12 Penyebab Dan Cara Mengatasi Tarikan Motor Berat

Tarikan Motor Berat – Tenaga pada kendaraan merupakan suatu hal yang penting dikarenakan ini akan membangkitkan karakter motor saat motor dikendarai di jalanan. Apalagi jalanan yang akan dilewati naik turun, maka motor harus memiliki tenaga performa yang besar.

Namun, Bagaimana jika motor yang kita kendarai memiliki masalah dengan tenaga yang terasa berat dan nahan? Padahal gas sudah ditarik sampai mentok, tapi tetap saja tenaga yang keluar terasa nahan. Hal ini tentu akan menghambat dan mengganggu perjalanan kalian.

Tentu saja kenyamanan pengendara akan terganggu jika motor yang dikenakan terasa berat dan nahan. Penyebab permasalahan ini secepat mungkin harus segera diatasi, karena hal ini pasti memiliki masalah yang berhubungan dengan salah satu komponen yang ada didalam mesin motor. 

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa komponen mesin motor terdiri dari berbagai macam komponen, antara lain yaitu seperti piston,busi,karburator,askruk dan masih ada banyak lagi. Salah satu nama komponen yang kami sebut bisa menjawab permasalahan tarikan motor berat. 

Sebelum mengatasi permasalahan tersebut, saran kami bahwasanya kalian bawa saja ke bengkel dahulu untuk menanyakan permasalahan yang ada di motor kalian, agar kalian bisa mengambil langkah yang tepat agar motor kalian memiliki performa mesin yang kembali normal seperti biasanya.

Nah, kini Otosemi akan membahas tentang penyebab tarikan motor berat dan jug cara mengatasinya, siamak pembahasan berikut ini sampai selesai!!

Penyebab Tarikan Motor Berat dan Cara Mengatasinya

Tidak teratur dalam mengganti oli

Jika oli yang dipakai sudah lama tidak diganti, maka bisa saja menyebabkan pelumasan pada komponen motor menjadi tidak sempurna. Dapat dikatakan kalau hal ini bisa menyebabkan dampak pada tarikan motor yang menjadi lebih berat, dan bahkan bisa menimbulkan masalah-masalah yang fatal pada komponen mesin motor kalian.

Tidak hanya kerusakan, tetapi juga bisa mengakibatkan mesin motor menjadi cepat panas walaupun motor memiliki jangka pemakaian yang belum lama. Oleh karena itulah kalian harus teratur mengganti oli motor kalian, agar performa pada mesin motor kalian tetap terjaga.

Kualitas Oli Yang Buruk

Kualitas oli yang buruk bisa mempengaruhi performa mesin kalian. Karena oli memiliki peran penting yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan bermotor, jadi jangan sampai oli motor kalian habis

“Jeleknya performa mesin motor atau mobil itu tergantung dari gaya perawatan dan cara penggunaan sehari-hari. Sebaiknya selalu mengganti oli secara rutin, apalagi untuk kendaraan yang digunakan sehari-hari,” ujarnya.

Oli mesin harus memiliki kualitas bagus dan jangan pilih oli dengan kualitas jelek atau sembarang pilih seperti halnya oli palsu. Kini memilih oli akan lebih mudah kalau kalian mengikuti branding jenis oli terbaik seperti Top 1. Kok bisa? Ya bisalah karena branding memiliki kepercayaan yang sangat tinggi dan pastinya sudah lama dipakai oleh para pemilik kendaraan bermotor.

Jadi tidak hanya tentang kualitas oli saja ya.. tetapi  masih ada hal lain yang harus diketahui seperti ketepatan dalam memilih kekentalan oli. Selalu perhatikanlah tingkatan oli yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan kalian.

Kualitas Busi Yang Buruk

Busi adalah suatu komponen pengapian yang pasti ada di mesin motor kalian. Busi memiliki peran sebagai pengubah energi listrik dari koil menjadi percikan bunga api yang guna untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar. Ini guna untuk membangkitkan tenaga yang ada di mesin motor kalian.

Kini busi juga memiliki jangka penurunan kualitasnya karena waktu pakai yang sudah lama, sama halnya dengan komponen lainnya. Jika kualitas busi menurun, maka sudah dipastikan kalau kemampuan dalam membakar bahan bakar di ruang bakar akan berkurang dan akan menurunkan tenaga mesin motor kalian.

Mesin motor selalu membutuhkan pengapian yang baik, karena memiliki peran sebagai pembangkit tenaga mesin motor, oleh karena itu lakukan penggantian busi secara rutin.

Ukuran Main Jet Terlalu Kecil

Main jet (MJ) merupakan suatu komponen kecil yang terdapat didalam karburator. Komponen ini memiliki fungsi sebagai jalan penyalur bensin ke dalam lubang intake dengan volume yang ideal yang sesuai spesifikasi motor kalian.

Main jet juga memiliki ukuran lubang, besar dan kecilnya lubang tersebut akan mempengaruhi seberapa banyak bensin yang akan masuk ke intake. Jadi komponen satu ini biasanya akan diganti ke ukuran yang sesuai spesifikasi motor untuk meningkatkan performa mesin kalian.

Masalah tersebut akan timbul kalau main jet tersumbat kotoran. Jika tersumbat maka bensin yang masuk ke intake akan berkurang dan akan mengakibatkan motor menjadi berat dan ngempos.

Bagaimana solusinya ?

Cek terlebih dahulu main jetnya, kalau ternyata mampet karena tersumbat kotoran, kalian bisa membersihkannya menggunakan bensin atau langsung di ganti saja dengan yang baru.

Ada penyumbatan pada intake atau knalpot 

Intake manifold serta exhaust manifold sepatutnya bersih dari penyumbat sebab 2 komponen ini jadi tempat keluar masuk material pembakaran. sehingga, kondisinya wajib mudah tanpa hambatan.

Apabila terdapat penyumbat di tengah saluran intake, hingga aliran hawa hirup mengarah mesin hendak tersendat. Perihal ini membuat jumlah hawa yang masuk ke mesin lebih sedikit dibanding umumnya sehingga akselerasi motor hendak tertahan.

Apabila saluran knalpot yang hadapi penyumbatan, hingga aliran gas buang yang hendak menumpuk. Sehingga hendak membagikan tekanan balik mengarah mesin yang membuat langkah piston lebih berat, pasti imbasnya tarikan hendak terasa pelan.

Filter Udara

Proses pembakaran pada motor dibutuhkan hawa buat menciptakan tenaga. Oleh sebab itu, dia masuk ke dalam proses tersebut lewat suatu filter buat disaring terlebih dulu apakah memiliki kotoran ataupun tidak. Pada bagian filter hawa ini, pada biasanya hendak banyak tertempel kotoran- kotoran akibat proses penyaringan.

Kotoran- kotoran yang melekat ini menimbulkan suplai hawa buat pembakaran kurang. Minimnya hawa membuat tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran pula kurang. Hingga butuh pula untuk kamu owner serta pengendara motor buat mensterilkan bagian filter hawa buat melancarkan perputaran hawa yang diperlukan buat pembakaran.

Tetapi bila dirasa telah sangat lama serta sangat kotor, kamu pula dapat mengubah filter hawa pada motor yang jadi pemicu tarikan motor berat serta kurang bertenaga. Solusinya merupakan dengan mensterilkan filter hawa hingga betul- betul bersih.

Stelan Klep Mesin Terlalu Rapat

Celah klep mesin motor kalian bisa beralih jadi sangat rapat bersamaan dengan berjalannya waktu.

Bila klep sangat hingga proses pasokan serta pembuangan pada mesin jadi tidak balance, dampaknya mesin motor jadi kilat panas serta tarikan terasa lelet.

Indikasi yang lain yang menunjukkan klep mesin sangat rapat merupakan timbulnya suara letusan pada pada mesin serta mesin jadi kilat panas.

Kampas Kopling

Komponen sepeda motor yang pula wajib ditilik merupakan kampas kopling. Konsumsi kampas kopling yang terus menerus pula hendak buatnya habis. Sebab sejatinya guna kampas kopling merupakan buat melindungi gigi motor supaya normal baik untuk motor bergigi ataupun motor bergigi an berkopling( motor manual).

Bila kampas kopling habis, hingga umumnya motor hendak kekurangan tenaga yang disyarati dengan motor tertahan dikala hendak jalur, serta pada dikala kopling dilepas motor tidak ingin bergerak. Suara mesin yang dihasilkan pula hendak agresif sebab flywheel motor bergesekan dengan kampas, memunculkan suara tidak beraturan serta bergetar.

Terdapat pula akibat yang ditimbulkan merupakan mesin kilat panas, Bila kampas kopling telah aus, hingga panas yang dihasilkan bertambah lebih daripada umumnya. Bila perihal ini dibiarkan, hingga motor pula hendak hadapi sulit oper

gigi sebab sangat panas serta kampas menempel pada flywheel. Bila harus begini, membawa lekas motor kamu ke bengkel buat diservis

Rantai / V Belt

Guna rantai merupakan selaku penghubung antara roda balik dengan mesin sehingga motor bisa melaju. Nah apabila keadaan rantai kurang maksimal, semacam sangat kendor ataupun sangat kencang, hingga dapat menimbulkan motor kurang bertenaga serta tarikan gas terasa berat. Oleh sebab seperti itu kami sarankan buat melaksanakan perawatan teratur pada rantai motor maupun Vein belt untuk yang mempunyai motor matic. Cek Cara Membersihkan Rantai Motor Dengan Baik dan Benar!!

Perawatan rantai motor sesungguhnya sangat gampang. Kita cuma butuh giat melumasi rantai motor dengan oli rantai dikala rantai motor telah kering. Sebaliknya buat Vein Belt, sobat dapat memohon dorongan ke bengkel terdekat supaya di cek keadaan Vein beltnya. Apabila kondisinya telah tidak bagus, hingga lebih baik mengubahnya dengan yang baru sehingga bebas dari tarikan motor berat serta terasa kurang bertenaga.

Ukuran roller terlalu berat (motor matic)

Pada motor matic, ada komponen bernama roller. Roller sesungguhnya berperan seperti pemberat yang hendak mengendalikan perbesaran pulley primer di dalam bak transmisi.

Apabila roller yang dipakai ringan, hingga akselerasi mesin hendak ringan sebab tidak terbebani tetapi ini hendak membuat top speed motor kurang optimal. Kebalikannya, pemakaian roller yang berat hendak tingkatkan top speed motor tetapi akselerasi hendak menurun.

Apabila kamu mempunyai motor matic yang sempat ditukar rollernya, seketika terdapat indikasi mesin berat. Hingga dapat jadi, roller yang digunakan dikala ini mempunyai berat lebih besar.

Kepala Silinder

Terkadang ada kotoran ataupun kerak sisa pembakaran yang tidak sempurna pada kepala silinder. Perihal ini pula hendak pengaruhi tarikan gas sepeda motor yang hendak jadi berat. Tidak hanya itu perihal ini pula hendak pengaruhi mesin jadi lebih panas. Buat mengatasinya, kalian wajib memecahkan bagian head serta bilas kotoran ataupun kerak tersebut dengan memakai amplas agresif maupun sekrap.

Kurangnya perawatan

Baik itu motor baru ataupun motor lama bersama memerlukan perawatan. Minimnya perawatan pada kendaran bermotor pasti saja hendak pengaruhi tarikan tuas gas sepeda motor. Oleh sebab itu, servis lah

motormu secara berkala supaya keadaan motor mu senantiasa prima. Apabila motor sudah dirawat dengan baik sedari masih baru, tentu hendak berakibat baik bila motor itu terus menjadi tua. Paling tidak performanya tidak hendak turun sangat ekstrim dibanding bila motor itu kurang dirawat selagi masih muda ataupun baru.

Nah itu tadi pemicu tuas gas pada kendaraan bermotor jadi lebih berat serta pula metode mengatasinya. Jangan kurang ingat dibaca tetapi pula praktekkan pada motormu supaya performa motor mu senantiasa terpelihara!

Itulah pembahasan mengenai 12 Penyebab Dan Cara Mengatasi Tarikan Motor Berat. Semoga artikel ini dapat membantu kalian, sekian Terima Kasih 🙂