Salam Sobat Otosemi, Ini Dia Cara Modif Motor Beat Agar Makin Keren

Motor Beat memang sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, motor ini juga memiliki banyak kelebihan, seperti irit bahan bakar, praktis dipakai dalam berbagai kondisi jalan, dan mudah untuk dimodifikasi. Bagi Sobat Otosemi yang ingin tampil beda dengan motor Beat kesayangan, berikut adalah cara modif motor Beat yang bisa dicoba.

Kelebihan dan Kekurangan Modifikasi Motor Beat

Sebelum Sobat Otosemi mulai modifikasi motor Beat, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari kegiatan tersebut. Berikut adalah penjelasannya.

1. Kelebihan Modifikasi Motor Beat

Ada beberapa kelebihan yang bisa Sobat Otosemi dapatkan setelah melakukan modifikasi pada motor Beat, antara lain:

  1. Menambahkan nilai estetika pada motor, sehingga terlihat lebih keren dan berbeda dengan motor Beat standar.
  2. Memperbaiki kinerja mesin, sehingga performa motor jadi lebih baik dan responsif.
  3. Menambahkan aksesoris yang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara, seperti spion, footrest, dan lain-lain.
  4. Meningkatkan keamanan berkendara, misalnya dengan memasang sistem pengereman atau lampu sein yang lebih modern.
  5. Bisa menjadi ladang bisnis, jika Sobat Otosemi membuat jasa modifikasi motor Beat dan menerima pesanan dari orang lain.

Bagaimana, sudah sangat menggiurkan bukan? Namun, sebelum Sobat Otosemi mulai memodifikasi motor, ada baiknya untuk mengetahui juga apa saja kekurangannya.

2. Kekurangan Modifikasi Motor Beat

Dalam melakukan modifikasi motor Beat, Sobat Otosemi perlu mempertimbangkan beberapa hal, antara lain:

  1. Bisa merusak kualitas mesin, jika modifikasi tidak dilakukan dengan benar. Jangan sampai motor yang tadinya sehat jadi sakit setelah dimodifikasi.
  2. Harga jual motor bisa berkurang jika modifikasi terlalu ekstrem. Ada risiko bahwa orang lain tidak menyukai hasil modifikasimu dan kehilangan minat untuk membeli.
  3. Bisa memengaruhi kenyamanan berkendara, karena modifikasi tidak dilakukan secara proporsional dan perhatian pada detail.
  4. Risiko cedera ketika melakukannya saat Sobat Otosemi tidak benar-benar paham dengan modifikasi motor, sehingga merasa lebih baik menyerahkan pada ahli modifikasi.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan modifikasi motor Beat, Sobat Otosemi bisa memutuskan apakah masih ingin melanjutkannya atau menunda dulu hingga benar-benar siap.

Cara Modif Motor Beat yang Harus Diketahui

Berikut adalah beberapa cara modifikasi motor Beat yang bisa Sobat Otosemi coba, sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimilki.

1. Ganti Ban

Modifikasi motor Beat yang pertama adalah mengganti ban. Sobat Otosemi bisa memilih ban yang memiliki tapak lebih lebar dan tebal sehingga grip di jalan menjadi lebih baik. Selain itu, penggunaan ban tubeless bisa menambah keselamatan saat berkendara.

2. Pasang Knalpot Racing

Modifikasi motor Beat yang bisa membuat tampilan semakin keren adalah dengan memasang knalpot racing. Selain membuat suara motor jadi lebih beraksen, knalpot racing juga bisa meningkatkan performa motor dan membuatnya lebih bertenaga.

3. Gantikan Busi dan Kampas Rem

Modifikasi motor Beat yang bisa meningkatkan performa mesin adalah dengan mengganti busi dan kampas rem. Dengan busi yang lebih bagus, pembakaran menjadi lebih optimal dan penggunaan bahan bakar lebih irit. Sedangkan, kampas rem baru bisa meningkatkan daya cengkeram rem saat berhenti di jalan.

