Cara Memasang Lighter Di Mobil

Menambahkan Aksesori Yang Berguna Pada Mobil Kesayangan Anda!

Salam, Sobat Otosemi! Apakah Anda suka melakukan perjalanan jauh dengan mobil kesayangan Anda? Jika ya, pastikan untuk membawa peralatan yang tepat untuk memudahkan perjalanan Anda, termasuk memasang lighter di mobil. Lighter menjadi aksesori yang berguna khususnya bagi para perokok dan juga dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat elektronik seperti ponsel dan GPS.

Namun, untuk memasang lighter di mobil, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu agar pemasangan berjalan lancar dan aman. Berikut adalah beberapa panduan untuk memasang lighter di mobil Anda:

Persiapan Sebelum Memasang Lighter di Mobil

Sebelum memasang lighter di mobil, pastikan bahwa Anda mempersiapkan beberapa hal yang dibutuhkan seperti:

Barang-barang yang Dibutuhkan:
Keterangan:
1. Lighter Baru
Dapatkan lighter yang cocok untuk mobil Anda.
2. Tang Potong Kabel
Pastikan Anda memiliki alat yang tepat untuk memotong kabel.
3. Tangkilik
Anda akan memerlukan solder dan tang untuk menghubungkan lighter dengan kabel di mobil.
4. Isolasi Listrik
Diperlukan untuk melindungi kabel agar tidak terbakar atau bocor arus.

Kelebihan Memasang Lighter Di Mobil Anda

Ada beberapa keuntungan saat memasang lighter di mobil yang dapat dirasakan oleh pemilik kendaraan:

1. Praktis dan Mudah Digunakan

Dalam perjalanan jauh, lighter memiliki fungsi multi guna untuk menyalakan rokok atau mengisi daya gadget yang terhubung pada lighter. Bentuk yang kecil dan mudah digunakan saat berkendara menjadi salah satu kelebihan utama dari penggunaan lighter di mobil.

2. Memudahkan Penumpang

Jika dalam perjalanan terdapat penumpang yang merokok, lighter di mobil akan memudahkan mereka untuk menyalakan rokok mereka tanpa harus turun dari mobil untuk mencarinya. Selain itu, lighter juga dapat membantu mengurangi kepenuhan kabel charger pada mobil saat semua penumpang harus mengisi ulang baterai gadget.

3. Meningkatkan Kualitas Perjalanan

Perjalanan jauh kadang membuat perjalanan menjadi membosankan. Namun, dengan menambahkan aksesori yang berguna seperti lighter dapat meningkatkan kualitas perjalanan Anda. Terlebih lagi, lighter dapat membantu dalam situasi darurat ketika Anda harus mengisi daya ponsel atau gadget lainnya secara cepat.

4. Menambah Gaya Mobil Anda

Dengan memasang lighter pada mobil, dinding dashboard mobil Anda akan memiliki aksesori yang menarik, yang menambah pesona pada kendaraan Anda. Hal ini juga bisa menjadi keuntungan jika suatu saat mobil hendak dijual kembali, karena meningkatkan nilai jual mobil.

5. Hemat Biaya

Jika menemukan kendala pada lighter, Anda dapat langsung memperbaikinya sendiri. Hal ini dapat mengurangi biaya perbaikan yang lebih mahal yang mungkin telah dikeluarkan jika Anda harus membawa mobil ke bengkel resmi.

6. Memudahkan Saat Berkemah

Jika Anda menyukai kegiatan berkemah, Anda akan bertemu dengan situasi di mana Anda membutuhkan api untuk menyalakan api unggun atau memasak makanan. Keberadaan lighter di mobil akan sangat membantu dalam kegiatan berkemah.

7. Menunjukkan Perhatian Pada Orang Lain

Jika Anda pengemudi yang peduli pada orang lain dalam perjalanan, lighter juga dapat menawarkan kenyamanan dan memperlihatkan perhatian pada penumpang yang membutuhkannya.

