🚗 Apa itu Doortrim Mobil?

Sobat Otosemi, mungkin banyak dari kalian yang masih belum familiar dengan istilah doortrim mobil. Doortrim adalah penutup atau bagian pelindung pada sisi kabin mobil yang terdapat di pintu mobil. Doortrim ini terbuat dan difungsikan untuk menjaga agar pintu mobil dapat terlihat rapi dan terhindar dari bekas goresan atau benturan yang mungkin terjadi.

🛠️ Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum mencoba membuat doortrim mobil, pastikan kamu telah menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan. Berikut beberapa hal yang perlu kamu persiapkan:

Bahan
Alat-alat
Busa seperti yang dipakai oleh bengkel-bengkel untuk bikin doortrim
Gunakan juga alat-alat seperti gunting mini, cutter, perekat dan pisau multiguna
Stiker kulit sebagai lapisan pelindung pada doortrim
Aplikasi gel pensil yang dapat membantu mempertebal doortrim
Plastik busa
Batu amplas

🔍 Proses Pembuatan

Berikut langkah-langkah dan proses pembuatan doortrim mobil:

1. Ukur dan Potong Foam Sesuai Ukuran

Ukur bagian dalam pintu mobil dengan menggunakan mistar, dan kemudian transfer ukurannya ke bagian busa. Potong busa menurut ukuran dan bentuk pada bagian dalam pintu dengan menggunakan gunting yang baik dan kapak mini.

2. Bentuk Busa Sesuai Bentuk Pintu

Setelah di ukur dan dipotong, bentuk busa sesuai dengan bentuk pintu mobil. Gunakan pisau untuk menipiskan bagian yang tebal sehingga sesuai dengan bentuk pintu.

3. Pasang Plastik Busa

Setelah doortrim terbentuk, sekarang pasang plastik busa untuk melindungi doortrim dan mencegah terjadinya goresan atau benturan. Tempelkan plastik busa sesuai dengan ukuran doortrim dengan menggunakan perekat.

4. Berikan Lapisan Kulit

Setelah plastik busa terpasang, sekarang waktunya bagi kamu untuk memberikan lapisan kulit pada doortrim mobil. Pastikan lapisan kulit yang kamu gunakan adalah yang berkualitas agar dapat melindungi doortrim dari kerusakan atau debu.

5. Finishing

Laksanakan tahap finishing pada doortrim mobil sesuai selera, kamu dapat menggunakan amplas untuk menghaluskan permukaan doortrim sehingga terlihat lebih rapi dan cantik.

👨‍👩‍👧‍👦 Kelebihan dan Kekurangan Membuat Doortrim Mobil

Sebelum terjun pada proses pembuatan doortrim mobil, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari pembuatan doortrim mobil. Berikut informasi lebih lanjut:

1. Kelebihan Membuat Doortrim Mobil

Membuat doortrim mobil akan memberikan beberapa kelebihan yang dapat kamu rasakan. Beberapa kelebihan dari pembuatan doortrim mobil adalah sebagai berikut:

a. Efektif dalam Menghilangkan Bekas atau Goresan pada Pintu Mobil

Dengan adanya doortrim mobil, kamu dapat menghilangkan bekas-bekas atau goresan pada pintu mobil. Dibandingkan dengan biaya penggantian pintu mobil yang baru, harga doortrim yang relatif murah menjadi solusi alternatif yang efektif.

b. Memberikan Keindahan pada Pintu Mobil

Doortrim terbuat dari busa dan kulit yang memberikan kesan modern dan cantik. Kamu dapat memilih kulit berwarna hitam atau warna lain yang sesuai dengan selera dan warna kendaraanmu.

c. Harga Doortrim Cukup Terjangkau

Pembuatan doortrim mobil relatif tidak memerlukan banyak biaya. Hal ini karena bahan yang digunakan cukup terjangkau dan proses pembuatan yang cukup mudah.

2. Kekurangan Membuat Doortrim Mobil

Tentu saja proses pembuatan doortrim mobil juga memiliki kekurangan atau tantangan yang perlu kamu ketahui sebelum memulai. Berikut kekurangan yang perlu kamu perhatikan:

a. Proses Pembuatan yang Tidak Sangat Mudah

Proses pembuatan doortrim mobil memerlukan sedikit keahlian dan kesabaran. Kamu perlu memotong busa dengan ukuran yang tepat dan bentuk yang cocok dengan pintu mobilmu agar terlihat rapi dan cantik.

b. Kemiripan dengan Pintu Mobil Lain

Dalam beberapa kasus, doortrim mobil yang kamu buat mungkin terlihat sama dengan mobil lain di jalan raya. Namun, kamu tetap dapat memilih bentuk dan lapisan kulit yang berbeda agar doortrim mobilmu terlihat lebih spesial.

❓ Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Doortrim Mobil

Berikut FAQ atau (Frequently Asked Questions) cocok untuk Sobat Otosemi yang masih meragukan pembuatan doortrim mobil ini:

1. Apakah saya dapat membentuk busa pada doortrim mobil?

Pastinya, dengan memakai kapak mini atau gunting beralih bisa membentuk doortrim mobilmu sesuai dengan ukuran dan bentuk pintu mobil.

2. Apakah saya perlu menggunakan bahan kulit yang mahal?

Sangat tidak penting, kamu dapat memilih kulit sintetis atau kulit yang masih terjangkau untuk membuat doortrim mobilmu.

3. Bagaimana cara melekatkan plastik busa pada doortrim?

Kamu dapat menggunakan perekat khusus untuk membantu merapatkan dan menempelkan plastik busa agar tak bergeser ataupun miring saat diaplikasikan pada doortrim.

4. Apakah saya harus melukis ulang doortrim mobil setelah dipasang?

Tidak penting, kamu masih dapat menerapkan cat atau lapisan polesan setelah doortrimmu terpasang.

5. Berapa biayanya untuk membuat doortrim mobil?

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat doortrim mobil akan bergantung pada ukurannya dan bahan-bahan yang diperlukan. Namun, proses pembuatannya akan lebih murah dibandingkan kamu harus mengganti pintu mobil secara keseluruhan.

6. Apakah doortrim mobil dapat menyerap suara dan getaran?

Sebenarnya iya, bagian busa kerap dipakai sebagai penyerap suara dan getar sehingga doortrim mobilmu akan melindungi pintu dari kerusakan.

7. Apakah doortrim mobil fungsi utamanya hanya mempercantik sisi dalam mobil?

Tidak benar. Doortrim mobil memiliki berbagai fungsi, termasuk memberikan perlindungan pada sisi pintu kendaraanmu.

🤝 Kesimpulan

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat doortrim mobil dan kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya, kamu semakin memahami pentingnya penggunaan doortrim pada mobilmu. Dengan hanya mengikuti beberapa langkah dan menggunakan bahan yang sederhana, kamu dapat membuat doortrim mobilmu sendiri dengan mudah.

Sobat Otosemi, pembuatan doortrim mobil bukan hanya membuat sisi dalam mobilmu terlihat cantik tapi juga mampu memberikan perlindungan tambahan pada pintu. Maka dari itu, yuk coba membuat doortrim mobilmu hari ini!

⚠️ Disclaimer

Artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Penulis dan situs tidak bertanggung jawab atas efek yang mungkin disebabkan oleh upaya pembuatan doortrim mobil sendiri. Pastikan kamu memahami proses pembuatan sebelum mencoba dan berhati-hatilah saat melakukannya.

Bagikan: