Memperbaiki Motor Injeksi dengan Mudah

Salam Sobat Otosemi! Siapa yang tidak kenal dengan motor injeksi? Jenis motor yang tengah naik daun akhir-akhir ini membuat banyak orang tergiur untuk memilikinya. Namun, pengguna motor injeksi harus mengetahui bahwa perawatan motor jenis ini lebih sulit dan lebih mahal dibandingkan motor karburator.

Motor injeksi lebih sulit diperbaiki karena menggunakan sistem elektronik dan sirkuit yang kompleks. Namun, dengan mengetahui teknik servis yang tepat, kamu dapat menghemat biaya perbaikan yang harus dikeluarkan. Berikut, akan dijelaskan cara servis motor injeksi dengan mudah di bawah ini.

Berbagai Langkah dalam Servis Motor Injeksi

Sebelum memulai servis motor injeksi, ada beberapa alat yang harus disiapkan. Di samping itu, kamu juga harus menyiapkan diri agar tidak terluka dalam melakukan servis. Berikut, adalah beberapa langkah dalam melakukan servis motor injeksi:

Alat yang Diperlukan
Fungsi
Obeng dan kunci L
Alat untuk membuka dan memasang baut motor injeksi
Kain lap
Alat untuk membersihkan bagian motor injeksi
Selang untuk memeriksa tekanan bahan bakar
Alat untuk memeriksa tekanan bahan bakar pada motor injeksi
Air compresser (kompressor udara)
Alat untuk membersihkan saringan udara pada motor injeksi

Langkah 1: Memeriksa Sistem Injeksi

Langkah pertama servis motor injeksi adalah memeriksa sistem injeksi. Pastikan terdapat bahan bakar yang mencapai injektor. Kamu dapat melakukan pemeriksaan tekanan bahan bakar dengan menggunakan selang yang disambungkan ke pompa bahan bakar. Jika tekanan bahan bakar terlalu rendah, segera perbaiki pompa bahan bakar.

Langkah 2: Membersihkan Saringan Udara

Saringan udara pada motor injeksi merupakan komponen penting yang harus dijaga kebersihannya. Jika kotor, dapat menyebabkan kompresi udara tersumbat. Namun, membersihkan saringan udara bukanlah tugas mudah. Kamu dapat membersihkan saringan udara dengan menggunakan air compresser atau membersihkannya dengan menggunakan kain lap

Langkah 3: Pemeriksaan Sistem Pembersihan Karbondioksida

Sistem pembersihan karbondioksida pada motor injeksi bertanggung jawab untuk memproduksi udara bersih. Jika sistem ini rusak, tekanan bahan bakar akan terganggu dan menyebabkan kinerja motor menurun. Kamu dapat memeriksa sistem pembersihan karbondioksida dengan memeriksa sensor yang terdapat pada motor injeksi.

Langkah 4: Mengganti Busi

Busi pada motor injeksi sangat sensitif dan cepat aus. Apabila busi aus, motor injeksi akan kehilangan tenaga dan kinerjanya bisa menurun drastis. Kamu dapat mengganti busi dengan busi baru agar motor injeksi dapat kembali berjalan dengan normal.

Langkah 5: Pemeriksaan Kelistrikan

Motor Injeksi merupakan jenis motor yang lebih canggih dan kompleks. Oleh karenanya, pastikan sistem kelistrikan motor injeksi dalam keadaan baik, Hal ini berguna untuk menghindari terjadinya korsleting dan gangguan lainnya.

Langkah 6: Membersihkan Injektor

Membersihkan injektor memang m tidaklah wajib, namun tetap penting dilakukan. Hal ini berguna untuk menjaga dan meningkatkan performa motor injeksi dengan merawat injektor yang bersih dan lancar.

Langkah 7: Memeriksa Sistem Injector Control

Sistem Injector Control pada motor injeksi penting untuk dijaga kebersihannya. Kamu dapat melakukan pemeriksaan injector control dengan memeriksa sensor yang terdapat pada motor injeksi.

Kelebihan dan Kekurangan Servis Motor Injeksi

Kelebihan Servis Motor Injeksi

Memiliki motor injeksi memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis motor lainnya. Berikut, adalah beberapa kelebihan motor injeksi:

  1. Lebih hemat bahan bakar
  2. 😍

  3. Kinerja mesin lebih baik
  4. 😍

  5. Sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih dan modern
  6. 😍

  7. Memiliki mesin yang lebih kuat dan awet
  8. 😍

  9. Cukup mudah dalam perawatan
  10. 😍

  11. Ramah lingkungan
  12. 😍

  13. Lebih efisien dan efektif
  14. 😍

Kekurangan Servis Motor Injeksi

Tentu saja, seperti halnya setiap hal yang ada di dunia ini, motor injeksi juga memiliki kekurangan. Namun, kelemahan yang ada pada motor ini lebih cenderung pada perawatan dan biaya yang harus dikeluarkan. Berikut, adalah beberapa kekurangan pada motor injeksi:

  1. Perawatan yang lebih sulit dan membutuhkan biaya lebih mahal
  2. 😔

  3. Komponen yang lebih sensitif dan kompleks
  4. 😔

  5. Penggunaan spare part lebih mahal
  6. 😔

  7. Service center yang lebih jarang ditemukan
  8. 😔

  9. Memakan waktu lebih lama
  10. 😔

  11. Sangat bergantung pada teknologi dan sistem elektronik
  12. 😔

  13. Rentan terhadap perawatan yang tidak tepat
  14. 😔

FAQ

1. Berapa harga untuk servis motor injeksi?

Biaya servis motor injeksi sangat bervariasi, tergantung pada jenis kerusakan dan jenis motor. Namun, rata-rata biaya servis motor injeksi dapat mencapai Rp. 300.000,- atau lebih.

2. Apakah motor injeksi membutuhkan perawatan khusus?

Iya, motor injeksi membutuhkan perawatan khusus dan lebih sering dibanding dengan motor karburator. Hal ini dikarenakan motor injeksi menggunakan teknologi yang lebih canggih dan lebih sensitif.

3. Apa yang harus dilakukan jika motor injeksi bermasalah?

Segera bawa motor injeksi ke bengkel motor terdekat dan cek pada service center yang bersangkutan mengenai penggaransiannya.

4. Bagaimana cara merawat saringan udara pada motor injeksi?

Membersihkan saringan udara pada motor injeksi dapat dilakukan dengan menggunakan kain lap atau air compresser. Namun, pastikan saringannya kering terlebih dahulu sebelum dipasang.

5. Kapan waktu yang tepat untuk membersihkan injektor?

Idealnya, injektor perlu dibersihkan setiap waktu 10.000 – 15.000 km. Namun, dapat disesuaikan dengan kondisi komponen kinerjanya.

6. Bagaimana cara melakukan pengaturan rich/lean pada motor injeksi?

Kamu harus memiliki komunitas atau kelompok motor yang memang sering melakukan pengaturan rich/lean pada motor injeksi agar lebih aman dan akurat.

7. Bagaimana pemanfaatan motor injeksi dalam hal ekonomis dan lingkungan?

Motor injeksi lebih hemat bahan bakar dan efisien, sehingga lebih ramah lingkungan. Namun, perawatannya membutuhkan biaya lebih mahal dan komponen yang lebih kompleks.

8. Apakah motor injeksi lebih cocok untuk kondisi jalan yang macet?

Iya, motor injeksi lebih cocok untuk kondisi jalan yang macet karena lebih irit bahan bakar.

9. Apa yang harus dilakukan jika injektor bermasalah?

Segera bawa motor injeksi ke bengkel motor terdekat untuk memperbaiki injektor yang bermasalah

10. Apa yang harus dilakukan jika motor injeksi terkena banjir?

Segera matikan motor injeksi, bawa ke bengkel motor terdekat untuk melakukan perbaikan cepat agar tidak mengalami kerusakan yang fatal

11. Berapa potensi peningkatan performa motor injeksi yang diperoleh dari penggunaan busi iridium?

Performa motor injeksi akan meningkat sekitar 10-15% dengan penggunaan busi iridium.

12. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengganti busi pada motor injeksi?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengganti busi pada motor injeksi bervariasi, tergantung pada jenis motor injeksi. Biasanya butuh waktu sekitar 1-2 jam.

13. Bagaimana cara memeriksa tekanan bahan bakar pada motor injeksi?

Kamu dapat memeriksa tekanan bahan bakar pada motor injeksi dengan menggunakan selang yang disambungkan ke pompa bahan bakar.

Kesimpulan dan Sikap Mengambil Tindakan

Sebelum memutuskan memiliki motor injeksi, ada baiknya kamu mengetahui lebih dahulu kekurangan dan kelebihannya. Pastikan kamu siap mengeluarkan biaya yang lebih berkaitan dengan perawatan motor injeksi. Namun, jika kamu sudah memiliki motor injeksi dan ingin melakukan servis, pastikan kamu melakukan servis dengan benar dan tidak sembarangan. Dengan begitu, motor injeksi dapat bekerja dengan baik dan lebih awet. Terakhir, belilah motor injeksi dan jangan ragu untuk memperbaiki sendiri ketika terjadi kerusakan untuk menghemat biaya.

Disclaimer

Kami telah melakukan penelitian dan pelacakan data dengan hati-hati. Namun, kami tidak bertanggung jawab atas keakuratan, kelengkapan, keandalan dan kecocokan informasi yang disajikan dalam artikel ini. Penggunaan informasi dalam artikel ini dilakukan dengan risiko pembaca sendiri.

Bagikan: