Oli Motor Cepat Menghitam? Coba Cek Penyebabnya

Oli Motor Cepat Hitam – Oli hitam padahal baru saja ganti oli… Kira-kira apakah aman untuk mesin motor dengan kondisi oli yang seperti itu dan bagaimana cara untuk mengatasinya? Mari simak ulasan berikut ini sampai selesai!!

Komponen yang sangat penting dan harus diperhatikan adalah oli. Oli merupakan suatu pelumas mesin dimana oli mempunyai tugas untuk mencegah gesekan secara langsung pada komponen yang ada di dalam mesin motor tersebut. 

Anda juga bisa mengecek oli di rumah sendiri agar anda tahu apakah oli masih layak dipakai atau waktunya ganti. Dalam pengecekan oli tidaklah membutuhkan waktu yang lama. 

Untuk menjaga agar mesin tetap terawat dan performa mesinnya tetap terjaga dapat anda lakukan dengan cara mengganti oli secara rutin. Oleh karena itulah anda tidak boleh lalai dalam jadwal penggantian oli motor anda sesuai arahan pabrikan motor anda.

Walaupun penggantian oli anda lakukan secara rutin, bisa saja oli yang anda ganti suatu saat akan cepat berubah dengan warna hitam. Nah, untuk hal ini mungkin saja motor anda mengalami gangguan yang menyebabkan oli motor cepat berubah warna.

Eitsss, tapi jangan panik dulu yah, karena terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab oli mesin menjadi cepat hitam. Lalu apakah penyebabnya?

Nah, di artikel ini, Otosemi.com akan melakukan pembahasan tentang oli motor yang cepat hitam. Tentu kalian yang memiliki motor kesayangan pasti bertanya apakah penyebab oli yang cepat hitam ini? Berikut ini otosemi akan menjawab pertanyaan kalian yang menanyakan tentang permasalahan oli, simak pembahasannya dibawah ini!!

Alasan Oli Berubah Warna Menjadi Hitam

Mengganti oli mesin secara berkala jadi aktivitas harus seluruh pemilik kendaraan. Tetapi, kala baru ubah, sebagian hari setelah itu dikala ditilik oli kembali jadi hitam.

Jangan panik serta berpikiran terdapatnya kehancuran pada mesin. Dipaparkan oleh Senior Technical Advisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing( YIMM), Slamet Kasianom, oli baru serta langsung menghitam merupakan perihal wajar. Tetapi pastinya ada hal yang menyebabkan oli mesin cepat menghitam, dibawah ini dijelaskan mengenai 3 faktor penyebab oli cepat menghitam. 

  • Gas Sisa Pembakaran Masuk ke Dalam Karter

Ada faktor pertama yang menjadi penyebab oli mesin mengalami perubahan warna yang cepat menghitam. Faktor ini biasanya dikarenakan gas sisa pembakaran yang menjadi kerak mesin lalu masuk ke dalam krengkes mesin. Sehingga hal ini bisa menyebabkan perubahan oli yang cepat menghitam pada motor anda.

Eits, tetapi lebih dahulu kalian pula butuh mengingat serta mengecek kapan terakhir kali kalian mengubah oli. Jika penggantian oli baru dicoba sebagian hari tetapi telah berganti warna jadi gelap bisa disimpulkan bila pergantian warna ini bukan diakibatkan oleh mesin yang rusak ataupun oli palsu.

Baca Juga : Cara Membedakan Dan Memilih Oli TOP 1 Asli Dan Palsu 

Nah pasti kalian bertanya, kenapa gas sisa pembakaran pada mesin bisa masuk ke dalam krengkes? Kini jawabannya adalah karena bisa saja disebabkan oleh boring yang sudah aus, ring piston yang melemah, atau juga bisa dikarenakan karena ring piston terbaik

Untuk mengatasi agar komponen motor kalian tidak cepat aus yaitu dengan memilih jenis pelumas yang bagus dan  berkualitas dan juga memiliki tingkat kekentalan yang sesuai dengan spesifikasi mesin kalian. Hal ini bisa kalian lakukan agar mesin motor kalian tetap awet dan tahan lama.

  • Rusaknya saringan oli

Faktor kedua yang bisa menyebabkan oli cepat menghitam yaitu karena saringan oli yang ada didalam mesin sudah rusak. Saringan oli merupakan  komponen penting yang memiliki peran untuk menyaring mesin agar tidak tercampur oleh kotoran. Oleh karena itu jika saringan oli rusak, maka oli pastinya akan cepat menghitam.

Baca Juga :  6 Penyebab Oli Bocor Dan Cara Mengatasinya

Maka hal yang harus kalian lakukan yaitu dengan cara mengecek kondisi saringan oli tersebut, apakah masih bagus atau waktunya ganti. Kalau ternyata saringan oli rusak, maka kalian bisa membeli saringan oli tersebut di toko sparepart atau di bengkel motor resmi dan umum terdekat.

Untuk pembelian saringan oli ini kalian harus memilih dengan merk dan kualitas terbaik agar nantinya tidak kecewa di suatu saat nanti.

  • Komponen Mesin Kotor

Faktor terakhir tentang penyebab oli mesin cepat menghitam yaitu dikarenakan ruang dalam mesin yang sudah kotor. Hal ini bisa terjadi karena oli memiliki peran untuk melumasi bagian dalam mesin, maka jika ruang dalam mesin yang dilumasi kotor, hal ini bisa jadi oli ikut tercampur kotoran yang ada di dalam ruangan mesin kalian. 

Untuk mengatasi agar ruang mesin tetap bersih dan terhindar dari kotoran, maka hal yang harus kalian lakukan yaitu dengan membersihkan permukaan mesin yang kotor menggunakan cairan atau alat khusus.

Sehingga jika ruang mesin motor kalian bersih, maka oli pun juga tidak akan cepat menghitam dikarenakan tidak tercampur oleh kotoran yang ada didalam ruang mesin.

Namun terjalin sebab oli yang pula mempunyai guna selaku pembersih juga dapat menimbulkan warna oli berganti. Oli mesin pula mempunyai kedudukan buat mensterilkan permukaan bilik silinder dari oksidasi, kerak- kerak yang mencuat akibat proses pembakaran, pula buat pembersihan karbon.

Buat permasalahan di atas, solusinya bisa diatasi dengan memasang oil cooler ataupun OBS( Oil Breathing System) ataupun pula biasa diucap selang hawa pada mesin motor yang dijual di pasaran dengan harga 12 ribu saja buat OBS yang biasa, tetapi buat yang kualitasnya bagus dijual dengan kisaran 150 sampai 550 ribu tergantung dari tipe motor serta tipe dari oli cooler itu sendiri.

Baca Juga :  Tips Memilih Pelapis Jok Motor Atau Mobil Yang Berkualitas Tinggi

Tetapi lebih dahulu kalian pula butuh mengubah filter oli yang telah gosong sehingga bisa menyaring oli dengan lebih baik. Kalian dapat mengubah filter oli tersebut yang dijual dengan kisaran 25 ribu sampai 90 ribu. Rajin- rajinlah pula buat mengubah oli, minimum tiap 1500 kilometer.

Nah, walaupun warna oli menghitam tadi dikatakan wajar, bukan berarti Kamu abai buat mengubah oli mesin. Slamet menganjurkan periode penggantian oli hendaknya menjajaki anjuran pabrikan.

” Buat waktu tepatnya tiap motor beda- beda. Makanya dianjurkan buat amati di novel manual,” paparnya.

Demikian artikel mengenai alasan oli motor cepat hitam berikut juga cara mengatasinya. Semoga bisa menambah pengetahuan dan membantumu mengatasi masalah yang ada pada motormu!