Kekurangan Memasang Lighter Di Mobil Anda

Setiap item pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk kinerja lighter pada mobil Anda. Berikut beberapa kekurangan saat memasang lighter di mobil Anda:

1. Bahaya Kebakaran

Jika kabel lighter tidak terpasang dengan benar atau kontaknya buruk, maka dapat menyebabkan arus yang berlebih dan akibatnya membuat kabel terbakar. Terlebih lagi, jika melewatkan kabel di dekat area yang mudah terbakar seperti karpet mobil membuat kemungkinan terjadinya kebakaran menjadi lebih tinggi.

2. Ponsel dan Gadget Cepat Panas

Ketika gadget dihasilkan terlalu banyak arus, maka ia akan cepat panas serta mempengaruhi umur baterai. Hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan ponsel atau gadget yang lebih parah.

3. Penggunaan Bahan Bakar Berlebihan

Saat dalam perjalanan jauh, penggunaan lighter dalam waktu lama dapat mempengaruhi bahan bakar atau pengisian listrik mobil Anda. Hal ini dapat berdampak pada biaya pengisian bahan bakar menjadi lebih tinggi.

4. Pengoperasian Yang Tidak Aman

Operator mobil yang sedang dalam perjalanan harus hati-hati saat menggunakan lighter. Setiap kontak yang terganggu saat berusaha mendapatkan api dari lighter dapat menyebabkan kecelakaan, kebakaran, atau bahkan ledakan.

5. Penghalang Dashboard Mobil

Setiap akan memasang aksesori pada dashboard mobil harus mempertimbangkan ukuran dan pengaturan yang tepat agar tidak mengganggu pengoperasian mobil. Menggunakan lighter yang terlalu besar atau lokasi pemasangan yang salah dapat menghalangi visibilitas sopir dan membuat pengoperasian mobil menjadi lebih sulit.

6. Kesalahan Instalasi Gaya DIY

Jika Anda mencoba memasang lighter sendiri tanpa persiapan dan pengetahuan yang cukup, maka dapat menghasilkan kegagalan instalasi lighter. Kesalahan instalasi dapat menyebabkan kerusakan pada mobil atau bahkan menyebabkan kecelakaan saat berkendara.

7. Perawatan yang Dibutuhkan

Seperti halnya aksesori lain, lighter memerlukan perawatan agar berfungsi sebagai apa yang diinginkan. Jika penggunaan sering, suplay listrik perlu diperiksa dan jika ditemukan kerusakan, ia harus segera diperbaiki agar tidak mengganggu pengoperasian kendaraan.

FAQ Tentang Memasang Lighter Di Mobil

1. Apakah Penggunaan Lighter Dapat Meningkatkan Risiko Kebakaran?

Ya, penggunaan lighter memiliki risiko kebakaran terutama jika penggunaan produk yang tidak sesuai atau terkait dengan instalasi yang dibuat oleh pengguna.

2. Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Memasang Lighter Di Mobil?

Biaya yang dibutuhkan tergantung pada jenis kendaraan yang dimiliki, jenis serta merek lighter yang digunakan. Harga bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

3. Apakah Penggunaan Lighter Lebih Hemat Energi Dibanding Memakai Charger Mobil Biasa?

Tidak, penggunaan lighter untuk mengisi perangkat elektronik pada mobil, sama seperti charger pada mobil, juga memakan suplai listrik mobil. Hal ini akan mempengaruhi pembakaran bahan bakar pada mobil dan pengisian bahan bakar yang lebih sering, serta energi lebih boros.

4. Apakah Penggunaan Lighter Berdampak Pada Kualitas Audio Pada Mobil?

Tidak secara langsung, namun penggunaan kabel yang terlalu banyak dan penggunaan kabel peralatan lainnya bisa menaikkan frekuensi noise pada audio mobil. Menggunakan filter noise dapat mengurangi efek ini pada audio mobil.

5. Apakah Pemasangan Lighter Dapat Dilakukan Secara Mandiri Tanpa Bantuan Montir?

Kondisi mobil Anda harus diperiksa lebih dahulu oleh montir sebelum memutuskan untuk permulaan dengan pemasangan. Jika Anda yakin bisa melakukannya sendiri dan untuk pemasangan yang kurang rumit, maka pemasangan lighter dapat dilakukan sendiri dengan persiapan yang sesuai.

6. Apa Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan Lighter Di Mobil?

Tergantung pada kemampuan Anda dalam melakukan pemasangan. Pemasangan yang dilakukan oleh montir biasanya dilakukan dalam waktu satu hingga dua jam.

7. Apa Yang Harus Saya Lakukan Jika Lighter Pada Mobil Tidak Berfungsi?

Periksa koneksi kabel baik yang terhubung dengan lighter atau dengan CAT mobil. Jika terhubung dengan baik, periksa fusuble LINK yang terdapat di fuse box biasanya terletak di sebelah bawah dashboard di samping sepeda gas.

8. Apakah Solder Membutuhkan Teknik Khusus Untuk Menghubungkan Kabel?

Ada teknik khusus yang diperlukan untuk melakukan pengelasan atau solder Kabel. Jika tidak yakin dengan teknik solder, maka harus mempercayakan pemasangan kepada montir resmi atau teknisi profesional terlatih lainnya.

9. Apakah Ada Risiko Kekurangan Daya Saat Memasang Lighter Di Mobil?

Jawabannya bergantung pada mobil yang digunakan dan power lighter yang dipilih. Periksa terlebih dahulu kebugaran listrik mobil sebelum memutuskan untuk memasang lighter pada mobil.

10. Bagaimana Cara Menjaga Agar Lighter Tetap Berfungsi Dengan Baik?

Selalu periksa kabel dan pastikan tidak ada kabel yang terbakar atau terlepas dari lighter. Jika ditemukan kerusakan, segera ganti dengan yang baru. Selain itu, kabel yang terkena kotoran sebaiknya segera dibersihkan agar tidak mengganggu persediaan listrik yang akan digunakan selanjutnya.

11. Bisakah Saya Menggunakan Lighter Secara Terus-menerus Selama Mobil Beroperasi?

Meskipun lighter dapat digunakan sepanjang waktu saat mobil beroperasi, disarankan untuk tidak menggunakan lighter terus menerus karena hal ini akan menggerus suplay listrik mobil Anda dan mengurangi kekuatan pada baterai mobil.

12. Apakah Penggunaan Lighter Dalam Mobil Aman Bagi Anak Mengingat Bahaya Api Tungku?

Tidak dianjurkan untuk memberikan akses lighter pada anak-anak yang duduk di mobil. Selalu perhatikan penggunaan lighter dan jangan biarkan anak menggunakan lighter tanpa pengawasan orang dewasa.

13. Apakah Lighter Bisa Mengisi Semua Tipe Ponsel?

Ya, jika identical, letak slot USB terdapat dalam lighter dengan slot yang umum digunakan ponsel sekarang ini. Hal ini menjadikan penggunaan lighter lebih fleksibel.

Kesimpulan

Dalam memasang lighter di mobil Anda, pastikan tindakan yang dilakukan tepat dan aman. Jangan lupa bahwa setiap menambahkan aksesori di mobil perlu mempertimbangkan kemudahan, kualitas, dan keamanannya.

Bahkan jika ada kekurangan dalam menggunakan lighter, namun tetap ada keuntungan besar sehingga memasang lighter di mobil merupakan pilihan yang tepat untuk menambah kemudahan dalam perjalanan Anda.

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi mobil secara berkala dan melakukan perawatan pada lighter agar selalu berfungsi optimal. Untuk hasil terbaik, konsultasikan pemasangan lighter di bengkel mobil yang terpercaya.

Kata Penutup

Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana memasang lighter di mobil Anda dengan benar. Pastikan untuk mengikuti panduan yang disajikan dan memilih aksesori yang tepat untuk mobil Anda. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati saat menggunakan lighter dan selalu menjaga kualitas perjalanan Anda!