Cara Pasang Speaker Aktif Di Mobil

Menambah Kenyamanan Di Mobil Dengan Pasang Speaker Aktif

Halo sobat Otosemi, saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin membaik, keperluan akan hiburan dalam mobil pun semakin meningkat. Salah satu hal yang patut diperhatikan dalam meningkatkan kenyamanan selama berkendara adalah dengan memasang sound system yang berkualitas di dalam mobil. Pasang speaker aktif di mobil menjadi salah satu pilihan yang bisa sobat Otosemi lakukan untuk meningkatkan kualitas audio dalam mobil. Speaker aktif di mobil ini memiliki sistem built-in amplifier yang menghasilkan suara yang lebih jernih dan lebih terukur. Namun, sebelum sobat Otosemi melakukan pemasangan speaker aktif ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Artikel ini akan membahas lengkap mengenai cara pasang speaker aktif di mobil. Yuk simak!

Kelebihan Pasang Speaker Aktif Di Mobil

Sebelum sobat Otosemi melakukan pemasangan speaker aktif di mobil ada baiknya mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari pemasangan speaker aktif di mobil. Dalam hal kelebihan, berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari memasang speaker aktif di mobil:

1. Suara menjadi lebih jernih

2. Menghasilkan suara yang besar dan bertenaga

3. Memiliki fitur EQ yang lebih banyak

4. Proses pemasangan speaker aktif lebih mudah dan praktis

5. Memberikan kualitas suara yang lebih baik dalam setiap genre musik

6. Memiliki banyak fitur tambahan seperti Bluetooth, NFC, dan USB yang dapat digunakan untuk menikmati musik dengan mudah.

7. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau sehingga mampu menjadi pilihan alternatif bagi sobat Otosemi yang ingin mendapatkan kualitas suara yang lebih baik dengan harga yang terjangkau.

Kekurangan Pasang Speaker Aktif Di Mobil

Selain kelebihan, pasang speaker aktif di mobil juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu sobat Otosemi perhatikan:

1. Menghasilkan suara yang cenderung lebih keras dan bising

2. Proteksi fitur pengamanan lebih rendah

3. Bahan pembuatan speaker aktif cenderung lebih mudah rusak akibat getaran

4. Dibutuhkan sumber daya listrik mobil untuk mengaktifkan speaker

5. Pemasangan atau pengaturan parameter perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak audio mobil.

6. Semakin banyak fitur tambahan semakin tinggi harga yang ditawarkan.

7. Berat speaker aktif di mobil lebih besar dibandingkan dengan speaker biasa sehingga ada beberapa mobil yang tidak memungkinkan untuk dipasangkan dengan speaker aktif buatan tertentu.

Persiapan Sebelum Pasang Speaker Aktif Di Mobil

Sebelum sobat Otosemi melakukan pemasangan, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan, antara lain:

1. Tentukan lokasi tempat pemasangan speaker aktif yang sesuai

2. Belilah speaker aktif yang sesuai dengan ukuran dan jenis mobil Anda. Sebelumnya, disarankan untuk memeriksa manual pengguna atau menghubungi produsen untuk memastikan jenis speaker aktif yang sesuai.

3. Siapkan tools dan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng, kunci pas, dan sebagainya.

4. Pastikan mobil dalam keadaan mati, dan kunci mobil sudah dikeluarkan untuk menghindari bahaya listrik saat pemasangan.

Cara Pasang Speaker Aktif Di Mobil

Berikut adalah cara pasang speaker aktif di mobil yang bisa sobat Otosemi lakukan dengan mudah dan aman:

1. Hapus Speaker Asli

Menghapus speaker asli adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan pemasangan speaker aktif. Caranya dengan melepas penjepit atau kawat dari speaker lama atau asn, melepas sekrup atau baut dari panel pintu, dan kemudian mengeluarkan speaker dengan hati-hati.

2. Hubungkan Kabel

Setelah speaker lama dihapus, hubungkan kabel pada bagian belakang dari speaker aktif yang akan dipasang. Pastikan kabel posisi positif ke plus kemudian negatif ke minus agar tidak merusak audio pada mobil.

3. Pasang Speaker Aktif

Pasang speaker aktif baru ke dalam lubang speaker di kendaraan Anda. Jangan lupa untuk memastikan pemasangan yang tepat dan kencang agar tidak mudah terlepas.

4. Hubungkan Kabel Power

Hubungkan kabel power dari speaker aktif ke unit head atau ke sumber daya listrik di mobil Anda. Hal ini bertujuan agar speaker aktif dapat diproses untuk mengekstrak energi listrik darinya.

5. Test Audio

Uji suara untuk memastikan semua koneksi benar dan berfungsi. Buka sumber audio mobile, Hidupkan speaker aktif dan atur suara semaksimal mungkin untuk mengoptimalkan kualitas suara. Pastikan juga EQ diatur dengan sebaik mungkin agar kualitas audio lebih baik.

6. Pasang dan Test Mobil

Setelah pemasangan dan pengaturan EQ, pasang kembali panel atau pintu mobil dengan memperhatikan penutupan atau pemasangan yang tepat. Kemudian test ulang audio mobil, dan perbaiki jika diperlukan.

7. Finishing

Setelah semua proses selesai dibutuhkan tahap finishing seperti mengecek tampilan agar sesuai dengan kriteria mobil Sobat Otosemi. Kemudian rapikan kabel dan tempatkan speaker aktif dalam posisi yang aman dan nyaman.

Tabel Informasi Sistem Audio Mobil

Jenis Speaker
Sensitivitas
Daya (watt)
Impedansi (ohm)
Speaker aktif dengan amplifier built-in
91 dB
120 watt
2 ohm
Speaker pasif tanpa amplifier
87 dB
200 watt
4 ohm
Speaker subwoofer
87 dB
300 watt
4 ohm

FAQ: Pertanyaan Yang Sering Diajukan Mengenai Pasang Speaker Aktif Di Mobil

1. Apa yang harus diperhatikan saat memilih speaker aktif yang cocok untuk mobil saya?

Semua speaker aktif tidak cocok untuk semua mobil. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan seperti ukuran dan jenis mobil, dan kemampuan instalatasi pada mobil tersebut.

2. Apa bedanya antara speaker aktif dengan speaker pasif?

Speaker aktif memiliki amplifier built-in sementara speaker pasif tidak, sehingga speaker aktif memerlukan daya DC dan tidak memerlukan amplifier tambahan seperti speaker pasif.

3. Berapa ukuran yang tepat untuk dipilih saat membeli speaker aktif?

Ukuran yang tepat tergantung pada kebutuhan Sobat Otosemi. Ada beberapa ukuran yang paling umum digunakan seperti 6,5 inci, 5×7 inci, dan 6×9 inci. Pastikan ukuran speaker aktif yang akan Sobat Otosemi gunakan sesuai dengan mobil yang digunakan.

4. Bisakah Sobat Otosemi memasangkan speaker aktif sendiri atau perlu ke tukang audio mobil?

Sobat Otosemi bisa memasangkan sendiri speaker aktif, tetapi untuk memastikan hasil pemasangan yang tepat dan aman, sebaiknya dilakukan oleh ahli instalasi audio mobil.

5. Apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan speaker aktif di mobil?

Beberapa kelebihan dari speaker aktif di mobil adalah suara menjadi lebih jernih, menghasilkan suara yang besar dan bertenaga, memiliki fitur EQ yang lebih banyak, proses pemasangan speaker aktif lebih mudah dan praktis. Sayangnya, pemasangan speaker aktif juga memiliki beberapa kelemahan seperti menghasilkan suara yang cenderung lebih keras dan bising, proteksi fitur pengamanan lebih rendah, dan semakin banyak fitur tambahan semakin tinggi harga yang ditawarkan.

6. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemasangan speaker aktif di mobil?

Tergantung pada keahlian sobat Otosemi dalam memasang speaker aktif, biasanya perlu waktu sekitar 1-2 jam.

7. Apa yang harus dilakukan bila suara yang dihasilkan speaker aktif kurang optimal?

Sobat Otosemi bisa mencoba mengatur EQ agar kualitas suara yang dihasilkan menjadi lebih baik. Jika masih kurang optimal, sobat Otosemi bisa melakukan pengaturan pada posisi tempat pemasangan speaker aktif di mobil.

8. Apakah harus menggunakan tipe speaker aktif tertentu saat memasangkan di mobil?

Sebaiknya melakukan pemasangan dengan speaker aktif buatan yang sesuai dengan mobil dan dijual di toko audio mobil terkemuka serta terpercaya untuk mendapatkan hasil yang optimal dan lebih aman.

9. Adakah risiko yang perlu dikhawatirkan saat memasangkan speaker aktif di mobil?

Risiko yang perlu diwaspadai adalah saat memasang speaker, pengelolaan kabel listrik, dan mengatur volume setelah memasang speaker aktif. Dianjurkan untuk selalu mengikuti petunjuk penyimpanan yang ada pada manual pengguna.

10. Apa saja fitur tambahan yang disertakan dalam speaker aktif mobil?

Speaker aktif untuk mobil seringkali dilengkapi dengan fitur tambahan seperti Bluetooth, NFC, dan USB agar Sobat Otosemi dapat menikmati musik dengan mudah.

11. Apakah penggunaan speaker aktif dapat menurunkan daya baterai mobil?

Iya, penggunaan akan membutuhkan kekuatan daya mobil lebih besar dan berpotensi menurunkan daya baterai jika terus menerus digunakan dalam waktu lama.

12. Bisakah speaker aktif digunakan dengan media audio non-bluetooth?

Iya, speaker aktif juga bisa dipasangkan ke peralatan media audio non-bluetooth seperti DVD atau CD player di mobil.

13. Apa yang perlu dilakukan bila Sobat Otosemi ingin mengganti speaker aktif mobil?

Untuk mengganti speaker aktif mobil sebaiknya dilakukan di toko audio mobil terkemuka dan terpercaya agar mendapatkan recomended penggantian speaker sesuai ukuran dan jenis mobil.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, Sobat Otosemi pasti sudah mengetahui cara pasang speaker aktif di mobil dan punya gambaran lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan dari pemasangan speaker aktif. Memang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasang speaker aktif di mobil, tapi dengan melakukan pemasangan yang tepat dan teliti, Sobat Otosemi bisa menikmati kualitas audio yang lebih baik saat berkendara. Jangan lupa untuk memilih speaker aktif yang tepat dan menentukan lokasi pemasangan yang tepat agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Disclaimer :

Artikel ini hanya untuk tujuan informasi dan edukasi. Penulis tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau cedera yang ditimbulkan oleh kesalahan instalasi speaker aktif pada mobil. Sebaiknya lakukan instalasi speaker aktif pada mobil dengan tenang dan cognate baik untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan.