Yamaha Siapkan Motor Sport Baru Penantang Honda CBR650F

motor yamaha mesin 600 cc penantang honda cbr650f

OTOSEMI.com- Pabrikan Yamaha Sedang Dalam Fase Menyiapkan Sosok Motor Sport 600 cc Guna Menyaingi Sang Honda CBR650F. Ternyata pasaran motor sport kini bukan hanya di wilayah Indonesia saja melainkan juga masuk ke negara Hindustan, India. Bahkan sosok motor sport di sana sudah banyak yang beredar dengan mengusung kubikasi mesin yang terbilang cukup besar termasuk juga deretan motor gede ala Honda. Salah satunya motor gede beraroma sporty yang semakin di gemari oleh masyarakat India ialah varian Honda CBR650F. Merasa tidak ingin dikalahkan dari Honda, pabrikan berlambang garpu tala yakni Yamaha kini telah menyiapkan motor sport terbaru yang bakal melawan Honda CBR650F.

Hal ini sesuai pemberitaan yang telah di lansir oleh Motorbeam mengatakan Yamaha memiliki rencana dalam kurun waktu beberapa hari ke depan untuk segera meluncurkan motor sport kelas high-end, motor baru yang di maksudkan yaitu Yamaha FZ6R. Mengingat peluncuran motor sport Seri FZ6R ini akan mengikuti jejak sang Yamaha R3 yang sudah terlebih dahulu masuk pasaran motor India pada beberapa waktu lalu.

Selain itu juga mulai kini para produsen besar sepeda motor dunia sedang berlomba-lomba meluncurkan model motor sport yang nantinya akan mengisi deretan segmen sport berkapasitas mesin yang lebih besar. Inovasi yang di ciptakan ini tak lain memiliki tujuan dimana pabrikan sepeda motor ingin menyasar konsumen kelas menengah, agar mampu beralih ke sepeda motor yang mempunyai peforma mesin yang lebih baik dan gahar untuk menunjang aktifitas berkendara yang nyaman dan aman.

Untuk dapur pacu sendiri sang Yamaha FZ6R ini akan memakai mesin kapasitas 600 cc liquid cooled yang memiliki output tenaga bisa mencapai 77,5 PS pada 10.000 rpm serta torsi maksimal sebesar 59,7 Nm pada 9.000 rpm. Perlu anda ketahui bahwa motor sport 600 cc terbaru dari Yamaha ini di produksi untuk memenuhi permintaan pasaran akan hal motor sport tourer premium dan setelah peluncuran resminya nanti bukan tidak mungkin akan membendung dominasi Honda CBR650F yang telah melandas dahulu ke pasar motor India.

Bahkan Yamaha India optimis penjualan sepeda motor premium beraroma sporty ini akan segera melonjak dratis dalam kurun waktu dua hingga tiga tahun mendatang, selain itu pula faktor pendukung lainnya yakni tingginya permintaan pasar. Dengan begitu membuat penjualan merek Yamaha akan semakin bagus yang bisa mempengaruhi sisi bisnisnya menjadi lebih sukses dari sebelumnya.

Hal itupun mengingat pasar otomotif di India kini semakin potensial sekali yang membuat pabrikan motor berbondong-bondong menawarkan produk baru mereka meski pada dasarnya sosok pabrikan Bajaj Auto yang menjadi “tuan rumah” masih mendominasi sepenuhnya di sana. Namun Bajaj Auto untuk saat ini hanya mendominasi segmen low-end saja, ini artinya peluang besar menyasar kelas high-end begitu di manfaatkan sekali oleh pihak Yamaha maupun Honda dengan mengeluarkan motor ber-cc besar.

Sebagai informasi tambahan mengenai Yamaha FZ6R ini pihaknya akan mendatangkannya ke India dalam produksi lebih memilih secara CKD (Completely Knocked Down) ketimbang CBU (Completely Built Up). Cara yang dipergunakan oleh Yamaha ini bertujuan untuk lebih menekan biaya produksi motor FZ6R sebab Yamaha secara langsung merakit motor sport besar ini di India. Sementara itu cara ini memang merupakan salah satu strategi pasar Yamaha dalam hal menghindari bea masuk yang cukup tinggi yang telah berlaku ditetapkan oleh pemerintahan India.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*