cara membuat penghitam body motor

5 Cara Membuat Penghitam Body Motor Permanen di Rumah

Cara Membuat Penghitam Body Motor Permanen Otosemi.com Apakah Anda ingin membuat motor Anda terlihat baru dan segar? Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan penghitam body motor permanen. Dalam bagian ini, kami akan membagikan panduan sederhana tentang cara membuat penghitam body motor permanen agar motor Anda terlihat selalu baru. Anda akan mempelajari tentang penghitam body motor, langkah-langkah untuk membuatnya, dan tips merawat body motor agar tahan lama.

Poin Kunci:

  • Penghitam body motor¬†adalah bahan atau produk yang digunakan untuk menghitamkan bagian body motor
  • Langkah-langkah untuk membuat penghitam body motor permanen meliputi menyiapkan bahan-bahan, mencampur bahan, dan mengaplikasikan pada body motor
  • Penting untuk merawat body motor dengan baik agar hasilnya tetap tahan lama
  • Beberapa tips merawat body motor mencakup mencuci secara teratur, menghindari benda-benda keras, dan menyimpannya di tempat yang aman
  • Ada panduan penghitam body motor yang perlu diperhatikan, seperti mencampur bahan dengan benar dan menghindari pengaplikasian pada permukaan yang terlalu panas

Apa Itu Penghitam Body Motor?

Sebelum memulai membuat penghitam body motor permanen, ada baiknya untuk memahami apa itu penghitam body motor. Penghitam body motor adalah bahan atau produk khusus yang digunakan untuk menghitamkan atau mewarnai bagian body motor.

Banyak pengendara motor yang mengalami masalah pada body motornya, seperti warna yang pudar atau kusam. Dengan menggunakan penghitam body motor, Anda dapat mengembalikan warna asli body motor sehingga terlihat lebih segar dan baru.

Penghitam body motor terbuat dari bahan yang aman dan tidak merusak permukaan body motor. Dengan pengaplikasiannya, penghitam body motor diaplikasikan pada permukaan body motor dengan menggunakan kuas atau spons.

Dalam beberapa kasus, penghitam body motor juga dapat membantu melindungi permukaan body motor dari kerusakan karena adanya faktor eksternal seperti sinar UV dan debu yang menempel.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan sederhana tentang cara membuat penghitam body motor permanen. Simak panduan selengkapnya pada bagian selanjutnya.

Langkah-Langkah Membuat Penghitam Body Motor Permanen

Membuat penghitam body motor permanen cukup mudah dilakukan di rumah. Dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat, Anda dapat menghitamkan body motor tanpa perlu membeli produk khusus. Berikut adalah tutorial penghitam body motor yang efektif dan langkah-langkah untuk membuatnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tinta spidol permanen warna hitam
2-3 buah
Spiritus
2 sendok makan
Kapur barus
1-2 buah
Wadah
1 buah
Kuas
1 buah

NB: Pastikan untuk menggunakan spidol permanen agar warna tidak cepat pudar.

Langkah-langkah:

  1. Cuci permukaan body motor dengan bersih. Pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel pada bodi motor.
  2. Ambil kapur barus dan tumbuk halus. Masukkan ke dalam wadah.
  3. Tambahkan spiritus ke dalam wadah. Aduk hingga kapur barus tercampur merata.
  4. Buka tutup spidol permanen. Siramkan isi spidol ke dalam wadah perlahan-lahan. Aduk dengan kuas hingga tercampur merata.
  5. Gunakan kuas untuk mengoleskan campuran ke permukaan body motor. Pastikan olesan merata dan tidak ada titik-titik yang terlewat.
  6. Tunggu selama kurang lebih 30 menit hingga penghitam body motor meresap sempurna.
  7. Setelah itu, bersihkan body motor dengan lap bersih dan terakhir bilas dengan air hingga bersih.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat penghitam body motor permanen sendiri di rumah. Hasilnya akan terlihat seperti baru dan tahan lama.

Tips Merawat Body Motor agar Tahan Lama

Setelah menghitamkan body motor dengan penghitam body motor permanen, penting untuk merawatnya dengan baik agar hasilnya tetap tahan lama. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda merawat body motor:

  • Bersihkan body motor secara teratur dengan menggunakan sabun cuci mobil yang lembut dan spons. Hindari penggunaan bahan atau spons yang kasar yang dapat merusak permukaan.
  • Gunakan wax atau polish untuk melindungi permukaan body motor dari goresan dan kerusakan yang dapat disebabkan oleh debu dan kotoran.
  • Hindari terkena air hujan langsung atau terkena sinar matahari yang terlalu panas. Hal ini dapat membuat warna body motor pudar atau mengelupas.
  • Jangan gunakan bahan kimia atau obat-obatan tertentu yang dapat merusak permukaan body motor.
  • Simpan body motor di tempat yang aman, jauh dari kerusakan dan tindakan vandalisme.

Dengan melakukan perawatan yang baik, body motor Anda akan tetap terlihat baru dan segar, serta tahan lama. Selamat mencoba!

Panduan Penghitam Body Motor yang Efektif

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat menghitamkan body motor, perlu diperhatikan beberapa panduan berikut:

  1. Pilih bahan penghitam yang berkualitas : Pastikan Anda memilih bahan penghitam body motor yang memiliki kualitas baik dan aman untuk digunakan. Bahan penghitam yang kurang berkualitas dapat merusak body motor Anda.
  2. Persiapkan permukaan dengan baik : Sebelum menghitamkan body motor, pastikan permukaannya sudah bersih dan kering dengan baik. Gunakan kain lembut dan bersih untuk membersihkan permukaan body motor.
  3. Pakai sarung tangan dan masker : Saat menghitamkan body motor, pastikan Anda menggunakan sarung tangan dan masker untuk melindungi tangan dan pernapasan Anda dari bahan penghitam yang berbahaya.
  4. Gunakan kuas yang tepat : Kuas yang digunakan untuk menghitamkan body motor perlu disesuaikan dengan ukuran body motor. Gunakan kuas yang lebar untuk menghitamkan area yang lebih besar dan kuas yang kecil untuk area yang lebih sempit.
  5. Pengecatan yang merata : Saat menghitamkan body motor, pastikan Anda mengecat dengan merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hindari menumpuk bahan penghitam pada satu area yang sama.
  6. Tunggu hingga bahan penghitam kering : Setelah selesai menghitamkan body motor, biarkan bahan penghitam mengering secara alami selama beberapa jam sebelum digunakan. Jangan tergesa-gesa untuk menggunakannya agar hasilnya lebih tahan lama.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat menghitamkan body motor dengan efektif dan mendapatkan hasil yang tahan lama. Pastikan Anda juga merawat body motor secara teratur agar body motor tetap terlihat seperti baru.

Kesimpulan

Dengan mengikuti panduan sederhana ini, Anda dapat membuat penghitam body motor permanen dengan mudah. Menghitamkan body motor sendiri tidak hanya membuatnya terlihat baru dan segar, tetapi juga membantu melindungi permukaan dari kerusakan. Jangan lupa untuk merawat body motor secara teratur agar hasilnya tetap tahan lama.

Anda harus selalu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Pastikan untuk melindungi diri Anda dengan menggunakan sarung tangan dan masker saat membuat penghitam body motor.

Dengan demikian, motor Anda akan terlihat selalu baru dan segar setiap waktu. Jangan ragu untuk mencoba sendiri cara membuat penghitam body motor permanen dan menyimpan uang Anda dari biaya jasa bengkel yang mahal. Semoga bermanfaat!

Check Also

Cara Menambal Ban Motor

Masalah Ban Motor yang Bocor Sobat Otosemi, suatu saat kita pasti pernah mengalami ban motor …