Intisari

Sobat Otosemi, tidak bisa dipungkiri bahwa motor menjadi kendaraan pilihan bagi banyak orang di Indonesia. Namun, sebagai pengguna motor, tentunya kita harus merawatnya dengan baik agar performa dan penampilannya tetap terjaga. Salah satu kegiatan perawatan yang bisa dilakukan adalah poles body motor. Pada artikel ini, kami akan membagikan tips dan trik terbaik untuk cara poles body motor yang efektif dan efisien.

Pendahuluan

Sebagai pengguna motor, tentunya kita ingin selalu memiliki kendaraan yang selalu terlihat bersih dan kinclong. Cara poles body motor menjadi salah satu solusi untuk mengembalikan tampilan motor ke kondisi semula. Namun, masih banyak pengguna motor yang tidak tahu bagaimana cara melakukan poles body motor dengan benar dan efektif.

Sebelum kita memulai, mari kita bahas apa itu poles body motor. Poles body motor adalah proses pembersihan, perawatan, dan pengecatan atau mengkilapkan permukaan motor agar terlihat lebih bersih, sehat, dan baru. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan goresan, noda, dan kotoran yang menempel pada permukaan motor.

Namun, seperti halnya kegiatan perawatan lainnya, melakukan poles body motor juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ulasan lengkapnya:

Kelebihan Cara Poles Body Motor

1. Membuat Motor Terlihat Lebih Menarik. Poles body motor bisa membuat motor Anda terlihat seperti baru kembali karena bisa menghilangkan noda dan kotoran yang menempel pada permukaan motor.

2. Membuat Motor Lebih Tahan Lama. Dengan melakukan poles body motor secara rutin, permukaan motor tidak hanya bersih, tetapi juga terlindungi dari kerusakan dan korosi yang bisa mengakibatkan permukaan motor rusak atau kusam.

3. Meningkatkan Harga Jual Motor. Dengan permukaan motor yang terlihat baru dan kinclong, potensi harga jual motor Anda bisa bertambah tinggi lho, Sobat Otosemi!

4. Mudah Dilakukan di Rumah. Tidak harus pergi ke bengkel motor, poles body motor bisa dilakukan di rumah dengan alat yang sederhana dan mudah didapatkan seperti kain flanel, spons, dan polish motor.

5. Meningkatkan Kepuasan Pengguna. Dengan merawat motor dengan baik, tentunya membuat pengguna motor merasa puas dan terhindar dari rasa tidak percaya diri ketika menggunakan kendaraan yang terlihat kusam dan tidak terawat.

6. Meningkatkan Gengsi Pengguna Motor. Motor Anda akan tampak lebih keren dan bergengsi ketika tampilannya selalu terlihat kinclong dan menarik, bukan?

7. Bisa Dilakukan Sesuai Kebutuhan. Anda bisa melakukan poles body motor sesuai dengan kebutuhan, misalnya ketika ingin menjual motor atau ketika ingin mengikuti acara atau komunitas motor. 

Kekurangan Cara Poles Body Motor

1. Membutuhkan Waktu dan Tenaga yang Banyak. Poles body motor membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak karena harus dilakukan dengan benar dan telaten.

2. Bahan dan Alat yang Digunakan Mahal. Terkadang, alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan poles body motor cukup mahal sehingga bisa menguras kantong.

3. Butuh Keahlian Khusus. Tidak semua orang bisa melakukan poles body motor dengan benar dan efektif. Hal ini membutuhkan keahlian dan pengetahuan khusus tentang bagaimana membersihkan dan mengkilapkan permukaan motor.

4. Bisa Membuat Permukaan Motor Tampak Berminyak. Poles body yang tidak dilakukan dengan benar bisa membuat permukaan motor tampak berminyak dan membuat penampilannya kurang menarik.

5. Bisa Membuat Permukaan Belang. Jangan terlalu sering melakukan poles body motor, ya Sobat Otosemi. Terlalu sering atau salah dalam melakukan poles body bisa membuat permukaan motor berbelang dan rusak.

6. Membuat Motor Tidak Hemat Bahan Bakar. Meski bisa membuat motor terlihat lebih keren dan kinclong, poles body motor juga bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Kebanyakan lapisan polish pada permukaan motor bisa membuat bahan bakar lebih boros.

7. Memperlihatkan Semua Kecacatan pada Permukaan Motor. Saat melakukan poles body motor, kamu akan bisa melihat semua kecacatan yang ada pada permukaan motor seperti goresan, noda, dan kerusakan lainnya.

Tips and Trik Cara Poles Body Motor

Berikut adalah tips and trik cara poles body motor yang bisa kamu terapkan untuk memberikan hasil yang maksimal pada motor kesayanganmu:

1. Cuci Motor Terlebih Dahulu

Saat akan melakukan poles body motor, pastikan bahwa motor kamu sudah bersih dari kotoran dan debu. Jangan lupa membersihkan area yang sulit atau tersembunyi seperti di bawah jok dan lampu belakang agar tidak ketinggalan kotoran dan debu.

2. Matikan Mesin Motor dan Usahakan Motor Dalam Keadaan Dingin

Matikan mesin motor dan biarkan motor dalam kondisi dingin sebelum kamu mulai melakukan poles body motor. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan pada motor atau pada dirimu sendiri dalam melakukan kegiatan tersebut.

3. Pilih Produk yang Tepat

Memilih produk yang tepat menjadi kunci dalam melakukan poles body motor. Saat memilih produk yang tepat, pastikan ada kandungan formula wax yang mampu memberikan perlindungan, mengkilapkan dan membuat tampilan motor baru, seperti teknologi Smart Wax.

4. Pilih Alat yang Tepat

Tak hanya memilih produk yang tepat, pemilihan alat juga diperlukan. Pastikan alat yang kamu gunakan memberikan kelembutan pada permukaan motor saat digunakan pada saat melakukan poles body motor. Alat yang harus kamu bekal antara lain, lap microfiber, kain flanel, dan spons.

5. Gunakan Gerakan yang Tepat

Pastikan sesaat menggosokkan kain atau lap ke permukaan motor, kamu mengikuti arah garis kasar yang digunakan untuk poles body ke atas atau atas bawah. Jangan menggosokkan kain atau lap dengan gerakan sembarangan atau memutar sehingga akan menyebabkan permukaan motor menjadi berbelang dan tampilan keseluruhan tidak optimal.

6. Hindari Poles pada Permukaan yang Panas

Tips yang satu ini berhubungan erat dengan poin nomor 2. Poles motor saat mesin masih hangat atau motor dalam keadaan panas bisa membuat produk poles body menjadi terbakar pada bagian tertentu. Hal ini berbahaya dan bisa membuat total kerusakan pada motor yang harus kamu perbaiki dengan biaya lebih banyak lagi.

7. Lakukan Poles dengan Tepat

Selalu melewati tahapan pada proses poles motor yang profesional, dimulai dengan membersihkan motor kemudian menggunakan produk yang tepat untuk noda, goresan dan perawatan. Tepuk-tepuk pelan menggunakan spons dan kain flanel atau lap microfiber.

Panduan Poles Body Motor

Berikut adalah panduan lengkap untuk melakukan poles body motor yang baik dan benar:

Langkah
Deskripsi
1
Cuci motor menggunakan sabun dan air hingga bersih dari kotoran.
2
Haluskan permukaan motor yang sulit dijangkau menggunakan lap mikrofiber.
3
Gunakan lap khusus untuk membersihkan noda dan kotoran pada permukaan motor.
4
Pilih produk poles body yang tepat untuk motor Anda.
5
Oleskan produk poles body pada permukaan motor, dan ratakan menggunakan kain flanel.
6
Bersihkan dan keringkan using lap mikrofiber setelah selesai melakukan poles body motor.
7
Pastikan motor dalam keadaan kering dan biarkan beberapa saat sebelum penggunaan.

