Menghadapi Banjir dengan Mudah di Jalan

OTOSEMI.com- Cara Menghadapi Banjir di Jalanan. Menghadapi banjir saat musim hujan ini memang menjadi hal serius yang perlu di tangani, sebab pada kondisi ini biasanya mempersulit anda dalam berkendara bahkan bisa jadi membuat pandangan anda, ini lebih mengalami kondisi yang menurun saat memandang jalanan di depan.

Di penghujung akhir tahun ini sekitar bulan Agustus sampai Januari tahun mendatang ini memasuki musim penghujan.  Di mana musim hujan ini akan identik dengan turunnya hujan yang bergantian di wilayah besar Indonesia ini tentunya. Bahkan ada pula di beberapa daerah ini mengalami musim hujan yang lebat yang banyak menimbulkan banjir, tanah longsor, jalanan tergenang air dan lain sebagainya.

Sebab di daerah terutama perkotaan besar hasil resapan air saat hujan ini cukup terbilang buruk karena banyak bangunan gedung tinggi dan pembuatan resapan air yang kurang memadahi. Bahkan hampir tidak menggunakan resapan air sehingga banyak perumahan yang tergenang air, dan selokan di samping jalan banyak sampah yang menyumbat itupun bisa mengakibatkan jalanan pula tergenang air yang berakibat pada pengguna jalan menjadi terganggu.

Baca juga : Tips Menghindari Kecelakaan di Jalan Raya.

Dan saat itu terjadi bahkan dengan genangan air yang cukup tinggi ini akan menimbulkan arus di jalan yang mancet bahkan sangat terganggu sekali. Apabila nekat menerjang pun bisa berakibat kendaraan anda mancet di tengah genangan air yang ada, sehingga kondisi ini anda perlu berhati-hati dalam mengendarai sebuah kendaraan roda empat atau roda dua ini dengan perlahan-lahan membawanya.

Ads

Sebaiknya pula saat melewati ini hanya bisa pada kendaraan roda empat yang memiliki ukuran dimensi yang tinggi dari jalanan, mobil ini seperti varian truck, bus, mobil tipe off-road 4×4, mobil tipe SUV, dan pada motor ini terdapat pada varian motor naked bike, street fighter, motor trail. Beberapa varian tersebut ini memang terkadang lacar bahkan aman saja melewati genangan air pada jalanan sebab varian tersebut ini memiliki tingkat ground clerance yang tinggi. Namun bagi kendaraan yang seperti tipe sedan, dan motor matic pun perlu memperhatikan hal sebagai berikut :

Pertama anda memastikan terlebih dahulu apakah kendaraan anda ini dapat di pastikan melewati genagan air yang ada di depannya ini apa tidak, Dan cara selanjutnya ini lebihlah berhati-hati dalam mengendarainya. Paling penting ini pada tingkat kecepatan mobil anda perlu mengegas atau menginjak pedal gas dalam kondisi stabil kecepatan hindari tingkat rpm yang rendah, sebab hal ini akan menjadi kendaraan anda mancet karena air bisa saja masuk ke ruang bakar melalui sela-sela grill bumper dan pada bagian belakang ini terdapat pada knalpot.

Kedua yakni selalu atur jarak dengan kendaraan yang ada di depan anda setidaknya jaraknya ibarat 2 buah mobil, sehingga apabila terjadi apa-apa pada kendaraan di depan anda bisa langsung merespon tidakannya. Dan apabila anda berhasil melewati genangan air tersebut segeralah menepi di pinggir jalan dengan kondisi mesin tetap menyala, hal ini bisa memungkinkan air yang telah masuk dalam mobil anda ini bisa segera keluar, dan terlebih cek dahulu kondisi rem anda apa tetap pada kondisi yang baik.

Ketiga ini yakni jika anda sudah hafal akan jalan yang akan anda lewati sebaiknya hindari rute jalan yang selalu tergenang air saat hujan, dan hindari juga jalanan yang berlubang pastinya agar tidak terjadi hal yang merugikan anda. Namun perlu di perhatikan juga bila kendaraan yang anda pakai tersebut kemungkinan besar tidak bisa menerjang genangan air itu sebaiknya anda menggunaka jalan lain.

Ads

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*