Lengkap! Perhitungan Biaya Balik Nama Motor dan Langkah-Langkahnya

Cara Mudah Lakukan Prosedur BBN-KB

Cara Mudah Membayar Biaya Balik Nama (BBN)

Zaman sekarang, kebutuhan atas kendaraan untuk mencapai destinasi seolah sudah menjadi kebutuhan primer yang tak bisa begitu saja di abaikan. Mengingat hal tersebut, bukan hanya produsen yang berusaha memanfaatkan kesempatan pasar namun juga para reseller yang menjual kendaraan bekas. Ya, banyaknya reseller inilah yang kemudian mulai dilirik masyarakat sebagai alternative untuk membeli kendaraan dengan harga miring namun dengan kualitas sesuai dengan yang kita inginkan. Bagi Anda yang berpikir untuk membeli kendaraan bekas roda dua, ada hal yang perlu Anda ketahui yakni tentang biaya balik nama. Perhitungan biaya balik nama hanya akan terjadi pada pembelian kendaraan second hand atau bekas saja.

Seperti namanya, balik nama merupakan kegiatan berbadan hukum yang harus dilakukan oleh buyer (pembeli) untuk memindah nama ke pemilikan dan kuasa penuh atas kendaraan dari pemilik pertama ke pemilik kedua. Mengapa harus memikirkan balik nama sejak sekarang? Sebab, akan sangat merepotkan jika Anda para pembeli kendaraan second untuk meminjam KTP (tanda pengenal lain) dari pemilik sebelumnya. Apa saja yang harus dibalik nama? Dalam hal ini, yang perlu diperhatikan adalah surat-surat penting seperti BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

Berikut ini informasi penting mengenai balik nama motor termasuk balik nama BPKB yang harus Anda perhatikan. Jangan lewatkan, ya!

Perhitungan Biaya Balik Nama Motor

Jika Anda menginginkan untuk melakukan balik nama atas kendaraan roda dua Anda, ada dua jenis biaya yang harus dibayar. Berikut ini rinciannya:

1. Biaya Pajak

Biaya yang wajib Anda bayar adalah biaya pajak. Biaya ini akan tertera di STNK sesaat sesudah proses balik nama STNK selesai. Perhatikan STNK yang akan dibalik nama. Berbeda dengan kolom yang terisi saat melakukan perpanjangan STNK (kolom PKB dan SWDKLLJ), jika Anda balik nama, semua kolom akan terisi kecuali untuk kolom Biaya Adm. TNKB (Administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) jika balik nama bertepatan dengan jatuh tempo TNKB. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan perkiraannya berikut ini:

  • BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)

Jumlah biaya BBN KB bergantung pada besarnya PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) yang dibayar di tahun sebelumnya. Anda bisa menghitungnya dengan rumus: BBN KB= 2/3 X PKB

Besaran jumlah PKB biasanya tetap, tidak berubah dari tahun ke tahun. Jika berubah, kecenderungan akan turun sejalan dengan makin bertambahnya usia kendaraan. Biaya PKB pada tahun sebelumnya ini bisa dijadikan acuan untuk biaya PKB. Sekedar info saja, selain dengan cara tersebut, PKB biasanya 1,5% dari nilai jual motor.

  • SWDKLJJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan)

Biaya SWDKLJJ dalam STNK motor juga akan dikenakan yakni sebesar Rp. 35.000,-

  • Biaya Adm. SNTK

Besaran biaya administrasi STNK untuk kendaraan roda dua yakni sebesar Rp. 50.000,-

  • Biaya Adm. TNKB (Administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor)

Biaya administrasi TNKB untuk kendaraan roda dua yakni sebesar Rp. 30.000,-

Biar lebih mudah dimengerti, yuk perhatikan percobaan perhitungan biaya pajak motor berikut ini:

Misalnya, PKB yang sudah tertera pada STNK yakni sebesar Rp. 500.000,-

Maka biaya pajak yang harus Anda keluarkan adalah:

– Biaya BBN KB: 2/3 X PKB (Rp. 500.000)= Rp. 333.333,-

– Biaya PKB: Rp. 500.000,-

– Biaya SWDKLLJ: Rp. 35.000,-

– Biaya Adm. STNK: Rp. 50.000,-

Total Biaya: Rp. 918.333,-

Total biaya tersebut merupakan jumlah pajak saja, belum termasuk dengan denda keterlambatan bayar, jika ada.

2. Biaya Luar Pajak

Selain biaya pajak yang dikenakan, Anda juga perlu memperhatikan biaya di luar pajak yang sudah ada dalam STNK yang mencakup:

  • Pengesahan Hasil cek fisik kendaraan yakni sebesar Rp. 30.000,-
  • Pendaftaran untuk balik nama BPKB yakni sebesar Rp. 80.000,-
  • Tip untuk petugas yang melakukan cek fisik yakni bersifat sukarela (Rp. 20.000,-)
  • Pendaftaran untuk balik nama STNK yakni sebesar Rp. 30.000,-

Total Biaya: Rp. 160.000,-

Itulah biaya-biaya yang harus dibayar bagi Anda yang hendak melakukan ganti nama pada dokumen kendaraan bermotor second hand yang baru dibeli. Selain biaya yang harus Anda perhatikan, prosedur dan langkah-langkah melakukan balik nama STNK dan BPKB juga sangat penting. Berikut ini informasinya untuk Anda.

BPKB MOTORProsedur dan Langkah Melakukan Balik Nama STNK

Pertama-tama, Anda harus menyiapkan dokumen berikut ini:

  1. STNK asli dan fotokopi 1 lembar
  2. BPKB asli dan fotokopi 1 lembar
  3. KTP pemilik baru yang asli da fotokopi 1 lembar
  4. Kwitansi pembelian motor yang sah secara hukum (dilengkapi dengan materai)

Berikut ini prosedur yang harus Anda lalui:

  • Datang ke SAMSAT

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah menyiapkan persyaratan dokumen adalah pergi ke SAMSAT (Sistem Manunggal Satu Atap) terdekat. Jangan lupa untuk membawa serta persyaratan dokumen yang sudah Anda siapkan tadi (STNK asli dan fotokopi, KTP pemilik baru asli dan fotokopi, serta BPKB asli dan fotokopi). Semuanya dijadikan dalam satu bundle (disteples) kecuali kwitansi pembelian motor yang dilengkapi dengan materai.

  • Melakukan Tes Fisik

Setelah melakukan pendaftaran administrasi di SAMSAT, langkah selanjutnya adalah melakukan tes fisik kendaraan. Cek fisik kendaraan ini bertujuan untuk mendapatkan gesek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Kendaraan. Hasil dari cek fisik oleh petugas ini bersama dengan kelengkapan dokumen akan disetorkan ke loket pengesahan cek fisik khusus Balik Nama (Tukar Nama). Pada loket ini Anda bisa membayar biaya pengesahan cek fisik. Setelah itu, petugas terkait akan menyerahkan kembali dokumen yang telah di validasi pada Anda. Nah, hasil tes fisik yang sudah valid tersebut bersama kwitansi pembelian yang sudah difotokopi dan kemudian jangan lupa untuk disimpan karena selanjutnya akan dipakai pada waktu mengurus balik nama BPKB di POLDA setempat.

  • Pendaftaran Balik Nama

Langkah selanjutnya yakni melakukan pendaftaran balik nama di loket Pendaftaran Balik Nama di SAMSAT. Berkas yang harus disiapkan diantaranya STNK, KTP, BPKB (baik yang asli dan hasil fotokopi, hasil cek fisik yang sudah valid, dan kwitansi pembelian yang sah secara hukum dengan materai 6,000. Setelah petugas mengecek kelengkapan persyaratan dokumen, Anda akan diberi form untuk diisi yang selanjutnya akan dikumpulkan beserta berkas dokumen yang sudah disiapkan. Anda akan menerima lampiran yang menyatakan bahwa berkas Anda sedang diproses sedangkan dokumen surat yang asli serta KTP asli akan dikembalikan. Kemudian, Anda akan diminta untuk membayar biaya balik nama sesuai dengan perhitungan biaya balik nama yang tertera di atas. Jangan lupa untuk menanyakan pada petugas kapan berkas akan siap diambil. Estimasi biasanya 2 hingga 5 hari kerja.




