7 Penyebab dan Cara Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng

Otosemi.com Cara Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng – Sepeda motor dapat berjalan karena adanya dorongan dari tenaga mesin. Tetapi untuk menghubungkan tenaga mesin ke roda pastinya membutuhkan gear dan rantai agar motor dapat berjalan.

Rantai motor ini merupakan komponen yang sangat penting karena jika tidak ada rantai motor, motor tidak dapat berjalan. Akan tetapi masih ada juga orang yang tidak memperhatikan kondisi rantainya.

Akhirnya karena kelalaian para pengendara yang tidak memperhatikan kondisi rantai motornya, maka rantai motor kendaraanyapun jadi mudah kendor.

Rantai motor yang kendor kenceng juga dapat mempengaruhi performa mesin motor kalian. Seperti ulasan diatas bahwa rantai motor memiliki fungsi sebagi penghubung antara tenaga mesin dengan roda motor.

Untuk setiap komponen sepeda motor pastinya membutuhkan perawatan yang rutin. Apalagi dengan komponen rantai motor ini yang mana setiap motor dipakai, rantai ini menerima beban tarikan yang dihasilkan oleh mesin motor.

Oleh karena itu, rantai motor pastinya juga memiliki beberapa masalah yang bisa muncul secara tiba-tiba. Masalah tersebut bisa seperti rantai yang mulai kendor kenceng atau bahkan bisa saja putus.

Jika motor kalian memiliki masalah mengenai rantai motor, maka kalian bisa simak ulasan dibawah ini sampai selesai.

7 Penyebab Rantai Motor Cepat Kendur

Aslinya penyebab rantai motor kendur kenceng saat bergkendara memiliki berbagai masalah. Jangan kalian biar kan apabila motor kalian memiliki masalah seperti ini, karena masalah ini dapat memperngaruhi kinerja mesin pada saat menghubungkan tenaga ke roda belakang motor. Kadang-kadang ada juga orang yang mengatasi rantai motor yang kendor dengan cara memotong rantai motor tersebut. Karena memotong rantai dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Untuk penyebabnya bisa saja karena perawatan dan pemilihan jenis rantai motor yang kurang bagus. Alangkah baiknya kalau kalian merawat rantai motor tersebut secara rutin agar rantai motor tetap awet dan tidak  mudah kendur.

Untuk perawatan rantai motorpun terbilang cukup mudah. Karena kalian hanya perlu menyemprotkan oli pelumas rantai secara rutin. Selain itu, kalian juga harus membersihkan bagian rantai motor yang kotor.

Tetapi alangkah baiknya kalau kalian mengetahui terlebih dahulu penyebab rantai motor kendor kenceng. Ini bertujuan agar kalian bisa tahu bagaimana cara mengatasinya. Silahkan simak ulasan dibawah ini sampai selesai.

1.Cara Pengencangan Tidak Benar

Penyebab pertama mengenai rantai motor kendor kenceng ialah karena pengencangan stelan rantai yang salah. Jika hal ini diteruskan dan tidak segera diperbaiki maka lama kelamaan akan mengakibatkan keasuan serta munculnya suara gesekan yang dihasilkan oleh gear dan rantai.

Maka dari itu kalian harus stel rantai sesuai dengan kekencangan yang diperlukan. Kalian harus meyakinkan bahwa rantai sudah benar. Setelah merasa benar, maka kalian bisa mulai merapatkan kembali cengkraman dan ass roda motor kalian.

Untuk posisi saat meraptakan, roda tidak boleh miring agar rantai dan gear tetap bersentuhan secara lurus pada letaknya.

2.Kotoran Pada Rantai

Hal lain yang bisa menyebabkan rantai motor kendor kenceng ialah karena kotoran. Biasanya kotoran ini karena Air hujan yang berada dijalan yang tercampur lumpur, dan pada saat itu kalian melewatinya dan akhirnya air kotor itu menyemprot ke rantai motor kalian.

Karena kotoran ini menyebabkan pelumas rantai motor kalian hilang, dan akhirnya gaya gesekan yang terjadi antara rantai dan gear semakin besar. Ini juga mengakibatkan rantai menjadi cepat panas dan akhirnya rantai akan kendor saat dalam kondisi dingin.

3.Rantai Terlalu Kering

Setiap komponen motor pastinya harus dirawat secara baik, karena komponen-komponen tersebut pastinya berpengaruh terhadap performa motor. Seperti rantai motor yang terlihat sepele padahal sangatlah penting dan membutuhkan perawatan secara rutin.

Maka dari itu jangan sampai rantai motor kalian memiliki masalah sehingga masalah itu dapat mengganggu kerja mesin motor kalian. Cara merawat motor sangatlah mudah, kalian hanya memberikan oli pelumas kerantai agar rantai tetap licin dan tidak kering.

 

Ketika rantai motor kalian kering, maka performa mesin pun juga tidak dapat bekerja secara optimal bahkan saja juga bisa terjadi kemacetan. Maka dari itu kalian harus sering mengecek rantai motor dan memberikan pelumas rantai motor terbaik  agar rantai motor tetap terjaga.

4.Gear Sudah Aus

Penyebab rantai motor kendor kenceng berikutnya yaitu karena kondisi gear yang sudah aus. Untuk mengecek kondisi gear yang sudah aus bisa kalian lihat pada gerigi gear yang terlihat semakin tajam.

Hal ini akan memperngaruhi kinerja rantai motor, karena gear yang sudah semakin tajam apalagi terlihat tidak rata akan mempengaruhi proses kerja rantai yang terlihat bergoyang.

Ketika mendapatkan masalah seperti ini, alangkah baiknya kalau kalian segera mengganti gear baru. Rantai dan gear biasanya dijual secara set, tetapi ada juga yang terpisah.

Komponen kendaraan sangatlah penting, maka dari itu rawatlah dengan baik terutama rantai motor kalian agar tidak cepat kendor kenceng. Karena rantai motor kendor kenceng sangat mempengaruhi kinerja mesin motor kalian.

5.Medan Jalan Yang Tidak Rata Dan Bergelombang

Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng

Hal lainnya yang bisa menyebabkan rantai motor kendor kenceng yaitu karena medan jalan yang tidak rata dan juga rusak. Ini juga bisa menjadi penyebab rantai motor kendur kenceng.

Karena pada saat kalian melewati medan jalan yang tidak rata akan berpengaruh terhadap Swing Arm yang mana akan bergerak secara tidak teratur dan ini pastinya juga berpengaruh terhadap rantai motor kalian. Kerena ketika Sewing Arm tertekan, rantai motor akan semakin kencang dan akan kendor kencang ketika melewati jalan tidak rata.

6.Periksa Rear Wheel Damper

Rear Wheel Damper murapakan suatu komponen motor yang terbuat dari karet yang memiliki fungsi sebagai peredam pada bagian belakang motor. Pada saat rantai motor aus, maka posisi gear juga akan menjadi goyang dan mengakibatkan rantai motor menjadi kendor kenceng.

Karet ini berguna sebagai peredam hentakan saat motor berjalan.jadi sangatlah mempengaruhi apalagi saat usia rantai motor semakin tua.

7.Kelebihan Muatan

Penyebab terakhir mengenai rantai motor kendur kenceng yaitu karena muatan yang berlebihan. Kelebihan muatan saat berkendara ini juga bisa menyebabkan rantai kendur.

Hal ini terjadi karena rantai motor tidak kuat menarik beban yang terlalu berat mengakibtkan jarak antara mata rantai menjadi kendur bahkan juga bisa putus.

Cara Mengatasi Rantai Motor Kendur Kenceng

Setelah mengetahui penyebab rantai motor kendur kenceng, kini saatnya kalian mengetahui cara mengatasinya.

Simak sampai selesai ya…

1.Ganti Gear

Pertama kalian harus mengganti gear depan belakang dengan yang baru. Pastikan juga bahwa mata gear tidak lancip. Jika ternyata mata gear kalian udah lancip, itu berarti udah saatnya kalian harus menggantinya.

Perlu di ingat bahwa mengganti gear depan belakang kalau bisa harus bersama rantainya juga, karena jika tidak bersamaan saat mengganti, juga bisa mengakibatkan rantai menjadi cepat kendor karena keausan salah satu komponen tersebut.

2.Ganti Rantai

Jika ternyata gear kalian depan belakang masih bagus, maka kalian bisa mengganti rantainya saja.

Memang umumnya mengganti gear itu juga harus dengan rantainya. Tetapi kalau gearnya masih bagus, cukup ganti rantainya saja.

Untuk cara amanya ya harus mengganti satu paket. “ujar mekanik bengkel motor kertosono”.

3.Balik Posisi Gear dan Rantai

Ketika uang saku kita menipis dan terjadi masalah seperti rantai motor kendor kenceng, maka kalian bisa mencobanya untuk mengatasi dengan cara membalik posisi gear dan rantai motor kalian. Intinya yang menghadap kedepan menjadi menghadap kebelakang.

4.Periksa Bearing

Jika sudah melakukan cara diatas tetapi rantai tetap kendor kenceng, maka kalian bisa mengecek smua bearing yang ada pada kaki-kaki motor kalian. Jika ternyata bearing udah mulai aus, maka kalian perlu menggantinya dengan yang baru.

5.Cek Tromol Velg Belakang

Untuk para pengguna motor yang motornya masih memakai velg jari-jari, kalian harus memastikan bahwa tromol yang ada di velg masih bekerja secara center lurus dan baik. Jangan sampai tromol velg kalian goyang, karena jiga goyang tentunya hal ini juga bisa menjadi penyebab rantai motor kendor kenceng.

Note : Tetapi pada umumnya penyebab rantai kendor kenceng terjadi karena gear dan rantai sudah aus.

Nah inilah pembahasan mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Rantai Motor Kendor Kenceng dari kami Otosemi.com. Semoga artikel ini membantu..