9 Tips Bagaimana Cara Merawat Motor Baru Agar Tetap Bersih Dan Kinclong

OTOSEMI.comCara Merawat Motor Baru. Mempunyai motor baru mungkin adalah kebahagian sendiri untuk kita semua yang cinta dengan motor. Terlebih motor tersebut adalah motor idaman yang selalu kita dambakan sejak lama. Pasalnya cara merawat motor baru itu susah-susah gampang. Banyak orang yang berkata bahwa cara merawat motor baru itu harus mempunyai pengalaman sendiri. Misalnya saja paham dengan setiap bagian-bagian motor termasuk ke dalam komponen motor tersebut. Kemudian bukan hanya itu saja, juga harus paham kapan dan dimana melakukan service motor yang baik dan benar. Nah untuk disini saya akan memberikan sedikit saja ulasan kepada anda yang ingin tahu Bagaimana proses untuk cara merawat kendaraan baru anda. Agar lebih kinclong dan juga terawat dengan baik. Ingin tahu caranya ? Simak ulasanya dibawah ini.

Tips Cara merawat motor baru lebih kinclong dan Juga bersih setiap hari :

1. Cuci Motor Setiap 4 hari sekali

Mungkin terlalu sering mencuci motor akan membuat kendaraan anda menjadi rusak ? Tidak juga, malah dengan mencuci motor setiap 4 hari sekali. Bisa membersihkan kerak-kerak yang kotor dan juga sistem pembuangan yang penuh dengan kerak karbon. Namun perlu dingat, dalam mencuci sepeda motor anda perlu yang namanya menggunakan sampo yang benar-benar khusus untuk digunakan dalam mencuci motor. Jangan menggunakan jenis sampo motor yang berbahaya untuk digunakan. Paling tidak menggunakan merk sampo motor yang sudah terpercaya.

Baca juga : Hindari Cuci Motor Saat Mesin Masih Panas, Ini Alasannya !

2. Servis Rutin Secara Berkala

Salah satu cara merawat motor baru ialah melakukan servis rutin setiap saat. Sama halnya dengan manusia bahwa motor juga perlu dijaga kesehatannya. Nah agar motor anda tetap terawat kontrol kapan harus di servis, minimal anda bisa melakukan servis setiap 1 bulan sekali agar hasilnya lebih bagus. Takut mahal ? Gunakan Garansi yang masih berlaku. Untuk garansi ini sendiri khusus hanya bisa digunakan untuk jenis motor yang masih baru beli dari dealer yah atau baru saja turun baru. Untuk motor lama atau second mungkin bisa mencari referensi terlebih dahulu tempat yang cocok untuk servis dengan harga yang murah. Biasanya servis di dealer resmi akan mendapatkan potongan yang lebih murah dan juga servis yang lebih berkualitas diketimbang servis di bengkel.

Mencuci Sepeda Motor Bila Kotor
Mencuci Sepeda Motor Setelah Terkena Hujan

3. Cuci Motor Setelah Terkena Air Hujan

Yang berikutnya yaitu dengan mencuci motor anda setelah terkena air hujan. Pasalnya air hujan bisa saja merusak komponen mesin dan juga sistem lain yang ada dimotor anda. Kok bisa ? Karena air hujan ini mengandung kadar garam dan asam yang tinggi. Dimana keadaan garam dan asam ini bisa membuat komponen besi motor anda mengalami yang namanya korosi atau pengaratan yang lebih cepat. Karena kita tahu bahwa besi sangat rentan dengan yang namanya garam maupun asam. Untuk itu jagalah selalu keadaan komponen mesin jangan sampai terkena cairan yang berbau asam dan juga asin. Maka dari itu agar tidak terkena korosi cucilah setiap motor terkena air hujan. Cara merawat motor baru satu ini juga terbilang efektif sekali. Jangan lupa dipraktekkan.

4. Lihat Volume Air Aki

Air aki ini merupakan salah satu komponen yang paling penting juga untuk kelistrikan dari mesin kendaraan anda. Air aki yang mempunyai volume dibawah rata-rata biasanya perlu diisi ulang kembali. Lantas, apa dampaknya jika air aki dibawah rata-rata ? Yaitu bisa membuat air aki tidak bekerja dengan normal atau kelistrikan motor menjadi kurang baik. Dengan demikian anda harus rutin mengecek kondisi air aki.  Jika kondisi air aki sudah dibawah rata-rata standart. Maka segeralah isi dengan air aki yang masih baru yang bisa anda dapatkan dari bengkel-bengkel terdekat. Ingat untuk menuangkan air aki ini anda perlu menggunakan sarung tangan. Hal ini disebabkan kandungan air aki ini sangat keras dan juga korosif yang bisa membuat luka bakar dan juga gatal-gatal pada tangan anda.

Ads

Baca juga : Tips Jaga Kinerja Aki Kering (Part 1) dan Tips Jaga Kinerja Aki Kering (Part 2).

5. Cek Segala Komponen Yang Menggunakan Baut

Cara merawat motor baru lainnya ialah mengecek kondisi Baut pada sepeda motor. Baut merupakan salah satu komponen yang penting juga dan harus rutin kalian cek setiap saat. Baut yang kendor bisa membahayakan sekali untuk anda yang sedang berkendara dan juga untuk orang lain. Bayangkan saja ketika anda berada dijalan dengan kecepatan yang tinggi kemudian ban terlepas begitu saja, apakah tidak mengerikan ? Tentu saja mengerikan.

Untuk menghindari hal-hal yang sama sekali tidak diinginkan. Maka anda harus benar-benar teliti dan rutin untuk mengecek kondisi setiap komponen yang menggunakan baut sebagai pengunci utama. Kalau ada baut yang sedikit kendor langsung saja kencangkan menggunakan obeng yang tepat. Jika ada kondisi baut yang sudah tidak layak digunakan lagi. Maka segera pergi ke bengkel untuk membeli baut yang sesuai atau anda bisa membawa motor anda langsung ke bengkel agar mekanik di bengkel yang akan menangani motor anda dengan benar.

6. Gunakan Bahan Bakar Sesuai Dengan Spesifikasi Kendaraan anda

Yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan anda. Kendaraan dengan spesifikasi bahan bakar yang sesuai tentu saja akan membuat performanya lebih meningkat. Kalau spesifikasi kendaraan anda harus menggunakan bahan bakar pertamax maka gunakan bahan bakar pertamax. Jangan menggunakan Premium, karena bisa membuat keadaan kendaraan anda tidak bekerja dengan baik. Paling tidak gunakan bahan bakar yang beroktan 92 atau lebih tinggi dari itu. Bahan bakar yang memiliki nlai oktan yang tinggi, akan selalu membersihkan kerak-kerak karbon ataupun kotoran yang bersarang didalam ruang pembakaran dan juga dibagian head.

Baca juga : Bahan Bakar Yang Cocok Untuk Supercar Masa Kini.

7. Ganti Pelumas Kendaraan

Yang keenam yaitu dengan mengganti pelumas secara rutin dan sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan. Ini bertujuan agar kendaraan motor tetap awet terutama dibagian komponen mesin sendiri, pelumas dengan nomor RON yang sesuai bisa meningkatkan performa motor lebih baik dari pada tidak sama sekali. Ada baiknya kalau anda mengganti oli dalam 3 bulan sekali, ini bertujuan kinerja motor menjadi lebih baik dari. Kalau ingin lebih baik lagi anda bisa mengganti pelumas dalam waktu 2 bulan sekali.

Spare Part Original Sepeda Motor Merek Honda
Spare Part Original Sepeda Motor Merek Honda

8. Gunakan Spare Part Original

Cara merawat motor baru yang berikutnya selalu gunakan suku cadang atau spare part yang original. Diketahui spare part original ini hanya bisa anda dapatkan dari dealer resmi, maupun dari bengkel resmi yang benar-benar menyediakan yang asli. Belajarlah mengenai spare part original itu seperti apa ? Mungkin anda bisa membuka internet untuk medapatkan informasi cara melihat dan membandingkan spare part asli dan juga spare part palsu. Cara ini memang sangat ampuh untuk para pemula dalam menservis motor mereka.

9. Hindari Membawa Beban berlebih

Cara merawat motor baru yang terakhir yaitu hindari membawa beban yang berlebih. Beban yang berlebih akan membuat kendaraan anda mempunyai tekanan yang tinggi. Sehingga membuat keadaan kendaraan menjadi lebih berat dan tekanan ke jalan lebih tinggi, yang berakibat fatal pada bagian roda dan juga tekanan shock absorber motor itu sendiri. Maka dari itu pastikan anda sudah tahu berat ideal motor yang standar itu berapa ?

Demikian informasi mengenai cara merawat motor baru yang praktis dan benar yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini yah, sobat otosemi.com

Ads

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*