Catatan Biaya Balik NamaProsedur dan Langkah Melakukan Balik Nama BPKB

Setelah melakukan balik nama STNK, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah datang ke POLDA setempat untuk melakukan balik nama BPKB. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lalui saat di POLDA:

  • Datangke POLDA

Pada saat Anda pergi ke POLDA, jangan lupa untuk membawa berkas persyaratan yang sudah Anda siapkan sebelumnya, yakni:

  1. Foto kopi BPKB dan STNK.
  2. Foto kopi KTP.
  3. Foto kopi hasil pengecekan fisik yang sudah divalidasi.
  4. Foto kopi kwitansi pembelian motor di atas materai 6,000.
  5. BPKB asli.
  • MelakukanPembayaran di Loket Bank

Pada saat di POLDA, petugas akan memberikan nomor antrean dan formulir untuk diisi. Setelah itu, petugas juga akan melakukan pemeriksaan kelengkapan berkas. Jika semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap, maka Anda akan diberikan struk tanda pembayaran yang dirujuk ke bank. Kemudian, lakukanlah biaya kurang lebih sebesar Rp. 80.000,- untuk motor. Setelah melakukan pembayaran di bank, petugas bank akan memberikan slip bukti setor pembayaran dan stiker khusus yang selanjutnya akan ditempelkan pada formulir pendaftaran.

  • Isi Formulir Pendaftaran BBN BPKB

Setelah proses pembayaran di bank lunas, isilah formulir pendaftaran dengan data yang sesuai dengan data motor yang bersangkutan. Jika semua poin formulir sudah terisi lengkap, kemudian temple stiker yang sudah Anda dapat dari bank sebagai bukti bahwa Anda sudah melakukan pembayaran.

  • Penyerahan Berkas Persyaratan & Formulir

Setelah form sudah terisi dan sticker sudah ditempel, tunggulah petugas memanggil nomor antrean yang Anda dapat sebelumnya. Kemudian, kumpulkan berkas-berkas dan formulir kepada petugas yang bersangkutan. Dari sini, petugas akan memberikan tanda terima pada Anda untuk selanjutnya akan dibuatkan tanda bukti bahwa BPKB motor Anda sudah terdaftar dan bukti bahwa kendaraan bermotor Anda sedang dalam proses balik nama. Pada tanda terima tersebut, Anda juga bisa melihat tanggal berapa BPKB Anda akan selesai diproses.

Baca juga : Cara Mudah Hitung Denda Telat Bayar Pajak Kendaraan.

Itulah serentetan kegiatan mengenai proses dan biaya balik nama untuk kendaraan roda dua. Jangan lupa untuk membawa tanda terima serta fotokopi KTP Anda , ya, saat pengambilan BPKB ke POLDA. Untuk langkahnya, pertama jangan lupa untuk ambil nomor antrean terlebih dahulu, sebab kalau tidak Anda dipastikan akan menunggu lama karena sudah ramai. Kedua, serahkan tanda terima dan fotokopi KTP saat nama antrean dipanggil. Kemudian, ketika petugas melakukan pengecekan tanda terima dan KTP, pastikan BPKB sudah ada di tangan Anda. Mengurus balik nama memang gampang-gampang susah, perlu kesiapan, kesabaran dan ketelitian. Semoga informasi mengenai perhitungan biaya balik nama dan alur pengurusan pergantian nama STNK dan BPKB ini bermanfaat untuk Anda!

43 Comments

  1. Admin saya motor jupiter Z – CW tahun pembuatan 2010.
    Sejak 17 maret 2015 sampai tahun 2016 belum membayar pajak. Sementara plat nomor genap.5 tahun jatuh di 17 maret 2016.
    PKB Rp.169.500
    SWDKLLJ Rp. 35.000
    Berapa kah denda pajak saya, administrasi ganti plat dan estimasi.biaya semua ??

  2. Mobil pajak trkhir maret 2013 boz,,,pkb 900.000,,,skwdl 143.000,,,skalian mutasi dr kodya ke kab..habis brapa boz nggih..trmkasih.

  3. Admin kalau motor mx 135cc, buatan tahun 2010.
    Pajak stnk 19 juli 2015
    Plat nomer Udh expired Dari 07-15
    PKB 232.000
    SWDKLLJ 67.000
    Dan biaya balik nama bpkb, stnk.
    Itu kena biayanya brp ya min Kalo Mau ngurus skrng?

  4. Motor Ninja 150 RR Tahun Pembuatan 2009
    PKB : 539.000
    SWDKLLJ : 67.000
    Plat Nomor exp: 28.05.13
    STNK :28.05.2014

    Berapa pajaknya ya ?

  5. Om mau nanya saya kn beli motor di Bali plat DK
    rumah saya d Lombok plat (DR) mau balik nama sama plat
    apa bisa kita ngurus d kantor Samsat yg di Lombok ja? biar gk nyebrang k Bali gtu

  6. bang saya mau tanya kan saya punya motor beat atas nama orng purwakarta tapi saya mau balik nama atas nama saya,tpi ktp saya tasikmalaya apa bisa d samsat purwakarta balik namanya ?

  7. tidak bisa harus sesuai wilayah plat nomer misal bekasi ya di bekasi dulu setelah itu mutasi keluar ke tangerang

  8. Mas saya kan mw balik nama bulan desember ini, tapi saya sudah bayar pajak perpanjang stnk di bulan oktober, apa saya waktu proses balik nama harus bayar pajak stnk lgi atau tidak mas?

  9. mohon bantuan, saya balik nama n mutasi kendaraan dari jakut ke surabaya
    masukkan berkas pertama ditolak karena tidak adanya faktur, akhirnya kembali lagi ke polda metro untuk mengurus surat pengganti arsip & berita acara, selesai 2 minggu saya bawa masukkan lagi ke polda jatim, ternayata ditolak lagi karena katanya faktur stnk ndak ada, jadi bingung, apalagi itu yg dimaksud dengan faktur stnk? mohon pencerahannya, trims

  10. Faktur atau bukti pembelian motor biasanya diberikan pada saat seseorang membeli motor baru dari perusahaan penjual motor.

  11. Mas saya mau ubah warna motor , motor say ninja rr keluaran tahun 2013 , pajak bru di bayar bulan November kemarin .
    Kira2 brpa biaya pembuatan Stnk dan Bpkb bru ?

  12. Mas, saya mau tanya, saya mau byr pajak stnk, platnya ganti Januari 2017, almt rmh di KTP saya berubah, dulunya di Banjar baru , sekarang di Martapura, almt di STNK di Banjarbaru, apakah masih bisa ngurusnya di Samsat Banjarbaru.

  13. tidak bisa karena sudah berganti alamat KTP nya serta tempat tinggal Anda, Jadi solusinya harus mutasi keluar terlebih dahulu dari Banjar Baru ke Martapura setelah itu baru ngurus pajak STNK dan ganti plat di Martapura.

  14. Ka mau nnya, kan abis pajak saya tgl 19 januari ,tp saya pengen bbn bpkbnya dlu, apakah bisa bbn dlu atw bayar pjak stnknya dlu

  15. Berapa yah biaya nya Dr Bogor kota ke Jakarta selatan balik nama sekalian pajak jd berapa yah ? Ngurus nya gimana yah Karna sipemilik pertama tidak mau pinjami KTP-nya

  16. bagaimana caranya agar bisa balik nama dari jakarta selatan ke tangerang selatan, sementara ktp saya bukan dari keduanya. Sementara saya berdomisili di tangerang selatan?

  17. saya beli motor second 2012,
    tgl 21 januari 2017 sudah harus bayar pajak 5 tahunan,
    apakah saya bisa memperpanjang tanpa harus balik nama dg meminjam KTP pemilik sebelumnya,
    terimakasih sebelumnya

  18. om fajar bertanya :
    mobil, grand livina 2008,
    PKB : 1.815.000,
    swdkll : 143.000
    stnk expired : 20 juni 2015
    plat nmr exipred : 20 juni 2016,
    sekalian mau balik nama dr tanggerang ke domisili saya (jakarta)
    berapa kira2 total dana yg hrus sy siapkan ?
    mohon pencerahannya om fajar,.. terima kasih

  19. Selamat malam..saya mau tanya..saya punya motor honda beat dng no pol BxxxxBWD..jika saya mau balik nama bagaimana ya caranya..sedangkan KTP saya Jakarta Timur

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*