13 FAQ Tentang Cara Poles Body Motor

1. Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan poles body motor?

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan poles body motor antara lain: lap mikrofiber, lap khusus untuk membersihkan noda, kain flanel, spons, dan produk poles body yang tepat.

2. Apakah poles body motor sebaiknya dilakukan di bengkel atau bisa dilakukan di rumah?

Poles body motor bisa dilakukan di rumah asalkan dilakukan dengan benar dan peralatan yang tepat.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan poles body motor?

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan poles body motor sekitar 4-5 jam, tergantung pada ukuran motor dan kondisi permukaan.

4. Apa yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah kerusakan permukaan motor akibat poles body yang tidak tepat?

Pastikan kamu memilih produk dan alat yang tepat dan melakukan gerakan yang benar saat melakukan poles body motor. Hindari melakukan poles pada permukaan yang panas.

5. Seberapa sering sebaiknya melakukan poles body motor?

Sebaiknya melakukan poles body motor 1-2 kali dalam setahun.

6. Apakah semua produk poles body bisa digunakan untuk semua jenis motor?

Tidak, pastikan memilih jenis produk yang tepat untuk motor berdasarkan jenis dan permukaannya.

7. Apakah poles body motor bisa membuat tampilan motor menjadi lebih baru?

Ya, dengan melakukan poles body motor, motor bisa terlihat lebih baru dan bersih dari noda serta kotoran.

8. Apakah poles body motor membuat motor lebih hemat bahan bakar?

Tidak, kecuali kamu menggunakan produk yang mengandung teknologi Smart Wax. Terlalu banyak menggunakan lapisan polish pada permukaan motor bisa membuat motor lebih boros bahan bakar.

9. Apakah poles body motor bisa memperbaiki goresan pada motor?

Tidak, poles body motor hanya bisa membantu menghilangkan noda dan kotoran pada permukaan motor.

10. Apa yang harus dilakukan jika terdapat goresan pada motor?

Jika terdapat goresan pada motor, sebaiknya kunjungi bengkel terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki.

11. Apakah harus melakukan perawatan khusus pada motor setelah melakukan poles body motor?

Tidak, setelah melakukan poles body motor, kamu hanya perlu membersihkan beberapa bagian motor seperti area yang terkena produk poles body.

12. Apakah poles body motor bisa diterapkan pada semua jenis permukaan motor?

Tidak, poles body motor hanya bisa diterapkan pada permukaan motor yang dilapisi cat, biasanya pada motor dengan jenis bodi full faired atau naked bike.

13. Apa saja yang harus dihindari saat melakukan poles body motor?

Hindari melakukan poles body motor pada permukaan motor yang panas, menggunakan produk dan alat yang tidak tepat, dan menggosok permukaan motor dengan gerakan sembarangan.

Kesimpulan

Menjaga motor tetap terawat dan terlihat baik adalah hal penting bagi seorang pengguna motor. Cara poles body motor menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan. Namun, agar hasilnya maksimal dan terhindar dari kerusakan, kamu perlu memperhatikan produk yang digunakan, alat yang tepat, gerakan yang benar saat melakukan poles body motor, hingga hindari melakukan saat kondisi motor panas. Dengan melakukan poles body motor, tampilan motor selalu keren dan kinclong, membuat pengguna motor lebih percaya diri dan tidak sulit untuk bisa meningkatkan harga jual motormu. Jangan lupa untuk selalu merawat motor dengan baik, ya Sobat Otosemi!

Penutup

Itulah ulasan lengkap tentang Cara Poles Body Motor dan tips dan trik terbaik untuk melakukan kegiatan tersebut. Dengan memperhatikan semua hal dalam artikel ini, kamu bisa melakukan poles body motor dengan mudah dan efektif. Namun, sebelum melakukan poles body motor, pastikan kamu sudah memiliki bahan dan alat yang tepat serta menyesuaikan bahan dan alat dengan jenis permukaan motor. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, Sobat Otosemi.

Bagikan: