Cara Pasang Skotlet Pada Motor

Menambah Estetika Motor dengan Skotlet

Sobat Otosemi, apakah kamu tahu bahwa menggunakannya skotlet bisa memberikan tampilan yang berbeda pada motor? Selain menjadi faktor penampilan, penggunaan skotlet juga bisa membuat tampilan motor lebih menarik. Sayangnya, banyak orang merasa kesulitan dalam memasang skotlet pada motor. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara pasang skotlet pada motor secara lengkap.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Skotlet pada Motor

Kelebihan:

1. Menambah tampilan motor: Skotlet bisa meningkatkan tampilan motor yang terlihat lebih menarik dan lebih berwarna.

2. Melindungi cat motor: Skotlet juga berfungsi melindungi cat motor yang rentan tergores karena batu kerikil, debu dan benda keras lainnya.

3. Mudah digunakan: Penggunaan skotlet pada motor cukup mudah dan bisa dikerjakan sendiri tanpa perlu bantuan mekanik.

4. Banyak varian warna: Berbagai pilihan warna skotlet yang ditawarkan, memungkinkan pemilik motor untuk mengkombinasikan skotlet dengan tema atau gaya lainnya.

Kekurangan:

1. Skotlet mudah rusak: Bila terkena goresan atau debu terlalu sering, skotlet bisa mudah rusak dan membuat penampilan menjadi tidak maksimal.

2. Harganya relatif mahal: Skotlet tergolong mahal mengingat harganya cukup mahal di pasaran untuk ukuran motor.

3. Sulit dilepas: Skotlet pasti sangat sulit untuk dilepas setelah ditempelkan di motor, sehingga penyedia jasa yang menyediakan jasa untuk dipasang maupun diambil.

4. Perlu perawatan: Penggunaan skotlet memerlukan perhatian dan perawatan khusus agar tetap terlihat bersih dan tidak mudah rusak.

Cara Pasang Skotlet Pada Motor Langkah Demi Langkah

Berikut ini adalah cara pasang skotlet pada motor yang bisa kamu lakukan sendiri:

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulaiĀ proses pemasangan, Sobat Otosemi harus menyiapkan perlengkapan dan bahan yang akan digunakan. Beberapa bahan umumnya yang dibutuhkan antara lain:

Nama Barang
Kebutuhan Barang
Jumlah
Cutter
Untuk memotong skotlet
1
Sabun cair
Untuk membersihkan motor
1 botol
Kain lap
Untuk membersihkan motor
5-6 pcs
Spray botol
Untuk menyemprotkan sabun cair
1
Skotlet
Salah satu brand seperti Oracal, Aperol, Scotchlite
Disesuaikan dengan kebutuhan
Pisau kikir
Digunakan untuk meratakan skotlet
1

2. Membersihkan Permukaan Motor

Setelah semua bahan disiapkan, saatnya untuk membersihkan permukaan motor terlebih dahulu sebelum dipasang skotlet. Caranya cukup sederhana, yakni dengan menyemprotkan sabun cair ke kain lap, lalu lap permukaan motor dengan kain tersebut.

3. Potong Skotlet Sesuai Ukuran

Setelah permukaan motor bersih, sekarang waktunya untuk memotong skotlet sesuai ukuran bagian motor yang ingin ditutupi. Gunakan cutter untuk memotong skotlet sesuai dengan ukuran yang benar agar tidak terlalu berlebihan atau kekurangan.

4. Tempelkan Skotlet pada Motor

Jika Skotlet sudah dipotong sesuai ukuran, sekarang tempelkan skotlet pada area motor yang kamu ingin tutup. Pastikan skotlet menempel dengan rata dan tidak ada gelembung di area tempelan. Setelah itu, perlahan kemudian gunakan pisau kikir untuk menghilangkan gelembung udara dan permukaan yang rata.

5. Ratakan Skotlet

Jika sudah menempelkan skotlet pada motor, perlahan ratakan skotlet dengan kikir agar skotlet dapat menempel dengan rata pada motor. Wilayah yang rata akan mencegah udara yang masuk dan mencegah lapisan kotor. Pada saat ratakan, pastikan skotlet tersebut tidak bergelombang, selebaran pasti.

6. Selesai Pemasangan Skotlet

Setelah menempelkan skotlet pada area yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah pastikan skotlet sudah menempel dengan beberapa waktu ke rataan. Terakhir, Sobat Otosemi bisa cek kembali hasil tempelan secara menyeluruh dan membukan gelembung udara, yang barulah pemotongan di selesaikan.

7. Jaga Perawatan Motor

Jangan lupa Sobat Otosemi untuk menjaga kebersihan sepeda motor. Sebaiknya gunakan aksesori yang berkualitas untuk pemasangan skotlet di motor dan cari merk terbaik dari merek yang dijual di pasaran. Hal ini akan memberikan hasil yang maksimal dan tahan lama.

Frequently Asked Questions (FAQs)

1. Berapa sebaiknya harga skotlet untuk motor?

Harga skotlet relatif mahal tergantung dari merek yang dijual di pasaran. Pastikan pilihan merek yang kamu pilih untuk kualitas terbaik dan harga yang bersaing.

2. Apakah skotlet motor bisa dihapus setelah di pasang?

Skotlet sangat sulit untuk dilepas setelah ditempelkan di motor, sehingga pemasangan skotlet memerlukan keterampilan dan pengalaman khusus.

3. Apakah skotlet motor berbahaya?

Tidak ada bahaya atau efek samping yang mempengaruhi motor maupun pengendara ketika menggunakan skotlet pada motor.

4. Berapa lama waktunya untuk memasang skotlet pada motor?

Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk memasang skotlet di motor berbeda-beda tergantung pada luas area yang akan ditempeli dan keterampilan yang dimiliki oleh siapa pun.

5. Apakah perlu diberikan perawatan khusus pada motor yang dipasang skotlet?

Setiap jenis skotlet membutuhkan perawatan yang berbeda-beda, tergantung pada merk yang digunakan. Demi menjaga keawetan motor, disarankan untuk rajin membersihkan motor atau melakukan perawatan khusus secara berkala.

6. Bagaimana cara membersihkan motor yang sudah dipasang skotlet?

Membersihkan motor yang telah dilapisi dengan skotlet sebenarnya tidak sulit. Sobat Otosemi bisa membersihkan dengan menggunakan kain kering atau basah, dan pastikan tidak memakai bahan pembersih yang berbahaya.

7. Bolehkah skotlet dipasang pada semua jenis motor?

Ya, skotlet bisa dipasang pada sepeda motor apapun selama stiker tersebut sesuai ukuran dengan bagian motor. Pastikan sebelum memasang, motor cepat dan dicuci bersih terlebih dahulu agar ukurannya sesuai.

8. Apakah skotlet pada motor bisa mengurangi performa mesin?

Tidak ada pengaruh pada performa mesin motor ketika menggunakan skotlet. Hal ini karena skotlet tidak mempengaruhi performa mesin motor.

9. Apakah perlu menyimpan sisa skotlet yang belum terpakai?

Menyimpan sisa skotlet yang belum digunakan sebaiknya dalam kemasannya, untuk menjaganya agar tetap bersih dan terhindar dari debu dan kelembaban.

10. Apakah sebaiknya menggunakan jasa mekanik untuk memasang skotlet di motor?

Bila kamu kurang terampil dalam memasang skotlet pada motor, disarankan untuk menggunakan jasa mekanik agar hasil pemasangan skotlet bisa maksimal dan tahan lama.

11. Bagaimana cara merawat skotlet agar tetap awet?

Gunakan kain lembut dan kain kering dengan air sabun pada motor harian, dan hindari pesona air yang mengandung komponen asam.

12. Apakah ada kesulitan dalam memasang stiker skotlet pada motor?

Meski banyak orang yang merasa kesulitan, namun sesungguhnya memasang skotlet di motor sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang.

13. Apakah skotlet motor bisa mengurangi konsumsi bahan bakar?

Seperti yang sudah disebutkan, skotlet tidak berpengaruh pada performa motor. Oleh karena itu, konsumsi bahan bakar pada motor tetap sama dan tidak mempengaruhi penggunaan skotlet pada motor.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Setelah membaca artikel ini, Sobat Otosemi kini telah mengetahui cara pasang skotlet pada motor yang mudah dan praktis. Penggunaan skotlet pada motor juga bisa menambah tampilan motor kamu, menjaga cat, dan sekaligus melindungi motor dari goresan, debu dan benda-benda tajam. Namun, sebelum memasang skotlet pada motor, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan, serta sudah memahami cara pemasangan secara tepat. Jangan lupa untuk merawat motor kamu agar awet dan selalu prima.

Action Plan:

Sobat Otosemi, ayo pasang skotlet pada motor kamu agar tampilan motor kamu lebih bagus dan menarik. Pastikan kamu memilih skotlet berkualitas terbaik agar tahan lama dan memberikan hasil yang halus dan rapi.

Kata Penutup

Demikianlah artikel mengenai cara pasang skotlet pada motor. Sebagai informasi, artikel ini hanya merupakan panduan untuk melakukan pemasangan skotlet sepeda motor yang mudah dan praktis. Apabila terdapat hal-hal yang tidak diketahui atau kurang jelas, jangan ragu untuk menghubungi tukang skotlet yang terpercaya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan selamat mencoba!