Bukan Sekedar Sabun Biasa

Salam, Sobat Otosemi! Hari ini kita akan membahas tentang cara membuat sabun cuci motor. Sebagai pemilik kendaraan, kita pasti mengerti betapa pentingnya menjaga kondisi kendaraan agar selalu bersih dan terawat. Terlebih lagi jika kita tinggal di daerah perkotaan yang sering terkena polusi. Namun, tidak semua sabun bisa digunakan untuk mencuci kendaraan, apalagi motor karena di bagian lain yang tidak terlihat terdapat komponen yang lebih lembut jika terkena sabun. Maka dari itu, kita akan membahas cara membuat sabun cuci motor yang lebih ramah lingkungan, efektif dan aman digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Sabun Cuci Motor

Kelebihan Sabun Cuci Motor

1️⃣ Memberikan keamanan dan keselamatan bagi pengguna

2️⃣ Lebih ramah lingkungan karena bahan alami yang digunakan

3️⃣ Efektif dalam membersihkan motor karena mengandung bahan penghilang noda

4️⃣ Bisa digunakan secara rutin tanpa merusak permukaan motor

5️⃣ Bahan yang digunakan mudah dicari dan terjangkau

6️⃣ Membuat kendaraan tampak bersih dan kinclong

7️⃣ Tidak membuat noda atau kerak membandel pada permukaan cat motor

Kekurangan Sabun Cuci Motor

1️⃣ Pencucian motor lebih lama jika Anda mencuci dengan sabun alami daripada sabun cuci motor biasa.

2️⃣ Jumlah embun yang dihasilkan oleh sabun alami tidak sebanyak sabun cuci motor biasa.

3️⃣ Sabun alami tidak bisa digunakan pada semua jenis motor terutama jenis yang memiliki finishing di permukaannya.

4️⃣ Sabun alami bisa merusak cat motor yang kurang baik.

5️⃣ Biaya produksi sabun cuci motor yang dibuat sendiri untuk pertama kalinya tergolong mahal jika dibandingkan dengan membeli sabun cuci motor dari toko.

Resep Membuat Sabun Cuci Motor

Sebelum kita mulai membuat sabun cuci motor, perlu dipersiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

No
Nama Bahan
Jumlah
1
Soda api
1/2 cangkir
2
Kapur barus
1/2 cangkir
3
Air murni
10 liter
4
Minyak kayu putih
1/2 cangkir
5
Essential oil
2 sendok teh

Bagaimana cara membuat sabun cuci motor? Yuk, simak langkah-langkahnya:

1. Campurkan soda api dan kapur barus

Hal pertama yang perlu Sobat Otosemi lakukan untuk membuat sabun cuci motor adalah dengan mencampurkan soda api dan kapur barus dengan perbandingan 1:1. Adapun fungsi dari kedua bahan ini sendiri adalah untuk menghilangkan noda membandel yang susah dibersihkan. Sehingga meski sudah berkali-kali mencuci, motor tetap tampak kinclong.

2. Tambahkan air murni

Tahap selanjutnya adalah menambahkan air murni dalam jumlah 10 liter ke dalam campuran soda api dan kapur barus tersebut. Kemudian aduk rata sampai kedua bahan larut sempurna.

3. Tambahkan minyak kayu putih dan essential oil

Setelah itu tambahkan 1/2 cangkir minyak kayu putih dan 2 sendok teh essential oil ke dalam campuran air dan bahan-bahan tersebut. Fungsi dari minyak kayu putih adalah untuk menyerap bau tidak sedap pada motor, sedangkan essential oil digunakan untuk memberikan aroma wangi yang menyegarkan.

4. Aduk rata dan diamkan semalam

Aduk semua bahan hingga rata dan diamkan semalam supaya campuran bahan menghasilkan konsistensi yang sempurna. Sehingga saat digunakan untuk mencuci motor, hasilnya akan optimal dengan kandungan yang meresap sempurna pada permukaan motor.

5. Kocok campuran dan saring

Setelah itu, kocok campuran sabun cuci motor hingga konsistensinya lebih encer. Kemudian saring campuran tersebut supaya bahan-bahan yang tidak larut atau belum pecah tidak terikut serta dalam pencucian.

6. Simpan sabun cuci motor

Setelah pembersihan selesai, simpan sabun cuci motor yang sudah jadi di botol kaca dan gunakan botol sprayer agar lebih mudah pada saat penggunaan. Simpan di tempat yang aman dari paparan cahaya langsung agar selalu dalam keadaan terjaga kualitasnya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa sajakah bahan yang digunakan untuk membuat sabun cuci motor?

Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan sabun cuci motor yaitu soda api, kapur barus, air murni, minyak kayu putih, dan essential oil.

2. Apa kelebihan menggunakan sabun cuci motor buatan sendiri?

Kelebihan menggunakan sabun cuci motor buatan sendiri adalah bahwa bahan-bahan yang digunakan lebih ramah lingkungan, efektif dalam membersihkan motor, serta bisa digunakan secara rutin tanpa merusak permukaan motor.

3. Bagaimana cara membuat sabun cuci motor yang aman digunakan?

Buat sabun cuci motor dari bahan alami yang ramah lingkungan yang bisa digunakan secara rutin tanpa merusak permukaan motor. Pastikan semua bahan yang digunakan berasal dari sumber terpercaya dan dipilih dengan baik.

4. Apa saja kekurangan menggunakan sabun cuci motor buatan sendiri?

Salah satu kekurangan menggunakan sabun cuci motor buatan sendiri adalah biaya produksi yang tergolong mahal jika dibandingkan dengan membeli sabun cuci motor dari toko.

5. Haruskah menggunakan sabun cuci motor khusus untuk motor?

Iya, karena sabun cuci motor khusus telah dirancang khusus untuk membersihkan permukaan motor tanpa merusak komponen yang lain. Ada banyak pilihan sabun cuci motor yang aman dan efektif di pasaran.

6. Bagaimana jika sabun cuci motor tidak bisa membersihkan noda membandel di permukaan motor?

Jika sabun cuci motor tidak bisa membersihkan noda membandel di permukaan motor, bisa dicoba bahan pembersih lainnya seperti pasta gigi atau baking soda yang dicampur dengan air, kemudian gunakan sikat halus untuk menggosok permukaan motor secara perlahan.

7. Apa beda sabun cuci motor dan sabun cuci biasa?

Sabun cuci motor memang mirip dengan sabun cuci mobil, tetapi sabun cuci motor lebih dirancang khusus untuk membersihkan permukaan motor tanpa merusak komponen yang lain.

8. Bisakah sabun cuci motor digunakan pada mobil?

Tidak, karena sabun cuci motor dirancang khusus untuk membersihkan motor, sedangkan sabun cuci mobil untuk membersihkan mobil.

9. Bagaimana cara mengaplikasikan sabun cuci motor?

Simpan sabun cuci motor dalam botol kaca dengan menggunakan botol sprayer agar mudah digunakan. Kemudian campurkan sabun cuci motor dengan air dalam ember ukuran besar, setelah itu celupkan lap bersih atau spons ke dalam air sabun dan peras sedikit lalu oleskan pada permukaan motor. Gosok perlahan dengan sikat khusus untuk mencuci motor, setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

10. Bagaimana cara menjaga supaya sabun cuci motor awet dan tidak membentuk kotoran?

Simpan sabun cuci motor dalam botol kaca dan letakkan di tempat yang aman dari paparan cahaya langsung agar selalu dalam keadaan terjaga kualitasnya. Jangan lupa untuk menutup rapat setelah digunakan, hindari tumpukan sabun pada botol karena dapat membentuk endapan.

11. Apakah sabun cuci motor dapat diaplikasikan pada semua jenis motor?

Sabun cuci motor dapat digunakan pada semua jenis motor kecuali jenis motor yang memiliki finishing di permukaannya.

12. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat sabun cuci motor?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sabun cuci motor kurang lebih 1 hari karena harus menunggu campuran bahan menghasilkan konsistensi yang sudah sempurna.

13. Apakah sabun cuci motor buatan sendiri dapat menghilangkan noda membandel di permukaan motor?

Ya, sabun cuci motor buatan sendiri bisa digunakan untuk menghilangkan noda membandel pada permukaan motor.

Kesimpulan

Jadi, Sobat Otosemi, membuat sabun cuci motor buatan sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membersihkan motor tanpa merusak komponen lainnya. Bukan hanya ramah lingkungan, bahan yang digunakan juga mudah ditemukan dan murah. Meski ada kelemahan dan kekurangan, tetapi keuntungan yang diberikan sangat berharga. Pastikan selalu menjaga kendaraan agar tetap bersih, terawat dan tampil memukau.

Ingin mencoba membuat sabun cuci motor? Semoga berhasil!

Disclaimer: Artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Sebelum mencoba membuat sabun cuci motor, pastikan untuk membaca instruksi dengan hati-hati dan mengenakan peralatan keamanan. Penulis dan situs tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan kerusakan yang timbul akibat penggunaan informasi dalam artikel ini.

Bagikan: