Warning, Kampas Kopling Mobil Matic Mudah Habis, Lho…??

Kampas Kopling Mobil Matic- Alat transportasi yang di ciptakan oleh para produsen baik itu roda dua (sepeda motor) atau roda empat (mobil), pastinya memakai salah satu jenis transmisi yang di gunakan antara lain transmisi otomatis (matic) atau transmisi manual. Di dunia mobil pun juga begitu banyak sekali varian transmisi M/T (Manual) atau transmisi A/T (Otomatis) yang telah di pasarkan ke berbagai belahan dunia ini.

Perlu di ketahui kedua jenis transmisi ini memiliki tingkat perbedaan yang signifikan, namun kegunaan atau fungsinya sama yaitu sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda. Sedangkan masalah kemudahan pengoperasian tentu transmisi otomatis yang paling unggul daripada manual.

Untuk mobil yang pakai transmisi manual tentu cara memakainya akan lebih merepotkan sekali karena saat pengoperasian di haruskan bersamaan meliputi gas, tuas gigi dan kopling. Namun dari segi tenaga model transmisi inilah yang paling handal dan kekuatannya lebih besar di bandingkan jenis matic. Akan lebih melelahkan lagi jika jalanan yang di lalui ini memiliki dimensi yang turun naik sebab penggunaan sistem kemudi lebih extreme lagi.

Berbeda dengan jenis mobil matic yang mana menggunakan tipe transmisi otomatis (Automatic Transmision) ini lebih mudah sekali penggunaannya. Meski mobil yang pakai sistem matic ini dalam beberapa waktu belakang sangat populer serta banyak di minati oleh masyarakat Indonesia. Apalagi di daerah kota mancet atau kepadatan lalu lintas kendaraa yang cukup besar, mobil matic ialah solusi terbaik untuk di beli sebab tidak repot-repot seperti pada jenis mobil tipe M/T.

Bahkan jika pengemudi ingin melaju di kecepatan yang di tentukan sebelumnya hanya dengan menggeser tuas kopling ini ke posisi ‘D’ tidak serepot jenis transmisi manual yang harus menyesuaikan posisi gear pada kecepataan saat melintas. Namun ketahuilah mobil matic memang unggul dalam penggunaan lebih praktis tetapi juga miliki kekurangan di sisi kampas kopling cepat habis, karena tidak adanya sistem pemindahan tuas seperti pada M/T. Hal ini juga berdampak negatif sekali bagi mobil sebab oli transmisi mobil juga akan menurun.

Tips aman untuk meminimalisir terjadinya kampas kopling mobil matik cepat habis ialah mudah sekali dengan cara sesuaikan pemindahan tuas kopling pada kondisi yang tepat. Alangkah baiknya saat mengalami kemancetan yang panjang pindahkan tuas ke posisi N (Netral), selain itu cara memindahkan tuas kopling ke posisi lain sebaiknya dilakukan secara lembut saja.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*