Inilah 4 Keuntungan Adanya Program SIM Online Terbaru

Inilah Kelebihan Program SIM Online Bagi Indonesia

Keunggulan Program SIM Online Indonesia Terbaru – Pemerintahan Indonesia kini semakin meningkatkan pelayanannya kepada publik luas dengan meluncurkan program terbaru. Program itu tak lain ialah rencana pelayanan SIM (Surat Izin Mengemudi) yang dibuat secara online. Sehingga tentunya lebih mudah dan praktis. Menurut Wakapolri Komjen Badrodin Haiti, rencana pelayanan SIM ini akan mulai beroperasi tahun ini meliputi proses perpanjangan dan pembuatan SIM baru secara online.

Daerah yang kini sudah terlebih dahulu menerapkan program SIM Online ini antara lain Surabaya dan Yogyakarta. Sedangkan daerah-daerah lain tentu akan segera di terapkan juga dalam waktu dekat. Diketahui bahwa SIM Online ini maksudnya ialah sekarang masyarakat bisa lebih mudah mengakses melalui aplikasi smartphone. Hal ini bisa terwujud berkat kerjasama antara Korlantas Polri dengan Bank BRI.

Untuk itu bagi yang bersangkutan cukup dengan membuka aplikasi tersebut, lalu memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) yang sudah tertera pada KTP. Kemudian yang bersangkutan akan melihat paduan untuk membuat SIM baru ataupun memperpanjang SIM mereka. Hadirnya program SIM Online ini tentunya langsung disambut positif oleh masyarakat, mengingat kepadatan rutinitas yang membuat terbatasnya waktu untuk datang ke SAMSAT terdekat. Apalagi sebagian banyak masyarakat telah memiliki smartphone dan tersambung ke internet.

Meski progam pelayanan SIM online ini menjadikan prosesnya lebih mudah, cepat dan nyaman. Tapi bagi mereka yang masih awam belum memiliki smartphone tentu akan menjadi kendala juga. Namun menurut Kepolisian Republik Indonesia, pihaknya sangat yakin progam terbaru ini akan sukses yang mana tentunya bisa membuat masyarakat lebih berfikir dewasa dalam menghadapi era modern yang semakin canggih.

Inilah 4 Keuntungan Diterapkannya Peraturan SIM Online :

1. Tidak perlu mondar mandir pulang kampung

Hal ini berlaku bagi mereka yang bekerja di luar daerah tempat tinggalnya. Sebab tentunya akan lebih sulit untuk mengurus perpanjangan SIM mengingat harus menyesuaikan daerah tempat tinggal asalnya. Maka kini melalui program SIM Online, masyarakat menjadi lebih mudah mengurusnya tinggal membuka aplikasi smartphone tersebut lalu datang ke samsat keliling dan selesailah SIM anda telah diperbaharui.

2. Tidak akan ada calo yang menawarkan jasanya

Hadirnya sistem online pengurusan SIM ini membuat para masyarakat lebih mudah dalam mengurusnya yang tanpa menggunakan jasa calo. Mengingat dengan jasa calo untuk mengurus perpanjangan SIM selain harganya mahal juga merugikan Anda.

3. Proses Mudah dan Cepat

Keuntungan program SIM Online lainnya ialah lebih mudah dan cepatnya dalam pengurusan SIM. Maka kita akan jauh dari hal ribet yang mana harus mengantri berjam-jam di SAMSAT terdekat. Dengan cara serba online alias tersambung ke jaringan internet ini anda hanya perlu menyediakan KTP. Gunanya untuk mengisi semua data formulir yang tertera di pelayanan SIM Online tersebut.

4. Terintegrasi Data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri

Dengan adanya sistem SIM Online tentu memberikan banyak sekali kelebihan, namun anda harus ingat bahwa pendaftaran SIM baru harus yang sudah memiliki KTP. Hal ini wajib karena nantinya SIM baru akan langsung terintegrasi dengan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri sehingga lebih jelas asal pemilik baru tersebut.

Penutup

Demikian ulasan mengenai 4 keuntungan Progam SIM Online yang baru-baru ini diterapkan oleh pemerintah. Semoga pelayanan online ini bisa berjalan dengan baik. Terlebih sangat bermanfaat bagi mereka yang sibuk terhadap pekerjaannya, sehingga peluang jasa calo mengurus SIM bisa semakin surut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*