Warning, Kampas Kopling Mobil Matic Mudah Habis, Lho…??

Otosemi.com Kampas Kopling Mobil Matic – Alat transportasi yang di ciptakan oleh para produsen baik itu roda dua (sepeda motor) atau roda empat (mobil), pastinya memakai salah satu jenis transmisi yang di gunakan antara lain transmisi otomatis (matic) atau transmisi manual. Di dunia mobil pun juga begitu banyak sekali varian transmisi M/T (Manual) atau transmisi A/T (Otomatis) yang telah di pasarkan ke berbagai belahan dunia ini.

Perlu di ketahui kedua jenis transmisi ini memiliki tingkat perbedaan yang signifikan, namun kegunaan atau fungsinya sama yaitu sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda. Sedangkan masalah kemudahan pengoperasian tentu transmisi otomatis yang paling unggul daripada manual.

Untuk mobil yang pakai transmisi manual tentu cara memakainya akan lebih merepotkan sekali karena saat pengoperasian di haruskan bersamaan meliputi gas, tuas gigi dan kopling. Namun dari segi tenaga model transmisi inilah yang paling handal dan kekuatannya lebih besar di bandingkan jenis matic. Akan lebih melelahkan lagi jika jalanan yang di lalui ini memiliki dimensi yang turun naik sebab penggunaan sistem kemudi lebih extreme lagi.

Berbeda dengan jenis mobil matic yang mana menggunakan tipe transmisi otomatis (Automatic Transmision) ini lebih mudah sekali penggunaannya. Meski mobil yang pakai sistem matic ini dalam beberapa waktu belakang sangat populer serta banyak di minati oleh masyarakat Indonesia. Apalagi di daerah kota mancet atau kepadatan lalu lintas kendaraa yang cukup besar, mobil matic ialah solusi terbaik untuk di beli sebab tidak repot-repot seperti pada jenis mobil tipe M/T.

Bahkan jika pengemudi ingin melaju di kecepatan yang di tentukan sebelumnya hanya dengan menggeser tuas kopling ini ke posisi ‘D’ tidak serepot jenis transmisi manual yang harus menyesuaikan posisi gear pada kecepataan saat melintas. Namun ketahuilah mobil matic memang unggul dalam penggunaan lebih praktis tetapi juga miliki kekurangan di sisi kampas kopling cepat habis, karena tidak adanya sistem pemindahan tuas seperti pada M/T. Hal ini juga berdampak negatif sekali bagi mobil sebab oli transmisi mobil juga akan menurun.

Tips aman untuk meminimalisir terjadinya kampas kopling mobil matik cepat habis ialah mudah sekali dengan cara sesuaikan pemindahan tuas kopling pada kondisi yang tepat. Alangkah baiknya saat mengalami kemancetan yang panjang pindahkan tuas ke posisi N (Netral), selain itu cara memindahkan tuas kopling ke posisi lain sebaiknya dilakukan secara lembut saja.

Meskipun disebut dengan transmisi matic, tetapi kampas kopling juga digunakan dan berada di dalamnya. Kampas kopling mobil matic juga mempunyai tugas penting untuk meneruskan putaran mesin menuju roda kendaraan.

Meskipun kampas kopling matic tidak beroperasi secara manual, akan tetapi transmisi matic ini juga bisa mengalami keausan. Umur pemakaian Mobil juga bisa menjadi penyebab keausan transmisi matic tersebut.

Tidak hanya itu saja, saat mobil berjalan dan melakukan perpindahan gigi, maka saat itu mobil akan meraung tetapi tidak seimbang dengan kecepatan laju mobil. “Gigitan kampas kopling sudah tidak terlalu kuat mencengkram, jadinya slip,”

Bagi para pengendara tentu harus memahami gejala penyebab kampas kopling mobil matic habis. Dengan mengetahui gejala tersebut, maka anda bisa mencegah terjadinya kecelakaan dan juga biaya perbaikan pada mobil anda. 

Kampas kopling memiliki peran yang penting pada kendaraan.  Kampas kopling yang habis biasanya juga disebabkan oleh pengemudi yang kasar dalam mengendarai mobil tersebut.

Kampas Kopling Mobil Matic

Berikut 13 Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis : 

1. Perpindahan Gigi mobil yang kasar

Ketika gigi transmisi akan berpindah, biasanya akan muncul bunyi krek dengan durasi waktu yang lumayan lama. Hal lainnya juga bisa ketika gigi terkunci di posisi tertentu dan sulit untuk melakukan perpindahan.

2. Mobil bergetar

Biasanya Mobil yang sudah kehabisan kampas kopling akan menimbulkan bau gosong, sehingga mobil akan menjadi bergetar. Dalam hal ini, sudah diharuskan agar kampas kopling segera diganti.

3. Tarikan transmisi akan terasa berat 

Biasanya penyebab tarikan  transmisi berat disebabkan oleh kampas kopling yang kotor. Tetapi, tidak hanya itu, hal lain yang bisa menyebabkan tarikan transmisi berat yaitu ketika kabel gearbox terkelupas atau putus.

4. Starter lebih ringan atau ngelos

Pada saat menyalakan mobil, starter akan terasa ringan atau ngelos, itu berarti bisa dipastikan bahwa kampas kopling mobil habis. Kadang-kadang hal ini bisa menyebabkan mobil matic tidak bisa menyala.

5. Terjadi hentakan ketika perpindahan transmisi 

Hal ini akan menimbulkan hentakan yang begitu keras dikarenakan oli pada transmisi tidak bisa menjaga perpindahan gigi pada RPM yang tinggi.

6. Tidak kuat menanjak 

Kadangkala kampas kopling mobil matic yang habis juga bisa mengakibatkan mobil tidak bertenaga pada saat melalui medan jalan yang menanjak.

7. Transmisi mobil tersangkut 

Dikala keadaan limp ataupun safe fashion yang dimana transmisi mobil tersangkut dengan posisi gigi sangat atas ialah indikasi kampas kopling mobil matic habis. Lekas cek keadaan kampas kopling apabila terjalin indikasi ini.

8. Putaran mesin makin tinggi

Perihal ini diakibatkan oleh kampas kopling yang mulai menipis hendak jadi licin serta menyebabkan putaran lebih kerap.

9. Kopling selip

Tidak hanya sebab oli yang telah kurang baik dapat pula sebab keadaan kampas kopling mobil matic yang nyaris habis serta mulai menipis.

10. Akselerasi mesin melemah

Akselerasi mesin mobil yang kian melemah menunjukkan indikasi kampas kopling mobil matic habis. Umumnya, jika kampas mulai menipis, secara otomatis mobil matic pula hendak terus menjadi kehabisan akselerasinya. Cuma, mobil yang umumnya dapat mencapai kecepatan 100 kilometer/ jam dalam waktu 10 detik, saat ini hendak perlu sela waktu waktu sampai 15 ataupun 20 detik.
11. Tenaga mesin berkurang

Dikala kampas kopling mobil matic mulai menipis ataupun menurun ini kakan menimbulkan mesin seakan olah kehabisan tenaga.

12. Boros bahan bakar

Apabila bahan bakar lebih kilat habis sementara itu tidak melaksanakan ekspedisi jauh, hingga perihal itu dapat jadi ciri kampas kopling kendaraan habis. Kampas kopling habis membuat Kamu memencet pedal gas lebih dalam. Aksi tersebut merangsang pemakaian bahan bakar lebih banyak.

13. Oli berganti warna kehitaman

Terakhir, buat membenarkan keadaan kampas kopling ini dapat mengecek keadaan oli. Apabila warna oli kehitaman, hingga itu merupakan hasil residu kampas kopling yang gosong dengan oli. Maksudnya, kampas kopling betul- betul habis serta Kamu wajib lekas melaksanakan perawatan kendaraan.

Biaya Ganti  Kampas Kopling Mobil Matic di Bengkel Umum

Kampas Kopling Mobil Matic

Biaya ubah kampas kopling mobil matic di bengkel universal pasti hendak jauh lebih terjangkau serta jadi opsi alternatif supaya dapat memberikan perawatan pada mobilmu dengan lebih hemat budget.

Karena, kisaran ongkos ubah kampas kopling mobil buat layanan servicenya saja ialah Rp. 350- 500 Ribu saja. Jauh lebih terjangkau bukan? Hendaknya ubah kampas kopling mobil berapa Kilometer sekali?

Tidak terdapat patokan yang tentu menimpa kapan waktu yang pas buat ubah kampas kopling mobil karena seluruhnya kembali lagi dari gimana metode konsumsinya dalam tiap hari.

Ditambah apakah kalian teratur melaksanakan penggantian oli ataupun tidak pula bisa membuat waktu ubah kampas kopling mobil jadi berbeda.

Hendak namun secara universal, bila pemakaian kendaraan dalam batasan yang wajar hingga kampas kopling mobil matic bisa bertahan sampai jarak 100. 000 kilometer. Patokan angka ini bisa berganti jadi lebih pendek apabila mobil tidak sering dicoba perawatan serta penggantian oli transmisi secara teratur.

Tidak cuma itu saja, bila kalian merasa kalau terjalin pergantian pada bagian akselerasi mobil yang mulai melemah dan susah dibawa melaju maupun menanjak, terdapat baiknya langsung lekas dibawa ke tempat service mobil terdekat( bengkel).

Tujuan utamanya pasti merupakan supaya owner mobil dapat lekas memperoleh perawatan saat sebelum meningkat parah.

Biaya ubah kampas kopling mobil matic pasti mempunyai opsi yang lumayan bermacam- macam bergantung dari tipe bengkel serta tipe mobil yang kalian miliki. Spesial jasa service, harga kampas kopling mobil matic dari bengkel formal hendak dikenakan dekat Rp. 800- 900 Ribu.

Tetapi buat ongkos ubah kampas kopling mobil buat jasa service di bengkel universal bisa dikenakan dekat Rp. 350- 500 Ribu. Bila memilah bengkel universal yang senantiasa pasti hendak jadi pemecahan pas selaku alternatif buat mengirit budget mu.

Ini lah pembahasan tentang Kredit Motor Bekas dari kami otosemi.com. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua 🙂.

About Admin

Check Also

Busi Motor Mati

Cara Memperbaiki Busi Motor Paling Ampuh Agar Normal Kembali

Otosemi.com Cara Memperbaiki Busi Motor – Busi merupakan suatu komponen yang pastinya ada pada suatu …