Tips Sederhana Membedakan Suku Cadang Asli Atau Palsu !

Tips Mudah Membedakan Suku Cadang Asli atau Palsu Paling Mudah
Img Source : otonity.com

Tips Sederhana Membedakan Suku Cadang Asli Atau Palsu – Para pengguna sepeda motor atau mobil biasanya disarankan untuk melakukan penggantian suku cadang asli atau melakukan service pada dealer resmi karena sudah tentu terjamin kualitasnya. Selain itu juga terjamin untuk keaslian produk. Bahkan juga mendapatkan garansi apabila suatu saat mengalami kerusakan bisa untuk kembali diperbaiki. Namun biasanya pemilik sepeda motor/mobil lebih memilih untuk mengganti suku cadang dengan mendatangi dealer biasa dengan alasan karena harganya yang lebih murah dan terjangkau tanpa memperhatikan suku cadang asli atau palsu.

Biasanya para produsen melakukan hal yang curang seperti memproduksi suku cadang yang palsu dengan kualitas yang rendah. Namun tetap memasang emblem dari pabrikan resmi sehingga terlihat seperti suku cadang asli. Namun para konsumen atau pemilik kendaraan kurang menyadari akan hal tersebut sehingga mereka lah yang sering menjadi korban. Memang kelihatan sulit untuk membedakan suku cadang asli atau palsu namun bisa dilihat dari segi harga, bentuk kemasannya maupun garansi dari produk suku cadang tersebut. Agar anda tidak salah memilih, inilah beberapa Tips Sederhana Membedakan Suku Cadang Asli Atau palsu :

Tips Mudah Ketahui Suku Cadang Asli dengan yang Palsu

1. Harga

Ciri-ciri yang pertama yaitu harga. Seperti yang kita tahu harga dari suku cadang asli yang dijual pada dealer resmi biasanya tergolong lebih mahal jika dibandingkan dengan suku cadang palsu. Namun suku cadang asli terjamin kualitasnya sehingga ketika digunakan pada kendaraan akan terjamin kenyamanan dan keamanannya.

2. Kemasan

Ciri-ciri yang kedua yaitu kemasan. Untuk membedakan dari segi kemasan, biasanya suku cadang asli kemasan atau bungkusnya dilengkapi dengan tanda hologram khusus yang timbul sehingga sulit untuk ditiru. Dan untuk suku cadang palsu pada kemasan juga terdapat tanda hologram namun tidak timbul seperti yang asli dan terlihat lebih simple.

3. Garansi

Ciri-ciri berikutnya yaitu garansi. Biasanya garansi suku cadang asli diberikan oleh pihak produsen kendaraan tersebut, sedangkan suku cadang palsu diberikan dari toko penjualnya sendiri.

4. Kualitas Komponen

Ciri-ciri yang terakhir yaitu kualitas komponen. Jika dilihat dari kualitas komponen jelas berbeda, suku cadang asli kualitasnya lebih terjamin dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tidak sering mengalami kerusakan. Sedangkan suku cadang palsu memiliki kualitas yang tidak terjamin sehingga jika digunakan tidak akan menjamin lamanya dan sering mengalami kerusakan. Inilah yang kerap menjadi momok para pembeli suku cadang palsu yang inginya mengirit biaya pembelian malah pengeluaran biayanya lebih banyak, karena kesalahan mereka sendiri.

Solusi Untuk Pembelian Suku Cadang Kendaraan

Maka dari itu pemilik kendaraan motor/mobil disarankan untuk mengganti suku cadang pada dealer resmi. Memang jika dilihat dari segi harga suku cadang asli jauh lebih mahal dibandingkan dengan suku cadang palsu murah meriah. Namun untuk suku cadang asli kualitasnya terjamin dan tidak diragukan untuk keamanan dan kenyamannya serta Anda akan mendapatkan garansi sehingga jika suatu saat mengalami kerusakan akan segera kembali diperbaiki.

Baca juga : Trick Jitu Memilih Jenis Velg Motor Bekas Yang Masih Berkualitas.

Namun kebanyakan konsumen kurang menyadari akan pentingnya hal tersebut, mereka lebih memburu barang-barang yang murah tanpa memperhatikan kualitas produk dan kenyamanan saat digunakan. Setelah mengalami kerusakan mendadak baru sadar bahwa barang suku cadang palsu yang murahan tidak terjamin kualitasnya. Itulah yang biasanya menjadi pembelajaran bagi mereka yang sedang mencari suku cadang untuk keperluan kendaraan yang kini sedang rusak.

Cukup disayangkan sekali hingga saat ini pula juga masih ada masyarakat Indonesia yang kurang begitu peduli akan hal membeli barang suku cadang asli yang sudah terjamin kualitas dan kuantitasnya. Penyebab utamanya tak lain ialah lebih memilih barang yang lebih murah namun tidak memperhatikan kualitasnya. Adapun beberapa komponen suku cadang / aksesoris motor palsu yang kerap ditemui di pasaran antara lain kampas rem, busi, oli atau pelumas, velg, rantai, ban dan gear.

Bagikan Yuk :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*



*