4. Ubah Warna Body Motor

Modifikasi motor Beat yang mungkin menjadi favorit Sobat Otosemi adalah mengganti warna body. Dengan mengganti warna sesuai dengan selera, motor Beat akan terlihat lebih berbeda dan eye catching. Apalagi jika Sobat Otosemi menggunakan warna cat yang glossy, pasti semakin memancarkan kesan elegan dan mewah.

5. Pasang Raiser Setang

Jika Sobat Otosemi ingin tampil dengan posisi berkendara yang lebih sporty, bisa memasang raiser setang pada motor Beat. Dengan posisi setang lebih tinggi, pengendara bisa lebih nyaman saat berkendara dalam waktu lama.

6. Pasang Velg Keren

Modifikasi motor Beat yang bisa membuat tampilan semakin keren adalah dengan memasang velg baru. Memilih velg yang tepat bisa membuat motor lebih stabil saat melaju di jalan raya dan juga lebih memukau. Namun, pastikan Sobat Otosemi memilih velg yang sesuai dengan kebutuhan dan tetap aman ketika digunakan.

7. Pasang Spion Tipe Baru

Modifikasi motor Beat yang ada baiknya dilakukan adalah dengan memasang spion tipe baru. Selain membuat tampilan lebih modern, spion tipe baru juga bisa membantu pengendara dalam melihat kondisi di belakang. Pastikan spion yang dipilih sesuai dengan tipe motor Beat dan berhasil menyempurnakan tampilan motor Beat milik Sobat Otosemi.

8. Ganti Handle Rem

Modifikasi motor Beat yang bisa meningkatkan kenyamanan berkendara adalah dengan mengganti handle rem. Handle rem yang nyaman bisa memudahkan pengendara dalam mengontrol motor dan minyamaninya perjalanan jadi semakin terjamin.

9. Pasang Footrest Pendek

Modifikasi motor Beat yang bisa membuat tampilan semakin racing adalah dengan memasang footrest pendek. Model footrest pendek ini membuat pengendara lebih mudah untuk melakukan pindah gigi dan mendorong batang motor.

10. Pasang Lampu Sein LED

Modifikasi motor Beat yang bisa meningkatkan keselamatan berkendara adalah dengan memasang lampu sein LED. Selain mempermudah pandangan saat berkendara dan memberikan kesan modern, lampu sein LED juga bisa mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

11. Pasang Decal

Modifikasi motor Beat yang bisa membuat tampilan semakin sporty dan unik adalah dengan memasang decal. Tanpa harus merubah warna body atau merombak komponen, decal bisa membuat motor Beat terlihat lebih menawan dan segar.

12. Pasang Fender Eliminator

Modifikasi motor Beat yang bisa membuat belakang motor lebih rapi adalah dengan memasang fender eliminator. Dengan memasang aksesoris ini, Sobat Otosemi bisa membuang fender belakang dan jok belakang yang menonjol sehingga lebih praktis dan terlihat lebih sporty.

13. Pasang Cover Radiator

Modifikasi motor Beat yang bisa membuat tampilan semakin modern adalah dengan memasang cover radiator. Cover radiator ini membuat tampilan motor Beat lebih berkelas dan mewah, sekaligus meningkatkan performa pendingin mesin menjadi lebih baik.

FAQ tentang Modifikasi Motor Beat

1. Berapa biaya yang diperlukan untuk modifikasi motor Beat?

Biaya modifikasi motor Beat bisa bervariasi, tergantung dari jenisnya dan kebutuhan modifikasi tersebut. Secara rata-rata, modifikasi motor Beat bisa dimulai dari Rp3 juta hingga lebih dari Rp10 juta.

2. Apakah modifikasi motor Beat rentan memperburuk kualitas mesin?

Bisa jadi. Karena saat melakukan modifikasi, sobat Otosemi perlu membongkar beberapa bagian mesin, dan jika tidak dilakukan dengan benar, mesin bisa jadi rusak. Oleh karena itu, pastikan modifikasi dilakukan oleh ahli yang benar-benar paham dengan mesin motor Beat.

