Inilah 9 Tips Ringan Menyalip Kendaraan Lain Ala Otosemi

9-cara-efektif-menyalip-kendaraan-lain-dengan-benar

Inilah 9 Tips Ringan Menyalip Kendaraan Lain- Menjadi pengguna jalan memang perlu mengetahui dasar-dasar mengemudi yang benar. Hal ini berlaku pada semua kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat yakni mobil. Salah satunya tata cara menyalip kendaraan lain. Bahkan ada yang beranggapan cara mengemudi mobil yang salah atau tidak handal bisa menjadi faktor pemicu keselamatan pengguna jalan lain.

Seperti contoh, ada sebuah mobil melaju dengan mengangkut kapasitas barang yang berlebihan. Padahal semua kendaraan tentu memiliki kapasitas angkut masing-masing. Bila mobil melebihi batas kapasitas angkut tentu akan membuat kinerja komponen seperti suspensi, ban, sistem pengereman dan kaki-kaki akan bekerja lebih alias di luar ambang normal. Dengan begitu pergerakan mobil akan sedikit lamban serta sangat susah dikendalikan khususnya saat mau mendahului kendaraan lain di jalanan.

Berikut ini 9 Tips Ringan Menyalip Kendaraan Lain dengan benar dan tidak merugikan pengendara lain di jalanan :

  1. Saat ingin menyalip kendaraan lain, usahakan memiliki selisih jarak satu meter dengan kendaraan yang akan disalip.
  2. Selalu gunakan klason maupun nyalakan lampu sein kanan sebagai petanda bagi pengguna jalan lain bahwa Anda ini akan menyalip.
  3. Jangan lupa posisikan kondisi jalan harus lengang baik dari arah depan maupun belakang, sebelum melakukan aktifitas menyalip kendaraan lain.
  4. Jangan gunakan gerakan zig-zag, karena bisa memberikan tekanan berlebih pada suspensi yang berakibat daya cengkeram ban menjadi berkurang banyak. Inilah yang sering dilakukan para pengemudi mobil, padahal cara gerakan zig-zag bisa membuat selip ban atau susah untuk dikontrol.
  5. Pastikan Anda menggunakan posisi gear yang tepat agar putaran mesin lebih halus.
  6. Hindari menghentakkan setir saat akan menyalip kendaraan lain, karena bisa berimbas kaki-kaki menjadi gangguan.
  7. Hindari menyalip kendaraan lain dengan lajur kiri, sebab lajur kiri akan membuat pandangan Anda ke depan sangat terbatas.
  8. Jangan sesekali menyalip di jalanan menanjak, di tikungan tajam, dan jembatan karena jarak pandang Anda ke depan terbatas.
  9. Bila Anda pernah menemui mobil di depan yang ingin menyalip namun menyalakan lampu sein kiri. Ini adalah sebuah petanda bahwa ada kendaraan di arah berlawanan sedang mendekat, atau bisa jadi kondisi jalan di depan tidak rata alias berlubang.

Baca juga : Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengemudi mobil.

Nah, itulah 9 Tips Ringan Menyalip Kendaraan Lain ala Otosemi yang benar dan tepat. Selalu ingat bahwa lalu lintas itu sangat kejam, bila anda tidak berhati-hati nanti Anda bisa celaka. Seperti contoh mengemudi ugal-ugalan dan menyalip kendaraan lain tanpa menghiraukan pengendara lain. Ini adalah salah satu pemicu terjadinya kecelakaan di jalanan. Maka dari itu waspadalah dan tetap fokus dalam berkendara. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sebagai pemula dalam mengemudikan mobil saat ingin menyalip kendaraan lain. Jangan lupa share yah.

Bagikan Yuk :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*



*