Cara Memperbesar Pengapian MotorOtosemi.com Motor adalah kendaraan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Salah satu hal yang krusial untuk memastikan motor berfungsi dengan baik adalah sistem pengapian. Pengapian yang baik tidak hanya memastikan mesin bekerja optimal, tetapi juga dapat meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar. Dalam artikel ini, kita akan membahas Cara Memperbesar Pengapian Motor agar kendaraan Anda tetap berjalan mulus dan bertenaga.

Apa Itu Pengapian Motor?

Pengapian motor adalah sistem yang digunakan untuk memulai proses pembakaran dalam mesin motor bakar dalam. Fungsi utamanya adalah menghasilkan loncatan bunga api pada campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar mesin, sehingga menciptakan ledakan yang mendorong piston dan menggerakkan bagian-bagian mesin lainnya.

Ada beberapa jenis sistem pengapian yang umum digunakan dalam motor, yakni:

  1. Pengapian Konvensional: Menggunakan distributor untuk mengirimkan arus listrik ke setiap busi sesuai urutan piston dalam siklus pembakaran.
  2. Pengapian Elektronik: Menggunakan sensor-sensor elektronik dan unit pengontrol (ECU) untuk mengatur waktu pengapian secara tepat berdasarkan faktor-faktor seperti kecepatan mesin, beban, dan suhu.
  3. Pengapian Discharge Ignition (CDI): Menggunakan kapasitor untuk menyimpan energi dan melepaskannya secara tiba-tiba ke busi, menciptakan loncatan bunga api.
  4. Pengapian Sumbu Noken As: Menggunakan noken as untuk mengontrol waktu pengapian, sering digunakan pada motor-motor modern.

Pengapian yang tepat dan akurat sangat penting untuk kinerja mesin yang baik, efisiensi bahan bakar, dan emisi yang rendah. Jika pengapian tidak berfungsi dengan baik, mesin bisa mengalami masalah seperti sulit dinyalakan, kinerja yang lemah, atau bahkan kerusakan serius pada mesin.

Mengapa Pengapian Motor Penting?

Sebelum kita membahas  tentang Cara Memperbesar Pengapian Motor, penting untuk memahami mengapa pengapian ini begitu vital. Sistem pengapian adalah yang bertugas untuk menghasilkan percikan api di dalam ruang bakar mesin. Ini memulai proses pembakaran yang menggerakkan piston dan menghasilkan tenaga yang menggerakkan kendaraan. Pengapian yang kuat dan tepat waktu akan mengoptimalkan efisiensi pembakaran, mengurangi emisi, dan meningkatkan performa mesin.

Cara Memperbesar Pengapian Motor

Cara memperbesar pengapian motor bisa anda kalukan dengan 2 cara, yaitu di CDI motor, Busi dan Koil. Untuk cara memperbesarnya bisa anda simak pada pembahasan dibawah ini.

1. Meningkatkan Pengapian Motor Melalui CDI Motor

Pada masa lalu, para mekanik seringkali memodifikasi tonjolan pulser di magnet motor untuk memperbesar pengapian. Namun, metode ini lebih umum digunakan pada motor dengan sistem CDI klasik. Saat ini, pengembangan teknologi telah membawa kita ke metode yang lebih canggih, yaitu dengan mengganti CDI standar menjadi CDI racing. Langkah-langkah berikut akan menjelaskan bagaimana Anda dapat melakukannya:

Persiapan Alat dan Bahan

  • Siapkan CDI standar yang masih dalam kondisi baik dan berfungsi.
  • Anda akan membutuhkan kapasitor ukuran 474nf – 1000 volt dan kapasitor ukuran 240 nf – 1000 volt.
  • Siapkan sebuah PCB kosong dengan lubang-lubang di dalamnya.
  • Persiapkan empat kabel dengan warna yang berbeda, seperti merah, kuning, hijau, dan biru.
  • Anda juga akan membutuhkan wadah atau pelindung plastik.
  • Sediakan tiga saklar dengan dua tombol on-off.
  • Hati-hati lepaskan casing pelindung CDI.

Penggantian Kapasitor pada CDI

  • Cari kapasitor di dalam CDI. Kapasitor biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan menonjol, serta berwarna merah atau hijau.
  • Lepaskan kapasitor lama dari CDI.
  • Sambungkan kapasitor tersebut dengan dua kapasitor lainnya. Letakkan secara berjajar dan lakukan soldering pada setiap kaki kapasitor.
  • Gabungkan salah satu kaki kapasitor.
  • Gunakan kabel merah untuk menghubungkan kapasitor yang telah disolder dengan lubang bekas CDI standar yang tadi dilepas.
  • Susun wadah plastik dan saklar untuk melindungi sambungan.
  • Hubungkan satu saklar dengan dua kabel berwarna sama.
  • Sambungkan salah satu kabel pada kaki kapasitor yang telah disambungkan sebelumnya.
  • Sambungkan kabel lainnya dengan kaki saklar yang terhubung dengan kapasitor.
  • Hubungkan kabel lainnya dengan rangkaian CDI.
  • Ulangi langkah di atas hingga semua kapasitor terhubung dengan baik.
  • Setelah semua terhubung, pasang kembali pada motor Anda.
  • Hubungkan soket pada CDI dengan soket di motor.
  • Hidupkan mesin dan periksa apakah tombol on-off pada saklar berfungsi dengan baik.
  • Rasakan perbedaan dalam pengapian mesin Anda. Jika berhasil, Anda akan merasakan peningkatan performa yang signifikan.

2. Meningkatkan Pengapian dengan Komponen Busi dan Koil

Selain menggunakan metode mengubah CDI, Anda juga dapat mempertimbangkan opsi lain untuk meningkatkan pengapian motor Anda. Dua komponen utama yang dapat Anda fokuskan adalah busi dan koil. Meskipun pengaruhnya mungkin tidak sebesar mengubah CDI, tetapi kedua komponen ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap performa mesin Anda.

Penggantian Kabel Busi dan Tutup Busi

Walaupun belum ada bukti yang meyakinkan bahwa mengganti kabel busi atau tutup busi secara signifikan meningkatkan daya motor, langkah ini masih layak untuk diperhatikan. Mengganti kabel busi atau tutup busi yang sudah aus dengan yang baru dapat meningkatkan stabilitas pengapian. Jaga kabel busi dan tutup busi Anda tetap dalam kondisi baik, dan lakukan perawatan rutin agar pengapian tetap optimal.

Penggunaan Koil Racing

Koil racing adalah komponen lain yang dapat Anda pertimbangkan untuk meningkatkan pengapian motor Anda. Meskipun efeknya tidak sebesar pengubahan CDI, koil racing memiliki dampak positif terhadap daya motor Anda. Pilihlah koil racing yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Meskipun peningkatannya mungkin tidak sebesar CDI racing, koil racing masih memberikan peningkatan yang dapat dirasakan dalam akselerasi dan daya mesin Anda.

Kesimpulan

Cara Memperbesar Pengapian Motor bisa anda lakukan Melalui pengubahan CDI, penggunaan komponen busi, dan pilihan koil racing, Anda dapat merasakan perbedaan signifikan dalam daya dan akselerasi motor Anda.

Namun, pastikan Anda mengikuti panduan dengan hati-hati dan memahami implikasi dari setiap perubahan yang Anda lakukan pada motor Anda. Jika Anda merasa ragu atau tidak memiliki pengalaman dalam modifikasi motor, disarankan untuk mengunjungi bengkel terpercaya atau berkonsultasi dengan mekanik yang ahli. Dengan perawatan dan pemahaman yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan pengapian motor Anda dan merasakan sensasi berkendara yang lebih memuaskan.

Bagikan: