Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Injeksi

Salam Sobat Otosemi, Yuk Kita Pelajari Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Injeksi!

Jangan lelah untuk lebih memperhatikan keamanan kendaraan Anda. Salah satunya adalah dengan membuat kunci rahasia. Di artikel kali ini, kami akan memberikan panduan tentang cara membuat kunci rahasia motor injeksi yang bisa Anda praktikkan sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Injeksi

Sebelum membahas langkah-langkahnya, mari kita bahas secara singkat kelebihan dan kekurangan dari cara membuat kunci rahasia motor injeksi.

Kelebihan

1. Keamanan kendaraan terjaga

2. Tidak perlu khawatir kehilangan kunci

3. Harga murah

4. Dapat dilakukan oleh siapa saja

5. Menghindari orang lain yang mencuri kunci motor Anda

6. Bisa dipasang pada motor injeksi

7. Bahan-bahan yang dibutuhkan mudah ditemukan di toko sepeda motor terdekat

Kekurangan

1. Waktu pembuatan yang terbilang lama

2. Tidak dapat membuka bagian elektronik penuh kendaraan

3. Membutuhkan keahlian khusus untuk membentuk kunci yang pas

4. Ada risiko terjadinya kesalahan dalam pembuatan kunci yang dapat merusak sistem pengaman kendaraan Anda.

5. Tidak seaman kunci standar pabrik

6. Kendala apabila memakan waktu untuk beberapa keperluan atau saat kunci shock atau box

7. Wajib konsultasi ke ahlinya untuk praktek memasang pembuatan kunci rahasia motor injeksi

Langkah-Langkah Membuat Kunci Rahasia Motor Injeksi

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kunci rahasia motor injeksi.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Alat yang dibutuhkan untuk membuat kunci rahasia motor injeksi antara lain :

Bahan
Alat
Kawat besi yang tebal
Tang potong
Busi bekas
Gerinda
Stik lem AICA
Lampu solder
Lock engine
Tahap pembukaan kunci
Kaleng bekas
Profil meter

2. Siapkan Kunci Pendatang

Siapkan kunci pendatang yang berfungsi untuk membuka kunci cukup dengan cara membuka segel di kunci atau dengan memotong bagian kuncinya.

3. Ukur Kunci Kendaraan

Untuk membuat kunci rahasia motor injeksi, Anda perlu mengukur kunci kendaraan asli untuk mendapatkan ukuran yang ideal. Ukur segala jarak dan bentuk kunci kendaraan asli dengan profil meter.

4. Potong Kawat Besi

Setelah itu, geser ukuran kunci dengan profil meter ke kawat besi dan potong kawat tersebut. Ingat, ini harus konsisten dengan bentuk kunci kendaraan asli.

5. Bentuk Kawat Besi

Bentuk kawat besi dengan tang agar sesuai dengan bentuk kunci yang asli. Perlu sabar dan ketelitian agar bentuknya sesuai 100 persen.

6. Tahap Pembukaan Kunci

Tahapan pembukaan kunci tersebut bisa memakan waktu dan harus terpusat pada kunci atau bagian bawahnya. Kerja yang satu ini memang membutuhkan ketelitian dan akurasi tinggi, sehingga kunci bisa dibuka dan ditangani dengan mudah.

7. Solder Stik Lem pada Kawat Besi

Solder stik lem pada kawat besi yang sudah dibentuk dengan menggunakan lampu solder. Pastikan batas kawat besi dan stik lem AICA seimbang dengan ukuran kunci kendaraan asli.

8. Pasangkan Busi Bekas

Terakhir, pasangkan busi bekas dengan kunci rahasia motor injeksi yang sudah jadi. Ini karena busi dapat menempel pada blok cylinder motor jika tidak terpasang kunci catalytic converter yang mampu menahan gas yang dihasilkan motor agar aman.

FAQ

1. Apa itu kunci rahasia?

Kunci rahasia adalah kunci yang dibuat sendiri dengan bahan-bahan tertentu agar kunci tersebut sulit dibuka oleh orang yang tidak memiliki kunci tersebut.

2. Apa yang dimaksud dengan kunci motor injeksi?

Kunci motor injeksi adalah kunci yang digunakan untuk menghidupkan motor yang menggunakan sistem injeksi, sehingga dapat menyalakan mesin.

3. Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kunci rahasia motor injeksi?

Bahan yang diperlukan antara lain kawat besi, busi bekas, stik lem AICA, kunci pendatang, lock engine, dan kaleng bekas.

4. Apa keuntungan membuat kunci rahasia motor injeksi?

Keuntungannya adalah kendaraan Anda lebih aman dan tidak perlu khawatir kehilangan kunci, serta bisa dilakukan di rumah dan harga yang jauh lebih terjangkau.

5. Apakah kunci rahasia lebih aman daripada kunci asli pabrik?

Tidak, kunci asli pabrik lebih aman karena kunci tersebut lebih terjamin keamanannya dan memeliki sertifikat standar nasional Indonesia.

6. Bisakah kunci rahasia motor injeksi dibuat di rumah?

Ya, kunci rahasia motor injeksi bisa dibuat di rumah dengan catatan harus memegang beberapa panduan dan tahap pembuatan yang benar.

7. Jika kunci rahasia motor injeksi rusak, apakah harus membuat kunci yang baru?

Tidak, Anda bisa meminta bantuan ke ahli kunci atau ke bengkel terdekat untuk memperbaiki kunci rahasia motor injeksi Anda.

Kesimpulan

Dari artikel ini, Anda telah mempelajari cara membuat kunci rahasia motor injeksi dengan benar. Selain itu, Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari cara membuat kunci rahasia motor injeksi. Memang ada beberapa risiko dan kelemahan, tetapi Anda tetap bisa membuat kunci rahasia motor injeksi dengan memahami setiap langkahnya dengan baik dan benar. Sebelum melakukan praktek praktek membuat kunci rahasia motor injeksi, pastikan untuk berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu. Jangan lupa, selalu perhatikan keamanan kendaraan Anda dan bersikap hati-hati!

Disclaimer

Informasi yang terdapat di artikel ini hanya untuk tujuan pendidikan dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran dari ahli kunci professional. Pembuatan kunci rahasia motor injeksi sangatlah rumit dan memerlukan keahlian khusus. Silahkan berkonsultasi dengan ahli kunci sebelum mencoba membuat kunci rahasia motor injeksi sendiri. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang diakibatkan oleh pembuatan kunci rahasia motor injeksi sendiri oleh pembaca.

Check Also

Cara Menambal Ban Motor

Masalah Ban Motor yang Bocor Sobat Otosemi, suatu saat kita pasti pernah mengalami ban motor …