Cara Memasang Charger Hp Di Mobil

Masalah yang Sering Dialami Ketika Mengisi Daya Pada Smartphone

Sobat Otosemi, pernahkah kalian mengalami kehabisan daya baterai saat sedang di perjalanan jauh dan butuh mengisi daya di mobil? Atau mungkin kamu pernah mengalami permasalahan saat ingin mengisi daya di mobil namun tidak menemukan colokan yang bisa digunakan? Apapun masalahnya, tidak dapat dipungkiri bahwa mengisi ulang daya pada smartphone saat di mobil memang menjadi kebutuhan penting bagi sebagian orang. Namun, nyatanya memasang charger hp di mobil tidak selalu mudah dan praktis. Ada berbagai masalah yang sering terjadi saat ingin mencharge smartphone di kendaraan. Beberapa masalah tersebut adalah seperti:

  1. Colokan Charger yang Tidak Cocok
  2. Seiring berjalannya waktu, model charger hp kini sudah banyak bertebaran di pasaran. Hal ini tentu membingungkan bagi sebagian orang, terutama yang belum terbiasa dengan beragam pilihan jenis plug power. Tidak semua charger akan cocok jika dicolokkan ke colokan mobil yang tersedia. Selain itu, beberapa mobil juga hanya menyediakan jenis colokan tertentu yang terkadang tidak mendukung jenis charger tertentu. Sehingga ketika kamu mencolokkan charger hp yang salah, maka bisa saja charger tidak dapat mengisi ulang daya dengan baik. Atau bahkan, charger yang salah tersebut bisa merusak komponen elektronik di dalam mobil.

  3. Charger Hp Tidak Terbaca
  4. Masalah lain yang sering terjadi ketika memasang charger hp di mobil adalah ketidakmampuan smartphone membaca sinyal listrik. Kondisi ini terkadang terjadi akibat tidak adanya aliran listrik pada kendaraan atau bisa juga karena jenis plug power yang digunakan tidak cocok dengan smartphone.

  5. Daya Listrik Mobil Tidak Mencukupi
  6. Penduduk perkotaan mungkin lebih sering mengalami masalah di mana mereka melakukan pengisian ulang daya HP menggunakan colokan yang telah disediakan oleh mobil tetapi daya yang terkumpul sangatlah sedikit. Hal ini mungkin terjadi dikarenakan terdapat banyak peralatan elektronik yang digunakan atau karena mobil sudah cukup tua dimana daya yang tersedia terbatas.

  7. Praktisitas
  8. Masalah ini lebih kepada masalah kenyamanan pengguna. Pasalnya, ketika ada banyak kabel yang berantakan di dalam mobil akan terasa sangat tidak nyaman. Terlebih jika kita hanya ingin menggambar dengan secepat mungkin. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara agar kabel power tersebut bisa teratasi dengan nyaman dan praktis.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Memasang Charger Hp Di Mobil Secara Detail

Kelebihan Memasang Charger Hp di Mobil

Berikut ini adalah kelebihan dari memasang charger hp di mobil yang perlu kalian tahu:

  1. Peluang Mengisi Daya Selalu Ada
  2. Hampir di setiap jenis mobil yang beredar saat ini, sudah dilengkapi dengan lampu pengisian daya. Fitur ini sangat membantu kamu mencharge kapanpun kamu butuhkan saat di jalan tanpa khawatir cepat kehabisan baterai.

  3. Jenis Charger yang Beragam
  4. Saat ini, vendor charger sangat banyak bertebaran di pasaran baik di toko ataupun online shop. Mereka menawarkan berbagai jenis charger dengan harga yang bervariasi. Hal ini tentu memudahkan kamu untuk memilih jenis charger yang sesuai dengan jenis HP yang kamu miliki, bahkan ada jenis charger yang bisa mengatasi ketiga masalah yang disebutkan sebelumnya.

  5. Bisa Dapat Sesi Charge yang Lebih Cepat
  6. Seperti yang kita ketahui, saat kita mencharge device di mobil daya listrik yang diterapkan lebih besar dari pengisian daya menggunakan powerbank atau charger indoor, maka itu dapat membantu menyelesaikan mengisi baterai lebih cepat dan efisien.

  7. Bisa Menghemat Uang
  8. Bila kamu sedang dalam perjalanan, mungkin kamu tidak selalu menemukan tempat untuk mencharge Hp. Kamu mungkin akan mengunjungi rest area ataupun pom bensin yang selalu menyediakan charger mobil. Tapi faktanya, mereka menawarkan charger dengan rentang harga yang cukup mahal. Jika kamu memasang charger hp di mobil sendiri, maka kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan masalah ini.

  9. Nyaman Digunakan
  10. Ketika kamu mencharge Hp di dalam mobil, kamu tentu merasakan kenyamanan yang berbeda jika dibandingkan dengan mencharge Hp di tempat umum seperti cafetaria ataupun tempat lainnya. Dalam mobil kita merasa lebih aman dan bisa bersantai sambil mencharge Hp.

  11. Dapat Menjaga Konektivitas
  12. Dalam perjalanan jarak jauh, kamu senang duduk-duduk di bagian belakang dan bermain santai dengan gadget senilai miliaran rupiah kamu. Dengan mencharge Hp di dalam mobil, kamu bisa menjaga konektivitas layaknya menjadi kegiatan rutin, sehingga tidak merasa ketinggalan berita ataupun trend saat traveling.

  13. Charger Terorganisir dengan Baik
  14. Masalah kabel charger yang berantakan menjadi hal yang umum terjadi ketika tidak ada tempat yang memungkinkan untuk meletakan kabel charger. Untuk itu, dengan memasang charger hp di mobil, maka kamu dapat merapikan kabel charger sehingga tidak berantakan dan mudah untuk ditemukan ketika kamu membutuhkannya.

Kekurangan Memasang Charger Hp di Mobil

Sama seperti produk-produk lain, memasang charger hp di mobil tidaklah sempurna. Berikut beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui:

  1. Risiko Overheat
  2. Menggunakan mobil sebagai sumber pengisian Pd ini dapat memunculkan risiko overheat. Karena itu, pastikan penganganan kabel Pd selalu dilakukan dengan hati-hati saat digunakan, apalagi ketika pengisian daya berlangsung lama.

  3. Kurang Praktis
  4. Pagi hari ketika kita melakukan perjalanan, mungkin terkadang kita masih tidak sempat meletakkan kabel charger di tempat yang mudah dijangkau ketika kita ingin mengisi daya. Masalah ini selain dapat mempengaruhi kenyamanan saat enjoy drive juga sekaligus menambah waktu yang kita gunakan. Menurut penelitian, penggunaan smartphone di dalam mobil dapat berdampak negatif pada keamanan karena dapat memecah fokus pengemudi.

  5. Tidak Cocok untuk Semua Jenis Hp
  6. Sebagian besar jenis charger yang ada di pasaran memang bisa disesuaikan dengan kebanyakan jenis HP. Tapi pada kenyataannya, enak atau selalu dicolokkan ke Pd di mobil tidak bisa dilakukan oleh semua jenis smartphone. Hal ini terjadi ketika jenis hp yang kamu gunakan tidak mendukung pengisian cepat. Oleh karena itu, jenis hp seperti ini harus di-charge dengan cara alternatif yang lain atau menggunakan tipe charger khusus yang mendukung tipe model hp.

  7. Harus Diganti dalam Jangka Waktu Tertentu
  8. Charger hp sering kali mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu. Sekalipun kamu seorang pengguna dengan frekuensi penggunaan Pd yang rendah, charger hp sendiri pastinya akan mengalami penurunan kualitas daya dan penurunan kekuatan atau longgar pada kabelnya.

  9. Meningkatkan Risiko Kerusakan (Jangka Panjang)
  10. Setiap charging perangkat komputerisasi dapat menghasilkan panas yang dapat mempengaruhi komponen perangkat itu sendiri. Hadirnya kabel charger menggunakan lisrik mobil mungkin terdengar sebagai cara paling simpel untuk mengecas Hp, namun seiring berjalannya waktu, penggunaan ini justru dapat merusakan kerapatan elektronik di dalam hp jika tidak teliti dalam penggunaannya. Oleh karena itu, pastikan saat memasang charger hp, kamu memilih peralatan yang berkualitas.

  11. Menghambat Perkembangan Teknologi
  12. Kita tahu bahwa perkembangan teknologi mobile salah satunya menuntut kecepatan pengisian daya yang lebih tinggi dibandingkan saat ini. Kita juga tahu bahwa mobil-listrik semakin populer. Itu artinya di masa depan, kita mungkin saja akan memerlukan alat-alat charger mobile listrik yang support kecepatan pengisian daya yang tinggi atau bahkan lebih mudah digunakan dan menyesuaikan diri dengan kendaraan baru tersebut. Dengan demikian, memasang charger hp di mobil masa dengan ini akan sedikit-demi sedikit menghambat perkembangan-pertumbuhan teknologi yang ditawarkan oleh perusahaan.

Penjelasan Cara Memasang Charger Hp Di Mobil

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan memasang charger di mobil, bagaimana caranya?

No
Jenis Charger
Cara Pemasangan
1
Charger Mobil Berbentuk USB
Kolokkan charger tersebut ke colokan USB yang tersedia di mobil. Kemudian hubungkan kabel charger ke smartphone atau perangkat gadget yang ingin di-charge
2
Charger Mobil Berbentuk Cigarette Lighter
Colokkan charger tersebut ke colokan cigarette lighter yang tersedia di mobil oputlet atau port mobil. Kemudian hubungkan kabel charger ke smartphone atau perangkat gadget yang ingin di-charge
3
Charger Mobil Berbentuk Wireless
Gantikan cover smartphone dengan casing yang mendukung fasilitas wireless charging, kemudian letakkan smartphone tersebut di charging dock yang sudah tersedia di mobil.

FAQ

Bagaimana cara memilih charger yang tepat untuk Hp saya?

Sebaiknya, kamu memeriksa buku manual atau website resmi dari penghasil Hp kamu. Dapatkan informasi tentang daya listrik, arus dan voltmeter. Kemudian, kamu dapat membeli charger yang disertai dengan informasi daya, arus dan voltmeter.

Apakah bisa charger hp yang ada di mobil merusak Hp kami?

Apabila digunakan sesuai dengan petunjuk yang benar, tentu saja tidak. Namun, jika ada kerusakan pada kabel Pd atau charger hp, maka dapat memberikan pengaruh negatif pada Hp kamu atau bahkan merusak smartphone tersebut. Oleh karena itu, pastikan agar kabel Pd dan charger hp bekerja dengan baik dan tidak merusak perangkat yang akan di-charge.

Apakah charger Hp mobil hanya digunakan dalam mobil?

Bisa digunakan di rumah, hanya saja kamu harus membeli inverter yang akan menkonversi arus yang dikeluarkan listrik di rumah menjadi 12V, yang sesuai dengan kebutuhan charger mobil pada umumnya

Apakah charger Hp mobil berpengaruh pada aki dan kelistrikan mobil?

Tidak akan merusak aki dan kelistrikan mobil. Charger Hp mobil pada umumnya didesain tidak mengganggu alat dalam mobil. Meskipun tenaga/ voltase listrik pada mobil lebih kecil dari yang dihasilkan pada rumah, kabel Pd dan charger hp hanya merequest sumber listrik saja sama seperti dengan perangkat mobile di rumah.

Bagaimana jika saya kehabisan baterai Hp saat berkendara?

Jika kamu sedang berkendara jangan pernah memperhatikan Hp, baik itu menerima telepon atau memilih lagu yang akan kamu dengarkan pada gadget. Tetaplah fokus pada perjalanan untuk memastikan keselamatan kamu yang lebih penting. Carilah tempat yang aman dan tepat untuk berhenti dan melihat sumber listriknya diploki atau tidak dan mengisi daya Hp.

Apakah charger mobil dapat cair atau meleleh terkena sinar matahari?

Jika casing pada charger terbuat dari plastik, maka kemungkinan bisa meleleh jika terkena sinar matahari yang panas dan terkena paparan sinar matahari dalam waktu lama. Oleh karena itu, lebih baik letakkan charger hp di tempat yang aman di dalam mobil.

Apakah charger mobil memiliki pengisian cepat?

Selain beberapa jenis mobil tertentu, jenis charger mobil pada umumnya memiliki daya pengisian yang lebih kuat dibandingkan dengan jenis charger lainnya. Namun, kemampuan pengisian cepat yang lebih tinggi tentu terbatas pada jenis dan tipe charger mobil terbaru yang hadir dalam waktu dekat ini.

Apakah charger mobil bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain selain ponsel?

Bisa. Namun, hal ini sangat tergantung pada jenis port dan jenis charger mobil yang kamu gunakan. Beberapa jenis port charger mobil yang bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain antara lain, socket USB ataupun jenis port charger lainnya

Bagaimana cara memasang charger dengan aman?

Berikut adalah beberapa tips untuk memasang charger mobil dengan aman:

  1. Cara terbaik untuk memasang charger di mobil adalah dengan memilih jenis charger yang sesuai dengan kebutuhan Hp kamu dan type mobil kamu
  2. Jangan memasang atau menggunakan kabel Pd yang bermasalah, jika tampak kabel Pd kamu ambrol, sobek atau ada konsletnya, segera perbaiki