Faktor Penyebab Dan Cara Mengatasi Motor Kamu Yang Boros

Cara mengatasi motor kamu yang boros

OTOSEMI.com- Faktor Penyebab Dan Cara Mengatasi Motor Kamu Yang Boros.  Banyak sekali penyebab motor menjadi lebih boros bahan bakar. Mungkin para pengendara motor pernah merasakan penggunaan bahan bakar yang boros dan tidak terkontrol. Penggunaan bahan bakar yang boros ini yang membuat pengeluaran uang juga semakin banyak. Paling tidak dalam 2 hari saja harus membeli bensin beberapa liter untuk jenis motor sport yang boros. Mungkin anda pernah mencari tahu apa penyebab motor anda menjadi lebih boros. Padahal sebelum-sebelumnya masih normal yang tidak boros. Apakah dikarenakan unsur modifikasi motor dan lain-lainnya ?

Tentu saja hal tersebut masih perlu pembuktian yang kuat kenapa motor lebih cepat boros. Nah sahabat otosemi untuk karena itu saya akan memberikan informasi atau tips untuk anda yang sedang mengalami hal ini. Banyak informasi yang ada di internet. Namun sama sekali tidak memberikan solusi yang benar-benar mudah untuk di pahami pembaca dari internet. Mungkin informasi dari saya ini bisa bermanfaat dan berguna untuk para rider nantinya. Perihal bagaimana cara mengatasi motor kamu yang boros bahan bakar.

Baca juga : Ingin Tahu, Tips Merawat Motor Ninja 2 Tak. dan Cara Merawat Motor 4 Tak yang Benar.

Cara mengatasi motor kamu yang boros bahan bakar :

# Kapasitas Mesin Yang besar

Kalau kalian mempunyai motor dengan kapasitas mesin yang besar semisal 250cc atau selebihnya. Tentu saja ini bisa di maklumi atau sangat wajar terjadi, jika penggunaan bahan bakar lebih banyak dari biasanya. Ukuran kapasitas mesin yang besar akan membuat motor menjadi lebih boros dari biasanya. Hal ini terjadi karena kapasitas mesin akan memakan bahan bakar lebih banyak dan digunakan untuk sistem pembakaran. Pada dasarnya kapasitas mesin yang lebih besar, tentu akan membuat motor melaju lebih kencang dari jenis motor dengan kapasitas mesin yang kecil.

Memang wajar sekali kalau kapasitas mesin yang besar membutuhkan komsumsi bahan bakar yang lebih banyak pula. Hal ini untuk tujuan kecepatan juga, terlebih untuk jenis-jenis motor sport diluar sana yang perlu bahan bakar yang tidak sedikit. Untuk itu agar lebih irit konsumsi bahan bakar maka sebaiknya belilah motor dengan kapasitas mesin kecil. Contohnya Honda Supra X 110cc.

Cara Menyetel Karburator Sepeda Motor

# Penyetelan Kaburator yang kurang tepat

Cara mengatasi motor kamu yang boros berikutnya yaitu penyetelan karburator yang kurang tepat. Biasanya para pengendara motor lebih suka dengan memperbaiki kendaraan mereka secara pribadi, karena lebih murah dan tidak terlalu keluar biaya yang banyak. Hal ini bisa terjadi jika anda salah setting pada bagian Karburator. Dimana fungsi dari karburator sendiri yaitu untuk menggabungkan 2 bahan bakar dan uap udara, yang nantinya akan dibakar di ruang pembakaran dan hasilnya berupa energi untuk menjalankan motor.

Kalau sistem karburator ini kinerjanya lambat maka kapasitas penggunaan bahan bakar juga akan meningkat sehingga performa motor menjadi kurang stabil. Untuk itu anda harus paham bagaimana mensetting karburator lebih tepat dan juga lebih cepat dari normalnya. Solusinya lebih baik bawa ke bengkel, jika anda memang benar-benar tidak paham mengenai motor.

Baca juga : Tips Mudah Membuat Motor Anda Lebih Kencang Ala Motor Sport.

# Menggunakan Settingan ECU Yang Salah

Khusus untuk motor yang sudah menggunakan sistem ijeksi. Biasanya pengaturan penggunaan bahan bakar sendiri melalui settingan ECU yang mana settingan ecu ini hanya bisa dirubah dengan menggunakan komputer. Jadi jika ada kesalahan dalam settingan ECU bisa jadi motor anda akan lebih boros dari biasanya. Ini terjadi jika variabel dari settingan ECU sendiri sama sekali tidak kompleks dengan pengeluaran bahan bakar. Sehingga menyebabkan motor lebih boros dari biasanya. Untuk itu lebih baik jika terjadi kesalahan setting pada ECU motor anda, bawalah ke bengkel resmi ataupun dealer resmi yang mempunyai peralatan lengkap dan sudah berpengalaman untuk setting ECU kendaraan motor injeksi anda.

# Kerak Karbon Yang Terlalu Banyak

Yang berikutnya adanya kerak karbon yang terlalu banyak menumpuk dibagian sistem pembakaran. Dimana kerak karbon ini merupakan kotoran atau sisa-sisa hasil dari pembakaran bahan bakar yang tidak terbuang dengan baik. Sehingga menempel pada bagian saluran pembuangan dan menyebabkan motor menjadi lebih boros dari biasanya. Nah untuk cara mengatasi motor kamu yang boros itu jaga selalu kebersihan dari ruang pembakaran ini sehingga motor memiliki kinerja dengan performa yang baik.

Berikut ini beberapa cara untuk membersihkan kerak karbon yang membuat sistem pembuangan menjadi penuh :

  • Bersihkan kerak karbon di dalam ruang pembakaran dan juga di dalam head yang mana kerak karbon ini mempunyai pengaruh terhadap hendling dari kendaraan anda.
  • Gunakan bakan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan anda. Bisa jadi menggunakan pertamax maka gunakanlah. Jangan sekali-kali gunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi, jika tidak ingin kendaraan anda bekerja dengan performa yang minimum.
  • Gunakan bahan bakar pertamax. Yang mana jenis bahan bakar ini mempunyai nilai oktan yang tinggi. Atau juga bisa menggunakan jenis bahan bakar dengan nilai Oktan 92 ke atas. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kerak karbon dari dalam motor. Yang mana anda tidak perlu membongkar dan membersihkannya secara manual.
Model Knalpot Free Flow
Model Knalpot Free Flow

# Menggunakan Knalpot Free Flow

Yang berikutnya ini merupakan salah satu kesalahan dari anda sendiri yang mencoba untuk menggunakan jenis knalpot Free Flow. Yang mana jenis knalpot ini sama sekali tidak standar untuk digunakan. Knalpot Free Flow adalah knalpot Modifikasi yang bertujuan untuk memberikan suara yang lebih garang. Namun banyak sekali kekurangan dari penggunaan knalpot jenis ini. Salah satunya yaitu kebocoran untuk motor anda sekitar 10%. Walaupun tidak secara signifikan memberikan kebocoran yang fatal dan juga menyebabkan peningkataan bahan bakar yang lebih dari standarnya sendiri. Untuk itu solusinya gunakan jenis knalpot motor yang standar jika ingin motor tetap awet dan tahan lama.

# Tekanan Ban Yang Rendah

Cara mengatasi motor kamu yang boros salah satunya ialah tekanan ban. Mungkin kalian suka sekali meremehkan ban motor yang kempes atau tekanan anginnya yang rendah. Padahal jika keadaan ban motor kempes atau tekanan angin yang kurang bisa menyebabkan kendaraan anda lebih berat untuk mendapatkan tarikan. Dimana tujuan ban yang mempunyai tekanan stabil selain membuat kinerja motor lebih cepat. Juga mengurangi daya tarikan yang lebih tinggi, sehingga motor tidak terlalu banyak mengkomsumsi bahan bakar yang ada.

Baca juga : Inilah Keuntungan Ban Kendaraan di isi Nitrogen,

# Beban Pengendara yang terlalu banyak dan Berat

Yang terakhir mengenai cara mengatasi motor kamu yang boros ini mungkin bukan berasal dari komponen motor anda. Melainkan dari fisik atau barang bawaan yang terlalu berat. Mungkin anda bisa membaca buku panduan motor terlebih dahulu sehingga lebih paham bagaimana merawat motor agar lebih awet dan tahan lama. Beban bawaan dari motor ini juga ada batasannya. Setiap motor mempunyai tekanan sendiri-sendiri tergantung dari spesifikasi motor tersebut, untuk jenis motor sport mungkin bisa mencapai 150 kilogram.

Namun untuk motor bebek sendiri hanya 145 kilogram, baik pengendara maupun barang yang dibawanya. Lebih dari itu bisa berakibat tekanan ban menjadi lebih berat. Dan tarikan gas yang lebih tinggi sehingga penggunaan bahan bakar juga semakin tinggi. Serta bisa mengakibatkan kebocoran dari ban. Kok bisa ? Karena tekanan ban yang terlalu keras dengan jalanan.

Nah itulah beberapa penyebab kenapa motor anda lebih boros.

Bagikan Yuk :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*



*