Masalah yang Umum Terjadi pada Motor Mogok

Sobat Otosemi, siapa yang tidak pernah mengalami motor mogok saat sedang berkendara? Masalah ini memang sering terjadi di antara kita para pengguna motor. Terlebih lagi bagi para pemilik motor yang kurang memperhatikan perawatan dan pemeliharaan motor.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab motor mogok, seperti kegagalan sistem kelistrikan, masalah pada sistem bahan bakar, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas secara detail mengenai cara mengatasi motor mogok. Simak terus artikel ini hingga akhir, ya Sobat Otosemi!

Cara Mengatasi Motor Mogok Secara Sederhana

Untuk mengatasi motor mogok secara sederhana, Sobat Otosemi dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

Cara Mengatasi Motor Mogok
1
Periksa sistem kelistrikan motor. Pastikan kabel aki dan koil tidak kendor atau rusak.
2
Periksa sistem bahan bakar motor, seperti karburator dan filter bahan bakar.
3
Perhatikan sistem pendinginan mesin motor. Pastikan air radiator cukup dan tidak kotor.
4
Periksa sistem pengapian motor. Pastikan busi dan kabel busi tidak rusak atau basah.
5
Perhatikan kualitas bensin yang digunakan. Pastikan bensin yang digunakan tidak terkontaminasi air atau kotor.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Sobat Otosemi lakukan untuk mengatasi motor mogok. Namun, jika masalah masih persisten, ada beberapa cara lain yang bisa diterapkan.

Cara Mengatasi Motor Mogok dengan Mengganti Busi Baru dan Koil

Jika motor Anda masih mogok meski sudah melakukan langkah-langkah di atas, mungkin busi dan koil Anda perlu diganti. Busi dan koil yang sudah usang atau rusak dapat membuat kinerja mesin menjadi buruk dan mengakibatkan motor mogok. Ganti dengan busi dan koil baru yang sesuai dengan merek dan spesifikasi motor Anda.

Ingatlah untuk mencari busi dan koil yang berkualitas agar jangan sampai membahayakan mesin motor Anda. Jangan ragu untuk mengganti busi dan koil meski harga sedikit mahal. Karena pada akhirnya biaya yang dikeluarkan untuk penggantian ini jauh lebih murah dibandingkan biaya perbaikan akibat kerusakan yang lebih parah.

Cara Mengatasi Motor Mogok dengan Membersihkan Karburator

Salah satu penyebab motor mogok adalah karburator yang kotor dan tersumbat. Karburator yang kotor dapat menghambat aliran bahan bakar ke mesin sehingga motor mogok. Untuk mengatasi masalah ini, Sobat Otosemi dapat membersihkan karburator dengan cara:

  • Membongkar karburator
  • Membersihkan karburator dengan cairan pembersih khusus karburator
  • Mengganti klep karburator bila diperlukan
  • Memasang kembali karburator

Ingatlah bahannya yang digunakan untuk membersihkan karburator harus sesuai dengan merek karburator. Pastikan juga tahapan membersihkan karburator dilakukan dengan hati-hati dan teliti agar tidak merusak komponen lainnya.

Cara Mengatasi Motor Mogok dengan Memperhatikan Sistem Kebersihan Bahan Bakar

Penyebab motor mogok yang lain adalah penggunaan bensin yang terkontaminasi air, debu, atau kotoran lain. Untuk mengatasi masalah ini, Sobat Otosemi perlu memperhatikan sistem kebersihan bahan bakar yang digunakan.

Siasati dengan memasang filter bahan bakar yang lebih baik, seperti filter bahan bakar dengan sistem duplikat agar kotoran tidak mengendap. Pastikan juga bahan bakar yang digunakan selalu disimpan di tempat yang aman dan bersih, serta hindari pengisian bahan bakar di tempat yang umumnya sering terjadi pencurian minyak.

Cara Mengatasi Motor Mogok dengan Membersihkan Ruang Bakar

Penumpukan kotoran yang terjadi pada ruang bakar motor dapat menyebabkan mesin mogok. Oleh karena itu, Sobat Otosemi perlu membersihkan ruang bakar secara berkala agar tidak terjadi penumpukan kotoran yang dapat menyebabkan masalah pada mesin.

Lakukan dengan cara:

  • Membersihkan piston dengan sikat kecil dan bensin agar kotoran yang menempel dapat terangkat
  • Membongkar saluran udara ke ruang bakar dan membersihkan kerak yang terbentuk di dalamnya
  • Mengisi ruang bakar dengan cairan yang khusus dibuat untuk membersihkan mesin motor
  • Memeriksa apakah ada bagian ruang bakar yang sudah tidak berfungsi sebaiknya segera diganti

Ingat, membersihkan ruang bakar secara berkala adalah hal yang penting bagi kesehatan mesin motor.

Cara Mengatasi Motor Mogok dengan Memperhatikan Sistem Pendinginan

Salah satu sebab motor mogok adalah masalah pada sistem pendinginan, di mana kondisi radiator yang tidak bekerja dengan baik dapat membuat mesin menjadi panas dan membuat motor mogok. Untuk mengatasinya, Sobat Otosemi perlu memperhatikan sistem pendinginan pada motor.

Antara lain dengan:

  • Menambahkan cairan pendingin yang secukupnya agar tidak terjadi kekurangan cairan untuk mendinginkan mesin
  • Memberi ruang agar udara yang dingin dapat masuk ke dalam mesin dan pendinginan dapat optimal
  • Meningkatkan kapasitas airflow dengan mengganti kipas radiator dengan yang lebih besar dan ramah lingkungan

Perhatikan hal-hal di atas agar performa mesin tetap optimal dan tidak terjadi kerusakan.

Cara Mengatasi Motor Mogok akibat kegagalan Sistem Pengapian

Penyebab lain motor mogok karena kegagalan sistem pengapian pada motor. Hal ini berkaitan dengan kelistrikan motor dan terjadi karena beberapa hal, seperti korsleting atau akibat terkena air. Berikut beberapa cara mengatasi motor mogok akibat kegagalan sistem pengapian:

  • Ganti aki motor
  • Periksa kabel-kabel pengapian, sesuaikan dan bersihkan apabila diperlukan
  • Ganti busi dengan busi yang sesuai
  • Periksa dan bersihkan kontak platina

Ingat, kegagalan sistema pengapian pada motor dapat berakibat fatal, jangan terlalu banyak memaksakan diri untuk memperbaikinya apabila sudah terlalu sulit. Sebaiknya biarkan tangan ahli yang melakukan perbaikan.

FAQ Seputar Cara Mengatasi Motor Mogok:

1. Apa yang harus saya lakukan saat motor saya mogok saat sedang berkendara?

Saat motor Anda mogok saat sedang berkendara, segera tarik tuas rem, turunkan gigi, dan berhenti di tempat yang aman agar tidak membahayakan diri dan orang lain di sekitar Anda.

2. Apa yang menyebabkan motor mogok?

Banyak hal yang dapat menyebabkan motor mogok, seperti kegagalan sistem kelistrikan, masalah pada sistem bahan bakar, dan kegagalan sistem pengapian.

3. Bagaimana cara mengatasi motor mogok dengan membersihkan karburator?

Cara mengatasi motor mogok dengan membersihkan karburator adalah dengan membongkar karburator, membersihkan karburator dengan cairan pembersih khusus karburator, mengganti klep karburator jika diperlukan, dan memasang kembali karburator.

4. Apa yang harus saya lakukan jika motor saya masih mogok saat sudah melakukan langkah-langkah sederhana untuk mengatasinya?

Jika motor Anda masih mogok saat sudah melakukan langkah-langkah sederhana, cobalah untuk mengganti busi dan koil baru yang sesuai dengan merek dan spesifikasi motor Anda.

5. Apa yang harus saya lakukan agar bensin tidak terkontaminasi air atau kotor?

Agar bensin tidak terkontaminasi air atau kotor, pastikan bahan bakar yang digunakan disimpan di tempat yang aman dan bersih, serta hindari pengisian bahan bakar di tempat yang umumnya sering terjadi pencurian minyak. Pasang juga filter bahan bakar yang lebih baik agar kotoran tidak mengendap.

6. Bagaimana cara membersihkan ruang bakar motor?

Untuk membersihkan ruang bakar motor, Sobat Otosemi dapat membersihkan piston dengan sikat kecil dan bensin agar kotoran yang menempel dapat terangkat, membongkar saluran udara ke ruang bakar dan membersihkan kerak yang terbentuk di dalamnya, mengisi ruang bakar dengan cairan yang khusus dibuat untuk membersihkan mesin motor, dan memeriksa apakah ada bagian ruang bakar yang tidak berfungsi dengan baik untuk diganti.

7. Apa penyebab pengapian pada motor gagal?

Kegagalan sistem pengapian pada motor dapat terjadi karena beberapa hal, seperti korsleting atau terkena air.

Kesimpulan

Setelah beberapa cara yang dijabarkan di atas, semoga Sobat Otosemi bisa lebih memahami situasi ketika motor mogok serta memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam mengatasi kendala ini. Namun, jika masalah motor mogok yang dialami sepertinya cukup sulit, sebaiknya langsung ke ahlinya saja.

Ingat, menggunakan motor juga harus memperhatikan perawatan dan pengecekan rutin mesin agar motor bisa terjaga dan awet. Karena, beberapa kerusakan bisa timbul akibat kelalaian dalam perawatan motor dan yang awalnya sederhana bisa menjadi fatal dan menguras kantong. Jangan lupa untuk menggunakan sparepart yang berkualitas dan melakukan penggantian berkala sesuai dengan waktu yang disarankan.

Penutup

Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Sobat Otosemi dalam mengatasi masalah motor mogok. Tidak ada yang baik dan dirugikan jika mesin motor tidak berfungsi dengan baik, jadi penting untuk tetap memperhatikan perawatan motor. Selamat mencoba dan jangan ragu untuk menghubungi tangan ahli jika diperlukan.

Bagikan: