Cara Membuat Pengkilap Body Motor Otosemi.com Ingin tampilan motormu selalu kinclong dan bersinar seperti baru? Kamu dapat mengaplikasikan coating untuk mengkilapkan body motor yang dapat memberikan kilau sempurna dan tahan lama! Namun, sebelum membeli pengkilap di toko, kamu juga dapat membuat pengkilap dengan bahanbahan yang mudah didapatkan di sekitar rumah.

Pada panduan ini, kamu akan menemukan cara membuat pengkilap motor sendiri yang murah dan mudah untuk dibuat di rumah. Tak hanya itu, kamu juga akan mengetahui cara membersihkan, mengaplikasikan, serta menjaga kilau dan keawetan pengkilap.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu dapat memberikan kilau sempurna dan tahan lama pada body motor kesayanganmu. Yuk, langsung simak panduan lengkapnya agar tidak ketinggalan informasi!

Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai proses pembuatan pengkilap motor, ada beberapa bahan dan alat yang perlu kamu persiapkan. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang harus kamu siapkan:

  • Sabun cuci piring: Untuk membersihkan wadah dan peralatan sebelum digunakan.
  • Ember bersih: Untuk mencampur bahan-bahan dengan tepat.
  • Kain lap microfiber: Untuk membersihkan body motor.
  • Botol semprot kosong: Untuk mengaplikasikan campuran pengkilap pada body motor.
  • Silicon Oil: Untuk menambah kilau dan daya tahan pada pengkilap.
  • Wadah kosong: Untuk mencampur bahan-bahan membuat pengkilap.
  • Bahan-bahan: Tergantung pada resep yang akan kamu gunakan.

Persiapan Bahan dan Alat

No
Bahan dan Alat
1
Silicon Oil
2
Sabun Cuci Piring
3
Kain lap microfiber
4
Botol semprot kosong
5
Silicon Emulsi
6
Wadah kosong
7
Air Bersih

Pastikan semua bahan dan alat sudah tersedia sebelum memulai proses pembuatan pengkilap body motor. Dengan mempersiapkan bahan dan alat dengan baik, kamu dapat menjaga kualitas pengkilap dan hasil akhir yang lebih optimal.

Membuat Campuran Pengkilap

Untuk mendapatkan hasil yang optimal pada body motor, campuran pengkilap harus dibuat dengan proporsi dan bahan yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat campuran pengkilap:

  1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu:
Bahan-bahan
Jumlah
Silicon Oil
50 ml
Silicon Emulsi
100 ml
Gliserin
30 ml
Air Bersih
300 ml
  1. Campurkan semua bahan dalam wadah yang bersih dan aduk hingga rata.
  2. Selanjutnya, tuangkan campuran pengkilap ke dalam botol semprot yang telah disiapkan.
  3. Campuran pengkilap sudah siap digunakan pada body motor kamu.

Pastikan untuk menyimpan campuran pengkilap pada suhu ruangan dan jangan terkena sinar matahari langsung.

Membersihkan Body Motor

Sebelum mengaplikasikan pengkilap pada body motor, langkah awal yang perlu dilakukan adalah membersihkan body motor dengan baik. Membersihkan body motor secara efektif akan membantu pengkilap menempel dengan baik dan memberikan hasil kilau yang maksimal.

Langkah pertama membersihkan body motor adalah membersihkan bagian kotoran dengan sabun pencuci kendaraan dan air. Kamu dapat menggunakan spons atau kain lembut untuk membersihkan bagian motor secara menyeluruh. Pastikan tidak ada spot kotoran yang tertinggal.

Tips: Bersihkan body motor pada tempat yang teduh dan hindari membersihkan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung, karena akan meninggalkan bekas jamur dan menurunkan kualitas pengkilap.

Setelah membersihkan body motor dari kotoran, keringkan body motor menggunakan kain lembut. Pastikan tidak ada tetesan air yang tertinggal. Setelah body motor benar-benar kering, lanjutkan ke proses pengaplikasian pengkilap.

Secara berkala, membersihkan body motor juga membantu menjaga kilau dan daya tahan pengkilap. Lakukan proses membersihkan dan pengaplikasian pengkilap secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal dan menjaga body motor tetap dalam kondisi prima.

Mengaplikasikan Pengkilap Body Motor

Setelah membuat campuran pengkilap dan membersihkan body motor dengan baik, saatnya mengaplikasikan pengkilap pada body motor. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengaplikasikan pengkilap body motor yang telah kamu buat:

Persiapkan alat yang dibutuhkan

Sebelum mengaplikasikan pengkilap, pastikan kamu telah menyiapakan seluruh alat yang diperlukan seperti lap mikrofiber, spons busa dan sarung tangan. Karena ini sangat dibutuhan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagi body motor menjadi beberapa bagian

Agar lebih mudah dan rapi saat mengaplikasikannya, bagi body motor menjadi beberapa bagian seperti bagian depan, samping kiri, samping kanan dan bagian belakang.

Aplikasikan pengkilap secara merata menggunakan spons busa

Basahi spons busa ke dalam campuran pengkilap, lalu aplikasikan secara merata pada bagian body motor yang sudah ditentukan sebelumnya. Disini sangat direkomendasikan untuk menggunakan spon busa, karena spon busa bisa menyerap dan membuat pengaplikasian menjadi merata.

Gosok secara perlahan menggunakan lap mikrofiber

Setelah pengkilap teraplikasi, gosok secara perlahan menggunakan lap mikrofiber untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran pada body motor dan juga membuat body motor semakin mengkilau secara maksimal.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, pengaplikasian untuk mengkilapkan body motor dapat dilakukan dengan mudah dan memberikan hasil yang maksimal.

Menjaga Kilau dan Keawetan Pengkilap

Setelah mengaplikasikan cairan ini pada body motor, anda juga harus mempertahankan kilau dan keawetan pengkilap karena ini sangatlah penting.

Untuk menjaga kilau dan keawetan pengkilap, kamu perlu:

  • Menjaga motor tetap bersih dengan membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada body motor secara teratur. Kamu juga bisa menggunakan lap microfiber untuk membersihkan motor agar tidak meninggalkan goresan.
  • Menjauhkan motor dari sinar matahari langsung dan kondisi cuaca ekstrem, yang bisa merusak lapisan pengkilap.
  • Menjaga motor tetap kering dan tidak terkena air berlebihan agar tidak mengikis lapisan pengkilap.
  • Mengecek secara teratur kondisi pengkilap dan mengaplikasikan pengkilap ulang jika diperlukan agar kilau tetap maksimal dan tahan lama.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, kamu dapat menjaga kilau sempurna dan keawetan pengkilap pada body motor untuk waktu yang lama.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap tentang cara membuat pengkilap body motor. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, kamu dapat memberikan kilau sempurna dan daya tahan yang lama pada motor kesayanganmu. Ingatlah untuk selalu membersihkan motor dengan baik sebelum mengaplikasikan pengkilap, dan menjaga perawatan agar pengkilap tetap maksimal.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas agar hasil yang diperoleh maksimal dan tahan lama. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keselamatan saat menggunakan bahan kimia dan alat-alat yang diperlukan dalam proses pembuatannya.

Dengan memperhatikan semua langkah ini, kamu dapat dengan mudah membuat pengkilap body motor sendiri di rumah tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk membeli produk yang serupa di toko. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Bagikan: