Menambahkan Perlindungan dan Estetika pada Motor Anda

Sobat Otosemi, motor adalah kendaraan yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, banyak penggemar motor yang ingin membuat kendaraan mereka tampil lebih menarik dan nyaman dikendarai. Salah satu cara untuk menciptakan tampilan yang unik dan memberikan perlindungan pada motor adalah dengan membuat fairing. Simak panduan lengkapnya di dalam artikel ini!

Pendahuluan

Fairing motor dapat membantu meningkatkan kinerja mesin dengan menambahkan efisiensi aerodinamika dan memperbaiki styling motor. Selain itu, fairing juga berfungsi memberikan perlindungan pada mesin dan komponen lain dari debu dan kotoran. Lalu, tahukah Sobat Otosemi cara melakukan pembuatan fairing motor yang baik dan benar?

Sebelum membahas tentang cara membuat fairing motor, lebih baik untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari fairing motor tersebut. Berikut penjelasannya :

Kelebihan Membuat Fairing Motor

1. Memberikan perlindungan pada mesin – Dengan fairing, mesin motor akan terlindungi dari debu dan kotoran yang bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.

Gear 2. Meningkatkan efisiensi aerodinamika – Fairing dapat membantu memperbaiki gaya aerodinamika motor dan meminimalkan gesekan dengan angin. Ini akan menyebabkan peningkatan kinerja motor dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Cool 3. Tampilan motor yang lebih menarik – Fairing akan memberikan tampilan unik pada motor dan menarik perhatian orang sekitar. Ada banyak pilihan warna dan desain tergantung pada selera pemilik motor.

Thumbs Up 4. Meningkatkan kenyamanan – Dengan memasang fairing, pengendara motor akan merasa lebih nyaman dalam mengendarai motor, terutama pada jarak tempuh yang lebih jauh.

Wink 5. Memberikan identitas dan karakteristik pada motor – Fairing motor akan memberikan identitas khusus pada motor. Meskipun banyak motor yang menggunakan fairing, tetapi setiap fairing memiliki karakteristik unik yang berbeda.

Money with Wings 6. Anda dapat menghemat uang – Jika Sobat Otosemi melakukan pembuatan fairing motor secara mandiri, bukan membelinya dari toko, akan jauh lebih hemat ketimbang membeli yang sudah jadi di toko.

No Entry 7. Fairing motor dapat mengurangi suara dan kebisingan – Karena fairing akan membungkus mesin dan mengurangi suara knalpot yang berisik.

Kekurangan Membuat Fairing Motor

No Entry Sign 1. Mahal – Membuat fairing motor akan membutuhkan biaya yang relatif mahal.

Tools 2. Membutuhkan waktu dan keahlian – Membuat fairing motor akan memakan waktu dan keahlian khusus pada bidang teknik.

Motor Scooter 3. Fairing motor memperberat bobot – Dengan penambahan fairing, bobot kendaraan akan ikut bertambah.

Battery 4. Mengganggu aksesibilitas – Saat melakukan perbaikan dan perawatan, fairing dapat menghambat aksesibilitas ke bagian-bagian dalam mesin motor.

Money Bag 5. Biaya perawatan yang lebih tinggi – Jika terdapat kerusakan pada fairing, biaya perawatannya cukup mahal.

Satellite Antenna 6. Penggunaan fairing terbatas – Penggunaan fairing cukup terbatas, karena hanya cocok untuk motor tipe sport, trail, dan sport touring yang dirancang khusus dengan fairing.

Fire 7. Nyeri otot atau posisi duduk yang tidak sempurna – Pada beberapa pengendara, posisi duduk yang dihasilkan oleh fairing dapat menyebabkan nyeri otot sedikit lebih lama apabila dibandingkan dengan posisi duduk konvensional.

Cara Membuat Fairing Motor

Berikut tutorial lengkap cara membuat fairing motor:

Masalah-masalah yang akan Terjadi Saat Pembuatan Fairing Motor

Dalam pembuatan fairing motor, terdapat beberapa masalah yang sering terjadi, antara lain:

No.
Masalah
Penyebab
Bagaimana Mengatasinya
1
Kemiringan fairing yang tidak sesuai
Pasangkan fairing pada stang yang stabil
Harus mengecek kemiringan pada motor dan memperbaiki posisi stang agar stabil dan sejajar
2
Tidak Sesuai dengan Design Plan
Pembuatan design plan yang salah
Harus membuat ulang design plan, cek konsultasi ke ahli
3
Banyak cacat produksi
Pembuatan peralatan yang buruk dan kurang berpengalaman
Belajar dari kesalahan, dapatkan peralatan yang lebih baik, dan bersabarlah saat melakukannya

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Membuat Fairing Motor

Jangan lupa untuk menyiapkan alat yang dibutuhkan saat memulai membuat fairing motor:

  • Hammer Plastic Sheet 5mm.
  • Gear Lem Epoxy & Lem Sekali Pakai.
  • Hammer Kain Katun.
  • Hammer Sabun.
  • Gear Pisau Cutter.
  • Hammer Amplas lijm 60 & 100.
  • Gear Pompa Vacuum.
  • Hammer Gunting.
  • Gear Plastik Wrap.
  • Hammer Kaca Gelas.

Selain itu, Sobat Otosemi harus memilih tempat yang tenang dan aman untuk membuat fairing motor, dan jangan lupa untuk memperhatikan keamanannya ketika menggunakannya. Selalu kenakan pelindung, seperti handschoen, goggle, dan masker.

Cara Membuat Fairing Motor Agar lebih Simpel

Berikutnya adalah langkah-langkah pembuatan fairing motor agar bisa lebih mudah :

1. Desain Plan dan Ukuran

Pastikan untuk membuat design plan yang memuat ukuran dan bentuk yang tepat sebelum memulai pembuatan fairing motor. Ukuran yang ideal untuk fairing motor adalah 160 x 70 cm. Tujuannya adalah untuk memenuhi desain yang telah dibuat dan juga memastikan fairing motor dapat berfungsi sesuai dengan tujuannya.

2. Cutting

Potong polycarbonate dan bingkai fairing sesuai dengan bentuk dan ukuran yang sudah ditentukan. Kemudian, amplas pada bagian tepi agar lebih rapi dan mudah digunakan.

3. Bungkus Bagian Luar

Gunakan plastik wrap untuk membungkus bagian luar polycarbonate yang terpotong. Hal ini bertujuan agar tidak ada bagian plastic yang terluka saat proses pembuatan fairing.

4. Aplikasi Lem dan Penekanan Bahan

Selanjutnya, aplikasikan lem epoxy ke benda. Aduk beton, dan tambahkan aditif yang memungkinkan proses pengeringan lebih cepat. Gunakan kain katun pada atas plastik tersebut. Setelah itu, letakkan polycarbonate yang telah dipotong melalui proses cutting ke atas. Lakukan penekanan agar bagian menempel dan menempel dengan kuat.

5. Aplikasi Lem Sekali Pakai

Setelah bahan melekat secara kuat, tutup permukaan bagian atas dengan lem satu kali pakai. Ini mencegah deformasi struktural dari polycarbonate dan memudahkan proses polisi lebih lanjut.

6. Pengeringan

Lalu, tempatkan polycarbonate yang sudah dibuat dalam suhu dengan kurang lebih 23 derajat selama kurang lebih 24 jam bagi Sobat Otosemi. Ini memungkinkan bahan untuk mengering dan membentuk bentuk yang tepat sesuai dengan design plan yang sudah dibuat.

7. Perforasi

Pada bagian yang telah dibentuk, perfurasi setiap lubang yang telah ditentukan terlebih dahulu di desain plan. Hal ini bertujuan untuk membuat jalan melewati pemasangan seperti yang diinginkan di motor masing-masing pengendara.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah fairing motor benar-benar memberikan efek pada konsumsi bahan bakar?

Ya, ini karena fairing motor dapat meningkatkan efisiensi aerodinamika dan meminimalkan gesekan dengan angin

2. Apakah semua jenis motor bisa dipasang fairing?

Tidak, fairing motor hanya cocok untuk motor tipe sport, trail, dan sport touring yang dirancang khusus dengan fairing.

3. Apakah fairing motor hanya digunakan untuk meningkatkan estetika motor saja?

Tidak, selain meningkatkan estetika motor, fairing juga berfungsi memberikan perlindungan pada mesin dan komponen lain dari debu dan kotoran.

4. Berapa biaya untuk pembuatan fairing motor?

Biaya pembuatan fairing motor bisa berbeda-beda tergantung dari keahlian dan jenis fairing motor yang diinginkan. Namun, jika Sobat Otosemi melakukan pembuatan fairing motor secara mandiri, bukan membelinya dari toko, akan jauh lebih hemat ketimbang membeli yang sudah jadi di toko.

5. Apakah memasang fairing motor bisa mengurangi suara knalpot yang berisik?

Ya, fairing motor dapat membungkus mesin dan mengurangi suara knalpot yang berisik.

6. Berapa hari yang dibutuhkan untuk membuat fairing motor?

Waktu pembuatan fairing motor akan bervariasi tergantung dari kesulitan kinerja.

7. Haruskah saya membeli fairing yang sempurna tepat di trotoar?

Tidak, Sobat Otosemi bisa mencoba membuat fairing motor secara mandiri di rumah.

8. Apakah saya harus memperhatikan pengaturan knalpot motor sebelum memasang fairing?

Iya, Sobat Otosemi harus memperhatikan pengaturan knalpot motor agar tidak mengganggu peran fairing tersebut dan tetap dapat memberikan kenyamanan dalam

Bagikan: