Daftar Isi: [Sembunyikan] [Tampilkan]

Tangki Motor Dari Plat Besi: Pendahuluan

Salam, Sobat Otosemi! Siapa yang tidak ingin memiliki motor dengan tangki yang unik dan menarik? Tangki merupakan salah satu bagian motor yang sangat penting karena berfungsi sebagai tempat menyimpan bahan bakar untuk motor. Meskipun sebagian besar motor dipasok dengan tangki bawaan dari pabrik, beberapa pengendara ingin membuat tangki motor yang unik dan sesuai dengan kepribadian mereka.

Membuat tangki motor sendiri mungkin terdengar seperti tugas yang rumit dan memakan waktu, tetapi sebenarnya dengan beberapa peralatan dan bahan, Anda bisa membuat tangki motor Anda sendiri. Di dalam artikel ini, kami akan memberi tahu Anda cara membuat tangki motor dari plat besi. Kami juga akan membahas beberapa keuntungan dan kerugian mengenai cara membuat tangki motor ini secara detail.

Jadi, jika Anda siap untuk membuat tangki motor Anda sendiri, let’s get started!

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membuat tangki motor dari plat besi:

1. Kelebihan Cara Membuat Tangki Motor Dari Plat Besi

✅ Kreatifitas: Dengan membuat sendiri tangki motor Anda, Anda memiliki kesempatan untuk membuat tangki yang benar-benar unik dan sesuai dengan kepribadian Anda.

✅ Kustomisasi: Anda bisa menyesuaikan ukuran dan bentuk tangki yang Anda inginkan sesuai dengan jenis motor Anda.

✅ Hemat Biaya: Dibandingkan dengan membeli tangki motor baru yang harganya sangat mahal, membuat tangki motor dari plat besi bisa menghemat banyak biaya.

✅ Meningkatkan Keterampilan: Dalam proses pembuatan, Anda akan belajar banyak tentang bagaimana membentuk dan mengelas plat besi serta meningkatkan keterampilan mekanik dan tukang las Anda.

✅ Kebebasan Desain: Dengan membuat tangki motor sendiri, Anda memiliki kebebasan dalam merancang tangki yang sesuai dengan gaya Anda.

✅ Pengalaman: Membuat tangki motor sendiri bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan memuaskan, terlebih lagi jika proses pembuatannya berjalan lancar.

✅ Mendapatkan Apresiasi: Jika tangki motor yang Anda buat berhasil menarik perhatian orang secara positif, Anda bisa mendapatkan apresiasi dan pujian dari orang lain.

2. Kekurangan Cara Membuat Tangki Motor Dari Plat Besi

❌ Waktu: Membuat tangki motor sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama dan memakan waktu.

❌ Membeli Peralatan: Untuk membuat tangki motor sendiri, Anda memerlukan beberapa peralatan khusus seperti mesin pemotong, pemanas propana, dan lain-lain. Membeli peralatan ini akan memakan biaya tambahan.

❌ Kesalahan: Jika Anda membuat kesalahan dalam membuat tangki motor, itu bisa menyebabkan kerusakan yang tidak bisa diperbaiki atau menimbulkan masalah yang lebih serius.

❌ Keterampilan: Cara membuat tangki motor dari plat besi membutuhkan keterampilan dan pengalaman dalam membentuk dan mengelas plat besi.

❌ Keselamatan: Jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam mengelas atau bekerja dengan plat besi, Anda bisa mengalami cedera serius.

❌ Penampilan: Jika Anda tidak memiliki keterampilan desain atau kurang presisi dalam pembuatan, tangki motor yang Anda buat mungkin tidak memiliki penampilan yang estetis.

❌ Bahan Bakar: Tangki motor yang dibuat sendiri mungkin memiliki kurangnya kapasitas tangki bahan bakar jika dibandingkan dengan tangki motor bawaan dari pabrik.

Cara Membuat Tangki Motor Dari Plat Besi: Langkah Demi Langkah

Sekarang, setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan cara membuat tangki motor dari plat besi, langkah pertama adalah mempersiapkan apa yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa bahan dan peralatan yang akan diperlukan:

Bahan
Peralatan
Plat Besi dengan ketebalan minimal 1mm
Safety belt, sarung tangan, kacamata pelindung, & masker debu
Bahan Bakar
Meja kerja, linggis, palu, dan tang industri
Tutup Tangki
Mesin pemotong, Pemanas propana, & Mesin las dengan bahan isi las
Tabung PE / PVC
Penanda sementara, penggaris, dan marker
Adonan Busa Isolasi
Penutup las dan Pisau untuk memotong adonan busa
Keling
Benda yang digunakan untuk membentuk dan menyesuaikan tangki

1. Langkah 1: Buat Pola Plat untuk tangki motor

Langkah pertama dalam membuat tangki motor adalah membuat pola plat untuk tangki motor Anda. Anda akan membutuhkan kertas, penggaris, dan penanda untuk membuat pola tangki motor yang diinginkan. Pertama, ambil ukuran tangki motor bawaan dan buat pola dengan ketebalan kertas sama dengan ketebalan plat besi minimal 1mm.

Tempelkan pola pada plat besi yang telah dipersiapkan. Kemudian, gunakan tanda penanda untuk menggambar garis-garis potongan di sekitar pola yang akan dipotong. Setelah selesai, potong plat berdasarkan tanda yang sudah digambar.

2. Langkah 2: Potong Plat Besi dengan Mesin Pemotong

Jika Anda ingin mempercepat proses potongan, maka Anda bisa menggunakan mesin pemotong atau gergaji listrik untuk memotong plat besi sesuai dengan pola yang sudah dibuat. Pastikan untuk memperhatikan keselamatan penggunaan mesin pemotong, seperti mengenakan sarung tangan, kacamata ninja, dan masker.

3. Langkah 3: Bungkus Plat di Keling

Untuk mempermudah dalam membentuk tangki motor yang diinginkan, pastikan untuk membungkus plat besi yang sudah dipergam menjadi sebuah keling atau kebalikan dari besi dalam bentuk oval atau sirkular sesuai dengan ukuran tangki yang akan dibuat.

4. Langkah 4: Las Plat Besi

Setelah potongan dan pembentukan selesai, mulai las plat besi menjadi bentuk tangki yang diinginkan. Pastikan untuk melakukan pengelasan yang baik untuk menghindari cacat pengelasan seperti lambung udara, bur bur kasar dan resapan.

5. Langkah 5: Pasang Tutup Tangki

Setelah Anda menyelesaikan pengelasan, Anda bisa memasang dan merekatkan tutup tangki yang sudah disiapkan ke bagian atas tangki yang sudah dihasilkan. Pasang bagian atas tabung atau pipa PVC yang akan membantu menghubungkan tangki bahan bakar dengan mesin.

6. Langkah 6: Pasang Karbu dan Jet di Tangki

Berikutnya, pasang karbu dan jet di tangki bahan bakar. Hal ini akan membantu dalam pengaliran bahan bakar ke mesin motor. Jangan lupa juga untuk pasang selang bahan bakar dari tangki ke mesin motor.

7. Langkah 7: Isi dan Uji Coba Tangki

Langkah terakhir adalah mengisi tangki Anda dengan bahan bakar dan melakukan uji coba tangki. Pastikan tangki tidak bocor, dan bahan bakar lancar mengalir ke mesin motor. Jangan lupa untuk melakukan pengukuran konsumsi bahan bakar menggunakan tangki tersebut.

FAQ Cara Membuat Tangki Motor Dari Plat Besi

1. Apakah sulit membuat tangki motor dari plat besi?

Kalau Anda baru pertama kali mencoba membuat tangki motor, tentunya Anda akan merasa kesulitan dan memakan waktu yang lebih lama karena membutuhkan banyak pengalaman, keterampilan, dan peralatan khusus.

2. Apakah tangki yang dibuat sendiri dari plat besi aman digunakan?

Untuk menjaga keamanan Anda saat menggunakan tangki motor yang dibuat sendiri, penting untuk memastikan kualitas pengelasan dan kekuatan plat besi agar tidak aus atau bocor ketika dipakai.

3. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat tangki motor sendiri dari plat besi?

Biaya pembuatan tangki motor dari plat besi sesuai dengan ukuran kebutuhan. Jika menggunakan bahan berkualitas baik, biaya pembuatan tangki motor bervariasi antara Rp 2 Juta hingga Rp 10 Juta tergantung kebutuhan.

4. Apakah tangki motor yang dibuat sendiri dari plat besi sulit dirawat?

Tidak selalu sulit, namun tentu tangki motor yang dibuat sendiri dari plat besi juga membutuhkan perawatan yang rutin. Perawatan ini di antaranya meliputi pembersihan dengan menggunakan kain lap dan ketersediaan ruang penyimpanan yang aman.

5. Apa yang harus dilakukan jika tangki yang dibuat sendiri dari plat besi mengalami kerusakan?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa apakah terdapat kerusakan jika penyebabnya karena kesalahan dalam pengelasan. Kemudian, bawa tangki ke bengkel profesional yang memahami cara mengunggulkan plat besi, dengan pengalaman yang cukup memperbaiki tangki motor karena jika salah dalam perbaikan bisa menyebabkan kecelakaan.

6. Apa kualitas tangki yang cukup baik untuk motor yang dipasang tangki motor dari plat besi?

Tangki motor yang Anda buat sendiri harus memiliki daya tahan yang baik dan kuat di atas tingkat motor bawaan standar. Dengan kata lain, ketebalan plat besi tangki yang Anda gunakan harus lebih tebal dari tangki motor dari pabrik.

7. Apakah roda motor harus dilepas ketika membuat tangki motor dari plat besi?

Jawaban tergantung kebutuhan dan ukuran motor Anda. Namun, disarankan untuk melepas roda motor dan mengangkat mesin secara manual. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda bisa melihat dengan jelas cara pemasangan bagian pipa tangki pada mesin.

8. Bagaimana jika saya ingin membuat tangki motor dari besi stainless steel?

Proses pembuatan menjadi sama dengan cara membuat tangki motor dari plat besi secara umum. Namun path keluar masuk bahan bakar di bagian tutup tangki harus di cara khusus oleh professional yang sudah pengalaman.

9. Bagaimana cara membuat perubahan pada tangki motor dari besi stainless steel?

Untuk membuat perubahan pada tangki motor dari besi stainless steel, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan mesin laser cutting untuk presisi yang baik pada bagian pasangan tangki pada pipa mesin dan aneka pilihan gaya penampilan yang ditawarkan.

10. Apakah bisa membuat tangki motor untuk semua jenis motor seperti sport, bebek, dan matic?

Ya, dengan cara pembuatan yang benar, tangki motor dari plat besi bisa dibuat untuk semua jenis motor seperti sport, bebek, dan matic.

11. Ada hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika membuat tangki motor dari plat besi?

Hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat tangki motor dari plat besi adalah pengalaman, keamanan untuk diri sendiri, mesin dan pengeda yang digunakan, kualitas bahan plat, desain dan kontur tangki, ukuran tangki, kapasitas dan lamanya pembuatan.

12. Ada cara terbaik apa saja untuk membuat tangki motor sendiri?

Cara terbaik untuk membuat tangki motor dari plat besi adalah dengan memilih plat berkualitas tinggi, menyiapkan alat dan bahan, menerapkan langkah-langkah dengan teliti dan penuh perhitungan

13. Bagaimana cara mengetahui kapasitas tangki motor yang dihasilkan?

Cara paling mudah untuk mengetahui kapasitas tangki motor yang dihasilkan adalah dengan mengisi tangki dengan volume pasti contohnya 5 liter. Kemudian periksa kembali berapa lama tangki bisa menyalurkan bahan bakar ke mesin motor dengan memperhatikan laju bahan bakar motor.

Kesimpulan Cara Membuat Tangki Motor Dari Plat Besi

Dalam artikel ini, kami membahas cara membuat tangki motor dari plat besi dan beberapa kelebihan serta kerugian yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membuat tangki motor secara mandiri. Secara keseluruhan, membuat tangki motor sendiri dari plat besi bisa menjadi proses yang memuaskan dan menyenangkan, tetapi memerlukan keterampilan, pengalaman, dan peralatan khusus. Pastikan untuk

Bagikan: