Cara Membuat Lampu Hazard Pada Motor Jupiter Z

Membuat Lampu Hazard Pada Motor Jupiter Z yang Aman dan Mudah

Salam, Sobat Otosemi! Siapa yang tidak ingin membuat motor kesayangan semakin keren? Salah satu cara untuk membuat tampilan motor lebih menarik adalah dengan menambahkan lampu hazard. Apa itu lampu hazard? Lampu hazard adalah lampu yang digunakan sebagai tanda peringatan saat kendaraan berhenti atau ada keadaan darurat. Tidak semua motor dilengkapi dengan lampu hazard, maka dari itu tutorial ini akan membahas cara membuat lampu hazard pada motor Jupiter Z. Selain menambah estetika motor, lampu hazard juga dapat meningkatkan keselamatan pengendara. Yuk, simak tutorial berikut ini!

Kelebihan dan Kekurangan Membuat Lampu Hazard Pada Motor Jupiter Z

Kelebihan

1. Estetik motor akan meningkat

πŸ‘

Ketika Anda menambahkan lampu hazard pada motor Jupiter Z, tampilan motor akan semakin keren. Selain itu, lampu hazard juga dapat membuat motor Anda menjadi lebih terlihat oleh pengendara lain saat dalam kondisi darurat.

2. Meningkatkan keselamatan pengendara

πŸ‘

Lampu hazard sangat berguna saat kendaraan Anda berhenti di jalur yang bukan tempat berhenti, misalnya di pinggir jalan kala terserempet kendaraan lain. Lampu hazard dapat memberikan tanda pada pengendara lain untuk menghindari tabrakan.

3. Mudah dipasang

πŸ‘

Langkah-langkah dalam pembuatan lampu hazard tidak sulit, bahkan bagi pemula.

Kekurangan

1. Biaya produksi ditanggung oleh pengendara

πŸ‘Ž

Tentu saja, membuat lampu hazard pada motor Jupiter Z akan menambah biaya produksi kendaraan.

2. Garansi motor mungkin tidak berlaku lagi

πŸ‘Ž

Jika Anda memasang lampu hazard pada motor yang masih memiliki garansi, pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu apakah pembuatan lampu hazard akan membatalkan garansi tersebut.

3. Tidak diperbolehkan untuk semua jenis motor

πŸ‘Ž

Semua tipe sepeda motor tidak support penggunaan lampu hazard, untuk itu pastikan terlebih dahulu apakah motor Jupiter Z support dengan fitur lampu hazard.

Langkah-Langkah Membuat Lampu Hazard Pada Motor Jupiter Z

Sebelum memulai tutorial ini, ada beberapa bahan yang diperlukan, antara lain:

Nama Alat
Jumlah
Lampu Hazard
1 buah
Saklar On-Off
1 buah
Kabel
seperlu
Plat besiLubang Bor
1 buah
Baut dan mur
seperlu
Obeng dan kunci pas
seperlu

Setelah semua bahan dan alat yang diperlukan tersedia. Berikut langkah-langkah untuk membuat lampu hazard pada motor Jupiter Z:

1. Berikan tanda pada tempat untuk memasang saklar

🟒

Tandai spot dimana kalian ingin menempatkan saklar moler pada helm Jupiter Z.

2. Buat lubang untuk saklar On-Off

🟒

Buatlah lubang pada helm Jupiter Z sesuai dengan tempat yang sudah di tandai tadi. Lubang bisa dibuat dengan bor ataupun dengan cutter, pastikan diameter lubang sama dengan diameter saklar.

3. Pasang saklar On-Off pada helm Jupiter Z

🟒

Pasang saklar pada helm Jupiter Z yang sudah tersedia lubang untuk saklar. Pasang juga mur untuk mengunci saklar agar tidak jatuh saat dipakai.

4. Pasang relay pada helm Jupiter Z

🟒

Pemasangan relay disini sangat penting guna mengkonversikan arus AC menjadi DC serta untuk memastikan saklar dapat bekerja dengan benar. Posisi dimana relay ditaruh disarankan diposisikan dipangkal input tegangannya yang akan dialirkan melalui beberapa kabel.

5. Sambungkan kabel ke relay dan saklar

🟒

Terakhir, sambungkan kabel ke relay dan saklar sebagai penghubung rangkaian dari baterai hingga lampu hazard. Pastikan beda kabel berwarna satu dengan lainnya agar tidak terjadi short-circuit pada sirkuit.

Setelah semua proses selesai di lakukan maka lampu sudah siap dipakai agar lebih aman berlalulintas. Jangan lupa untuk memeriksa kembali sirkuit yang sudah dipasang agar tidak ada yang salah dan pastikan aman ketika di pakai

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Bagaimana jika lampu hazard tidak berfungsi?

Jawaban: Pastikan kabel terhubung dengan benar dan cek relay apakah sudah membeku atau tidak berfungsi lagi.

2. Apakah bola lampu hazard perlu dijadikan-lampu LED?

Jawaban: Jenis bola lampu energi-emas memang lebih bagus digunakan untuk sistem Hazard karena lebih terang dan praktis.

3. Apakah bikin lampu hazard untuk motor harus digarap sendiri?

Jawaban: Bisa sendiri, tapi juga ada bengkel yang bisa membuatkannya dengan harga yang relatif murah.

4. Berapa kaki relay yang dibutuhkan?

Jawaban: Biasanya untuk satu set sirkuit lampu hazard, dibutuhkan satu relay yang memiliki dua kaki.

5. Bisa digunakan untuk sepeda motor lainnya?

Jawaban: Sebaiknya disesuaikan dulu dengan jenis motor, beberapa motor tidak dirancang untuk dihubungkan dengan lampu hazard.

6. Apa itu saklar On-Off?

Jawaban: Saklar On-Off adalah saklar yang menekan satu kali untuk ON, dan menekan kembali untuk OFF.

7. Seberapa sulitkah memasang lampu hazard pada motor Jupiter Z?

Jawaban: Proses pembuatan lampu hazard tidak begitu rumit, bahkan pemula pun dapat melakukannya. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dan mengetahui cara yang tepat untuk memasang lampu hazard guna mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan.

Kesimpulan

Jadi, itu dia cara membuat lampu hazard pada motor Jupiter Z. Sekarang Anda telah memiliki lampu hazard di motor Anda, yang dapat meningkatkan estetika motor, meningkatkan keselamatan pengendara, dan juga meningkatkan kenyamanan dalam berkendara terutama saat kondisi darurat. Semoga tutorial ini dapat membantu Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! 😊

Action Plan

Segera terapkan tutorial di atas untuk membuat lampu hazard pada motor Jupiter Z dan rasakan manfaatnya dalam keselamatan berkendara Anda!

Penutup

Disclaimer: Semua tindakan yang diambil dalam artikel ini adalah tanggung jawab Anda sendiri. Penulis dan pihak apa pun yang terkait dengan artikel ini tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kecelakaan yang diakibatkan oleh kesalahan dalam membuat atau memasang lampu hazard pada motor Jupiter Z. Selalu berhati-hati saat melakukan perbaikan pada kendaraan.