamu lewatkan. Bila dalam jumlah besar, oli bocor ini pula hendak beresiko untuk pengendara lain sebab bisa membuat permukaan jalan jadi licin. Hingga dari itu, perhatikanlah tiap komponen pada kendaraan Kamu serta lekas perbaiki ke bengkel terdekat buat diperbaiki.

Permukaan Mesin Yang Tidak Rata

penyebab oli bocor

Faktor keempat yang bisa jadi penyebab kebocoran oli yaitu karena permukaan mesin yang tidak rata.

“Permukaan mesin itu sudah wajib harus rata, tidak boleh ada celah sedikitpun,” buka Luckas Dwinanda dari bengkel Engine Plus Motorsports.” 

Biasanya permukaan mesin yang tidak rata bisa dikarenakan oleh mesin yang terlalu panas dan overheat, atau bisa saja karena goresan-goresan yang terjadi karena pembersihan permukaan yang tidak hati-hati saat mesin sedang di bongkar.

Baca Juga :  Ini Lho, Tips Menjaga Keselamatan Ibu Dan Anak Dalam Mobil

Kalau sampai tidak rata maka efeknya bisa mengakibatkan kebocoran oli mesin.Kalau oli kalian bocor karena permukaan mesin yang tidak rata, maka kalian  bisa membawanya ke bengkel bubut untuk meratakan kembali permukaan yang tidak rata.

Kencangkan Semua Baut atau Ganti Baru

Baut pada mesin buat aliran oli dapat dol ataupun kendor. Keadaan ini kerap terjalin serta umumnya kerap dirasakan oleh kendaraan- kendaraan yang kerap dipakai. Kamu wajib mengecek tiap baut di zona kebocoran oli buat memastikannya. Bila baut kendor, hingga Kamu cuma butuh mengencangkannya.

Tidak cuma itu, Kamu pula wajib membenarkan baut terpasang dengan benar serta tidak miring. Bila baut miring, hingga hendak terasa berat serta berpotensi mengganggu ulir karter ataupun baut itu sendiri. Bila baut telah dol ataupun slek, hingga Kamu butuh mengubahnya dengan yang baru. Kamu bisa membuat drat baru ataupun menggunakan baut lain yang ukurannya sedikit lebih pendek.

Perhatikan ring motor

Berikutnya ialah yakinkan komponen ring ini terdapat. Baut carter oli umumnya dilengkapi dengan ring yang berperan buat menghindari kebocoran oli. Bila ring ini lenyap ataupun rusak, hingga dapat jadi inilah pemicu oli rembes.