3. Apakah garansi motor menjadi batal setelah melakukan modifikasi?

Tergantung dari kebijakan dealer motor. Ada beberapa dealer yang tidak memberikan garansi jika motor dilakukan modifikasi, tapi ada juga dealer yang tetap memberikan garansi meski motor di-modifikasi.

4. Apakah modifikasi motor Beat akan memperpendek masa pakai motor?

Tergantung dari jenis modifikasi dan bagaimana Sobat Otosemi merawat motornya. Jika modifikasi dilakukan dengan baik, dan penggunaan motor sesuai dengan aturannya, maka masa pakai motor tidak akan terganggu.

5. Apakah setiap tipe modifikasi cocok untuk motor Beat?

Tidak semua modifikasi cocok untuk motor Beat. Sobat Otosemi harus memperhatikan tipe motor Beat, kebutuhan modifikasi, dan juga anggaran yang dimiliki. Pastikan memilih modifikasi yang tepat dan aman untuk motor Beat.

6. Apakah perlu melakukan perawatan khusus setelah modifikasi motor Beat?

Ya, setelah modifikasi motor Beat, Sobat Otosemi perlu melakukan perawatan khusus agar performa motor tetap optimal. Pastikan mesin motor dirawat dengan baik dan dikonsultasikan dengan ahli modifikasi mengenai detail perawatan yang harus dilakukan setelah modifikasi. Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi motor secara berkala ke bengkel resmi agar tetap terjaga kualitasnya.

7. Apakah modifikasi pada motor Beat bisa meningkatkan performa berkendara?

Ya, tergantung dari jenis modifikasi yang dilakukan. Beberapa modifikasi di atas bisa meningkatkan performa mesin dan daya cengkeram rem, sehingga Sobat Otosemi bisa merasakan sensasi berkendara yang lebih nyaman dan aman.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi beberapa cara modifikasi motor Beat yang bisa Sobat Otosemi coba. Namun, ingatlah selalu bahwa modifikasi haruslah dilakukan dengan perencanaan matang dan benar-benar mempertimbangkan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Jangan lupa untuk konsultasi dengan ahli modifikasi agar modifikasi yang dilakukan aman dan sesuai dengan standar keamanan. Selamat mencoba dan semoga membantu Sobat Otosemi untuk membuat motor Beat lebih keren lagi!

Mari Coba Modifikasi Motor Beatmu Sekarang

Berbagai macam bentuk modifikasi pada motor beat bisa sobat Otosemi coba dalam waktu yang relatif singkat. Dengan demikian, sobat Otosemi bisa mendapatkan hasil modifikasi pada motor beat yang lebih cepat dari dugaan sebelumnya. Mulailah dari jenis modifikasi yang mudah dan murah, lalu kembangkan hingga sobat Otosemi merasa puas dan merasa motor beat lebih memuaskan dalam segala hal.

Penutup

Modifikasi motor Beat memang memberikan kepuasan tersendiri bagi para pecinta dunia otomotif di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Akan tetapi, kepuasan sederhana tersebut tentu tidak bisa didapatkan hanya dengan membeli motor Beat saja tanpa melakukan modifikasi di dalamnya. Sekian informasi mengenai modifikasi pada motor beat dan semoga bisa dipahami serta dimanfaatkan dengan baik.

Jenis Modifikasi
Estimasi Biaya
Ganti ban
Rp500.000 – Rp1.500.000
Pasang knalpot racing
Rp2.000.000 – Rp6.500.000
Gantikan busi dan kampas rem
Rp500.000 – Rp1.500.000
Ubah warna body motor
Rp3.000.000 – Rp7.000.000
Pasang raiser setang
Rp400.000 – Rp1.500.000
Pasang velg keren
Rp2.000.000 – Rp5.500.000
Pasang spion tipe baru
Rp200.000 – Rp750.000
Ganti handle rem
Rp200.000 – Rp500.000
Pasang footrest pendek
Rp250.000 – Rp750.000
Pasang lampu sein LED
Rp350.000 – Rp850.000
Pasang decal
Rp100.000 – Rp500.000
Pasang fender eliminator
Rp150.000 – Rp500.000
Pasang cover radiator
Rp500.000 – Rp1.500.000

Bagikan: