Cara Mengenal Indikator Dashboard Mobil Anda

Indikator Dashboard Mobil- Mengenal indikator dashboard ini memang perlu di lakukan oleh para pengguna kendaraan terutama pada kendaraan roda empat atau bisa di katakan mobil. Karena indikator tersebut ini akan memberikan informasi tentang kondisi mobil anda, selain itu simbol-simbol pada dashboard pun ini juga berperan penting dalam keadaan mobil pada saat itu juga.

Pengguna mobil pun di dunia sudah cukup terbilang sangat banyak bahkan sudah populer, dari masyarakat menengah ke atas pun menggunakan kendaraan ini sebagai alat transportasi mereka atau untuk sekedar menunjang perjalanan ke suatu tempat yang di inginkan.

Simbol pada indikator utama atau pada dashboard ini memiliki beberapa fungsi dan kegunaan yang berbeda pula. Selain itu juga memiliki bentuk dan model serta cara menampilkan informasi yang berbeda dari tiap-tiap simbol yang berada pada dashboard mobil.

Sehingga sebelum melakukan perjalanan mengendarai sebuah mobil, anda di wajibkan untuk memahami arti mengenal sebuah indikator dashboard mobil. Tujuan utama dari mengenal indikator ini adalah untuk mengetahui keadaan komponen atau mesin tersebut dalam kondisi yang baik atau sedang mengalami gangguan atau bisa kerusakan.

Cara Mengenal Indikator Utama Dashboard Mobil

Pada setiap dashboard mobil pastinya ada tanda-tanda yang muncul pada saat pertama kali kunci kontak mulai di posisikan “ON”. Selain itu pula ada beberapa indikator yang langsung memunculkan sebuah tanda yakni warna hijau, merah dan kuning.

Pada dasarnya warna hijau yang nampak tersebut ini menandakan komponen dalam keadaan di gunakan atau di pakai seperti halnya AC mobil dan trasmisi otomatis dengan jenis mobil tertentu.

Dan warna kuning yang muncul ini mengindikasikan bahwa komponen tersebut sedang mengalami tidak normal atau ada gangguan, semisal fungsi ABS dan beberepa komponen lainnya yang tidak berjalan normal seperti semestinya.

Selain itu tanda merah pada indikator dashboard mobil ini menandakan sebuah komponen tersebut tidak bisa di gunakan atau sedang rusak, sehingga nanti dapat menimbulkan hal yang akan merugikan para pengemudi kalau tidak segera di perbaiki.

Berikut ini ada beberapa indikator standart yang di miliki oleh berbagai merk mobil dan bahkan varian mobil jenis apapun pasti ada indikator berikut :

  • srs  gambar di samping ini termasuk tanda sebuah simbol airbag, dimana pada mobil umumnya ini berwarna merah, jika warna tersebut menyala berarti menandakan bahwa sistem ABS dalam kondisi baik atau tidak. Sehingga anda perlu memperhatikan simbol ini saat ingin memulai perjalanan anda, sebab simbol ini berfungsi sekali sebagai salah satu tanda sistem keamanan.
  • simbol sabuk  ini adalah salah satu simbol sabuk pengaman pada mobil, dan warna yang di tampilkan ini ada merah atau kuning. Dan sebagai tanda bahwa sabuk pengaman ini di pakai dengan benar, simbol tersebut akan otomatis mati dengan sendirinya.
  • simbol lampu sein simbol di samping ini tergolong dalam sebuah indikator lampu sein, dan saat indikator ini menyala satu berarti menandakan akan berbelok sedangkan jika keduanya menyala ini adalah tanda hazard dimana kendaraan yang ada di belakangnya jadi lebih hati-hati jika ingin melewati mobil ini. Selain itu jika anda sedang dalam perjalanan yang lurus, sebaiknya cek simbol ini menyala salah satu atau tidak sebab hal ini bisa membahayakan pengendara di belakang anda, karena jalanan lurus di larang menyalakan lampu ini. Namun jika ingin mau melewati kendaraan di depannya wajib menyalakan lampu sein kanan yang menandakan mobil ini akan melewati mobil depannya.
  • simbol oli simbol ini adalah indikator oli mobil anda, dan apabila indikator ini menyala berwarna merah berarti menandakan bahwa kondisi oli anda sedang di bawah ambang batas standart, sehingga segeralah cek kondisi oli.
  • simbol oli diesel simbol ini khusus untuk varian mobil diesel, yang menandakan bahwa oli mesin diesel sedang di bawah standart, biasanya akan berwarna merah. Sehingga anda perlu mengecek secara berkala agar kondisi mesin mobil tetap dalam keadaan baik.
  • indikator mesin simbol engine check ini salah satu indikator yang mengetahui fungsi kinerja mesin anda dalam keadaan baik atau sedang mengalami gangguan. Jika warna hijau menandakan bahwa mesin anda dalam kondisi baik, sedangkan warna kuning ini berarti kondisinya sedang ada gangguan.
  • hidran simbol lambang hidran ini merupakan suatu petanda mobil anda fungsi mesinnya bermasalah jika warna kuning yang menyala dan ini sangat rawan sekali, sehingga perlu di lakukan service.
  • betaray hibryd gambar di samping ini hanya terdapat pada mobil yang sudah berteknologi hybrid. Dan jika warna merah yang menyala menandakan bahwa voltase baterai mobil hybrid sedang lemah sekali. Serta hal yang anda lakukan jika hal ini terjadi langsung menuju kontak terminal listrik untuk di adakan charging agar kondisinya lebih baik lagi seperti semula.
  • indikator temperatur mesin ini adalah simbol untuk mengetahui keadaan suhu mesin anda, jika berwarna kuning seperti gambar tersebut berarti menandakan mesin dalam kondisi suhu sedang dan warna merah berarti mesin dalam keadaan overhead. Dan kemungkinan ini terjadi pada sistem radiator yang tidak berjalan dengan baik sebagai pendingin mesin. Lakukanlah pemeriksaan secara berkala pada radiator mobil dan kondisi air usahakan sesuai standart batasnya.
  • indikator rem parkir gambar berikut ini menadakan sistem rem parkir masih aktif atau sedang di gunakan, jika ingin melanjutkan perjalanan perhatikan simbol ini usahakan sudah tidak menyala merah yang bertanda rem parkir sedang off atau tidak di gunakan.
  • indikator pintu mobil indikator yang dapat mengetahui bahwa pintu mobil dalam keadaan tertutup sempurna sehingga tidak membahayakan penumpang. Dan biasanya jika sudah tertutup rapat simbol ini akan mati dengan sendirinya.
  •  simbol bahan bakar indikator pompa bensin ini jika berwarna kuning jadi sisa bahan bakar kendaraan anda di ambang batas sedikit. Sebaiknya lakukan pengisian bahan bakar agar bisa berwarna hijau yang bertanda bahan bakar penuh. Dan hindari berwarna merah yang biasanya adalah tanda bahan bakar habis.
  • indikator accu lambang accu ini berfungsi untuk mengatahui kondisi accu anda dalam keadaan baik atau tidak. Dan jika pada saat anda me-starter mobil mengalami ketergangguan tidak mau menyala, segera periksa accu mobil ini dalam kondisi baik atau ingin di lakukan charger kembali.
  • abs ini suatu simbol dari fitur ABS di mana jika berwarna kuning dapat di pastikan fungsi ABS tidak berjalan normal. Simbol ini hanya berada pada mobil yang sudah bersitem ABS dan jika terjadi sebaiknya lakukan service.
  • simbol rem tangan gambar simbol tanda seru di dalam lingkaran ini adalah suatu tanda bahwa rem tangan sedang di pakai, dan apabila rem tangan ini tidak di pakai dapat di pastikan tanda ini akan mati atau tidak menyala.
  • lampu beam ini adalah salah satu simbol lampu beam, di mana saat simbol ini menyala berarti si pengemudi sedang menyalakan lampu jauh yang di saat memungkinkan saja. Jadi jangan gunakan lampu beam secara terus menerus sebab mengganggu pengedara berlawanan arah di depan anda.

Simbol-simbol pada gambar di atas ini sangatlah penting di perhatikan oleh pengemudi mobil pada umumnya, bahkan harus mengetahui fungsi dari  indikator dashboard mobil anda sendiri. Hal yang perlu anda lakukan yakni menyalakan kunci kontak pada posisi “ON” kemudian perhatikan pada panel indikator yang menyala dan jika memungkinkan lakukan pengecekan terhadap komponen yang bermasalah tersebut.

Bagikan Yuk :

4 Comments

  1. bagaima kalau lampu indikator sabuk pengaman tidak menyala padahal sabuk pengaman tidak digunakan/dipakai

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*



*