Cara Modif Motor Bebek Jadi Trail

Kenapa Modif Motor Bebek Jadi Trail?

Sobat Otosemi, sebelum kita membahas cara modif motor bebek jadi trail, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu alasan mengapa seseorang ingin melakukan modifikasi motor bebek menjadi motor trail. Beberapa alasan mengapa seseorang ingin modif motor bebek menjadi motor trail adalah:

No.
Alasan
1
Kereatifan
2
Tampilan yang lebih gagah
3
Meningkatkan performa motor bebek
4
Cost efektif
5
Cocok untuk petualangan

Tentunya, modifikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan, serta risiko yang harus Sobat Otosemi pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk modif motor bebek menjadi motor trail.

Kelebihan Modif Motor Bebek Jadi Trail

Ada beberapa kelebihan yang Sobat Otosemi bisa dapatkan saat melakukan modif motor bebek menjadi motor trail, diantaranya:

1. Terlihat Lebih Gagah dan Sporti

Salah satu daya tarik yang membuat orang ingin melakukan modifikasi motor bebek jadi trail adalah bisa lebih terlihat gagah dan sporti. Hal ini didapatkan dari perubahan desain dan beberapa tambahan aksesoris.

2. Motor Jadi Lebih Serbaguna

Hasil dari modifikasi motor bebek menjadi motor trail membuat motor tersebut lebih serbaguna dan dirasa cocok untuk berbagai kegiatan. Meskipun awalnya motor ini dibuat hanya dengan tujuan praktisitas dan ramah lingkungan, namun modifikasi motor bebek menjadi motor trail mampu mengubah wajah motor dan juga fungsi motor tersebut.

3. Potensi Untuk Off-Road dan Petualangan

Setelah modifikasi motor bebek menjadi motor trail, potensi untuk melakukan off-road dan petualangan dengan waktu yang lebih singkat dirasa lebih mudah dan lebih aman. Motor ini akan mampu melibas medan yang berat sekalipun.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Motor trail yang gagah dan sporti mampu meningkatkan rasa percaya diri si pemilik. Hal ini bisa dirasakan saat berkendara dengan tampilan yang lebih baik.

5. Lebih Stabil dan Nyaman Berkendara

Setelah modifikasi motor bebek menjadi motor trail, motor tersebut akan memiliki suspensi yang lebih tinggi dengan knalpot yang tidak terlalu besar dan irit bahan bakar. Hal ini meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat berkendara di medan berat.

6. Lebih Hemat Biaya

Biaya pembuatan motor trail lebih efektif dan hemat jika dibandingkan dengan membeli motor jenis trail yang sudah jadi. Sobat Otosemi dapat memilih bagian mana yang ingin dimodifikasi tanpa harus membeli motor trail yang sudah jadi.

7. Meningkatkan Performa Motor Bebek

Setelah dimodifikasi menjadi motor trail, performa motor bebek akan meningkat. Sebab, perbaikan pada sistem motor membuatnya lebih ramah lingkungan dan bertenaga tetapi tetap irit bahan bakar. Berkendara dengan motor yang lebih responsif dapat meningkatkan keamanan di jalan raya.

Kekurangan Modif Motor Bebek Jadi Trail

Tidak hanya memiliki kelebihan saja, modifikasi motor bebek menjadi motor trail tentunya memiliki kekurangan dan risiko. Berikut adalah beberapa kekurangan dan risiko modifikasi motor bebek menjadi motor trail:

1. Risiko Keselamatan Berkendara

Risiko keselamatan saat berkendara meningkat ketika modifikasi motor bebek jadi motor trail. Terutama saat melewati berbagai tikungan di dalam hutan dan medan berat lainnya, karena motor trail membutuhkan kualitas kemudi yang lebih baik yang membutuhkan keahlian khusus untuk mengemudikannya.

2. Tinggi Biaya

Saat melakukan modifikasi motor bebek menjadi motor trail, pasti diperlukan waktu dan biaya yang cukup banyak untuk mengubah semua desain motor dan menambahkan beberapa bagian lainnya. Semua itu dikerjakan untuk membuat motor bebek menjadi motor trail yang biasanya memiliki harga lebih tinggi dibandingkan motor bebek biasa.

3. Meningkatnya Jumlah Dermaga di Mesin

Modifikasi motor bebek jadi motor trail biasanya meningkatkan jumlah Dermaga mesin yang terjadi pada motor dan hal ini bisa menurunkan kualitas mesin motor dan saat berkendara terdapat getaran yang dirasakan saat gigi mesin dinaikkan.

4. Perubahan Garansi Motor

Perubahan fisik pada motor dibutuhkan garansi secara ekspres jika akan diterapkan pada pengajuan klaim asuransi pada motor tersebut. Maka perlu adapasa aturan yang jelas untuk memodifikasi motor menjadi satu produk yang baik sebelum memberikan pelayanan berupa garansi.

5. Perubahan pada Komponen dasar

Modifikasi motor bebek jadi motor trail butuh perubahan pada komponen motor, seperti spek yang menyesuaikan dengan jenis permukaan jalan. Misalnya suspensi, seat, rem, tangki bahan bakar, serta penggerak motor

6. Perubahan Berat Motor

Setelah modifikasi, berat motor mungkin menjadi lebih berat dan kompleks. Hal ini pastinya akan mempengaruhi posisi mesin dan shaft sehingga harus dimodifikasi juga agar sesuai dengan kondisi saat pengendaran.

7. Pemilihan Toko Spare Part

Saat melakukan modifikasi motor bebek menjadi motor trail, pastikan memilih toko spare part yang terpercaya untuk membuat kendaraan Sobat Otosemi terlihat lebih gagah dan layak jalan. Tidak disarankan memilih toko yang tidak terpercaya dalam menjual spare part motor trail.

Cara Modif Motor Bebek Jadi Trail

Berikut adalah langkah-langkah untuk modif motor bebek jadi motor trail:

1. Modifikasi Suspensi

Modifikasi suspensi merupakan langkah pertama modifikasi motor bebek menjadi motor trail. Suspensi akan ditinggikan dengan pengaturan yang tepat agar dapat melewati berbagai jenis medan, baik itu medan yang berbatu atau medan yang lebih kasar.

2. Modifikasi Tangki Bahan Bakar

Tangki bahan bakar pun harus mengalami perubahan, karena mode berkendara yang berbeda dengan motor bebek standar yang biasanya memiliki tanki bahan bakar yang kecil. Tangki bahan bakar motor trail harus dibuat lebih besar tersedia untuk mengantisipasi perjalanan yang lebih jauh dan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

3. Modifikasi Tkrang

Untuk mengganti kemudi menggunakan stang trail atau bigbike, hal ini untuk membuat modif motor bebek menjadi motor trail yang lebih stabil dan tangguh.

4. Gonta-ganti Ban

Ban motor bebek harus diganti dengan ban motor trail. Hal ini dibutuhkan untuk memperkecil terjadinya slip saat kendaraan melaju di medan offroad.

5. Modifikasi Knalpot

Knalpot dapat dinaikkan dan dipasang pada bagian belakang dari sokbreker motor. Selain itu juga harus dipilih material yang baik agar tidak berkarat saat terkena air.

6. Modifikasi Pada Titik Tertentu

Perlu melakukan modifikasi pada beberapa bagian pad motor, seperti: Feet step, foot brake, rem depan dan belakang, handle rem, dan masih banyak lagi.

7. Bergabung dengan Komunitas Motor Trail

Para penggemar motor trail pastinya dimiliki juga oleh komunitasnya, Sobat Otosemi dapat bergabung dengan komunitas tersebut sebagai wadah untuk berbagi ilmu, pengalaman, dan juga saling berbagi informasi berkendara di jalur terbaik.

FAQ Modif Motor Bebek Jadi Trail

1. Apakah modifikasi motor memiliki risiko yang tinggi?

Modifikasi motor memang memiliki risiko salah satunya adalah penambahan beban atau berat pada motor yang memperngaruhi keseimbangan motor saat berkendara di medan offroad.

2. Apakah harga dalam melakukan modifikasi motor bebek menjadi motor trail mahal?

Biaya yang wajib dikeluarkan dalam memodifikasi motor menjadi trail sebenarnya tidak mahal jika dibandingkan dengan membeli motor tersebut dalam keadaan sudah jadi. Selain itu dengan memodifikasi, segala keinginan bisa dipenuhi secara spesifik.

3. Apakah motor bebek bisa dimodifikasi menjadi motor trail?

Motor bebek bisa dirubah menjadi motor trail dengan sentuhan tambahan dari bagian tertentu. Namun membutuhkan modifikasi sedikit lebih banyak dibandingkan dengan motor yang sudah terbentuk sebagai motor trail.

4. Apakah modifikasi motor mempengaruhi kualitas mesin?

Modifikasi yang diterapkan pada motor tentunya akan mempengaruhi kualitas mesin, Sehingga ketika mulai dirasa ada masalah bisa melakukan perawatan dan servis mesin secara berkala.

5. Apakah semua komponen motor bebek harus diganti saat modifikasi?

Tidak semua komponen motor bebek harus diganti saat melakukan modifikasi untuk menjadi motor trail, hanya ada beberapa bagian yang wajib dimodifikasi seperti suspensi, tangki bahan bakar, foot step dan beberapa bagian yang memerlukan minor adjust seperti knalpot

6. Apakah konsekuensi jika menambah tinggi suspensi ke motor bebek?

Jika menambah tinggi suspensi ke motor bebek, hal ini bisa meningkatkan kestabilan motor saat berkendara dalam terjalnya jalan, namun banyak juga pengaruh terhadap arah kendaraan dan bisa pada pengaturan yang dipasang pada stang motor.

7. Apa yang harus dilakukan setelah selesai melakukan modifikasi pada motor?

Biasanya pada saat selesai melakukan penambahan beberapa spare part, diwajibkan melakukan test drive untuk memastikan agar motor torbaik dan aman digunakan ketika berada di jalanan.

Kesimpulan

Setelah kita mengetahui kelebihan, kekurangan, dan tahapan untuk modif motor bebek jadi trail, kita bisa memutuskan apakah akan melakukan modifikasi ini atau tidak. Sobat Otosemi harus selalu memperhatikan kemampuan berkendara, keamanan, dan setiap risiko yang terkait dengan modifikasi motor ini.

Dalam melakukan modifikasi ini, Sobat Otosemi harus memilih toko spare part dan bengkel yang terpercaya agar motor yang dihasilkan aman dan layak untuk dipakai di jalanan. Sobat Otosemi juga harus mematuhi semua peraturan yang berlaku setelah melakukan modifikasi, seperti perubahan garansi dan pengetahuan mengenai kesehatan seluruh komponen motor.

Modifikasi motor bebek menjadi motor trail adalah pilihan yang menarik bagi orang yang ingin memiliki kendaraan dengan tampilan yang sporti dan serba guna. Namun harus diingat, sobat Otosemi harus memperhatikan keselamatan saat berkendara dan selalu mematuhi aturan yang telah ditentukan.

Tentang Penulis

Penulis adalah seorang blogger otomotif yang telah menekuni dunia modifikasi kendaraan selama beberapa tahun. Ada banyak seri modifikasi kendaraan yang telah dihasilkannya, termasuk modifikasi motor bebek menjadi motor trail yang berhasil.

Penulis sangat menyukai dunia modifikasi kendaraan, karena ia mencoba menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda, serta bertujuan untuk menambah kenyamanan pengalaman di jalan raya. Ia ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada pembaca yang ingin melakukan modifikasi kendaraan mereka sendiri.

© 2021- otosemi.com – All Rights Reserved