Tips and Trick Jaga Performa Cat Mobil Anda

Ketahui bagaimana cara menjaga cat mobil agar awet

Dengan semakin berkembangnya zaman, mobil kini seolah bukan lagi merupakan barang mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan elite saja, hampir semua lapisan masyarakat memilikinya. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya, mobil sudah menjamur dimana-mana. Tentu saja, para pemilik kendaraan yang multi fungsi tersebut selalu menginginkan agar tampilan luarnya tetap bersih, mengkilat dan warnanya tak pudar. Untuk itu, dibutuhkan tips menjaga cat mobil untuk menjaga kemulusan body luarnya.

Layaknya cat tembok atau cat besi biasa, cat mobil sebenarnya juga bisa dibilang rentan mengelupas, pudar, dan berbagai jenis masalah cat lainnya yang umum dijumpai. Apalagi mengingat mobil digunakan untuk berkendara dan bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Bukan hanya terik, hujan, namun debu dan polusi pun bisa menempel dan menyebabkan cat mobil Anda memudar dan sebagainya. Nah, langsung saja yuk kita simak tips menjaga cat kendaraan roda empat agar tampilannya tetap cantik sepanjang waktu berikut ini!

  • Hindari dari paparan Sinar UV yang berlebihan

Tips menjaga cat kendaraan yang pertama bisa Anda lakukan adalah menghindari memarkir mobil di tempat yang panas. Ini akan menyebabkan cat mobil terkena sinar UV matahari secara langsung. Bukan hanya kulit manusia saja yang butuh perlingdungan dari sinar UV, cat mobil pun warnanya bisa memudar dan nantinya akan mudah mengelupas jika terlalu sering diparkir di tempat yang panas.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mencari tempat parker mobil yang tidak terlalu panas atau di bawah pohon untuk menghindari masalah yang satu ini. Jika memang sulit dirasa untuk mencari tempat yang teduh, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan sarung mobil atau jenis penutup mobil lainnya.

Ads
  • Gunakan shampoo atau sabun khusus mobil saat mencuci

Untuk menjaga warna cat mobil kesayangan Anda tetap senantiasa awet dan tak pudar, Anda bisa coba mencari shampoo dan atau sabun khusus untuk mobil dengan tambahan ekstra dapat merawat warna cat mobil Anda. Gunakanlah shampoo atau sabun tersebut saat “memandikan” si kesayangan Anda. Ini karena shampoo atau sabun tersebut memiliki bahan kimia yang dibutuhkan untuk menjaga cat mobil dengan takaran atau jumlah yang pas.

Hindari menggunakan sabun cuci atau sabun colek saat membersihkan mobil Anda. Memang sih, busa yang dihasilkan lebih banyak namun jika dilakukan terus menerus akan mengakibatkan body mobil menjadi kasar dan permukaannya tidak rata karena cat yang mengikis akibat zat terkandung pada sabun cuci maupun sabun colek biasa.

Bagiamana Sobat Oto? Tak sulit bukan menjaga cat mobil kesayangan Anda. Jangan lupa pula untuk menggunakan kain atau lap yang halus ya saat mencucinya. Pilihan lain, Anda bisa menggunakan sponge untuk “memandikannya”. Sekian dulu, semoga tips menjaga cat mobil ini bermanfaat untuk Anda semua. Salam otomotif! Baca juga tips menarik lainnya :

Ads

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*