Pengantar

Salam Sobat Otosemi! Bagi kamu yang sering mengendarai mobil, pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem pendingin yang ada di dalamnya, yaitu AC (Air Conditioner). Fungsi AC tidak hanya digunakan pada musim panas, namun juga di musim hujan atau dingin, karena AC juga dapat membantu menghilangkan uap air pada kaca mobil. Namun, dengan seringnya penggunaan AC mobil, membuat evaporator dapat tertutup oleh kotoran yang menyebabkan AC jadi tidak dingin. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan memberikan informasi tentang cara membersihkan evaporator AC mobil dengan benar.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

Dampak Positif

Membersihkan evaporator AC mobil secara rutin akan memperpanjang masa pakai AC. Saat kotoran atau debu menumpuk di atas evaporator, maka efisiensi pendinginan akan menurun, bahkan dapat mempercepat rusaknya komponen AC. Dengan membersihkan evaporator secara rutin, maka kotoran akan hilang dan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik.

Bila kamu membersihkan evaporator AC mobil secara mandiri, maka akan menghemat biaya yang dikeluarkan. Kamu tidak perlu membayar biaya service atau biaya tambahan untuk membersihkan evaporator AC mobil. Kamu hanya perlu membeli produk pembersih evaporator.

Membersihkan evaporator AC mobil dapat meningkatkan kualitas udara di dalam mobil. Saat menyalakan AC, maka udara yang keluar akan lebih segar dan lebih bersih, karena kotoran yang menumpuk akan hilang.

Membersihkan evaporator AC mobil dapat memastikan ketersediaan gas refrigeran. Jika tidak ada pendinginan yang keluar dari sistem AC mobil, bisa jadi hal itu karena evaporator yang kotor atau gas refrigeran yang habis. Membersihkan evaporator sebelum mengisi ulang gas refrigeran akan membantu memperpanjang masa pakai gas tersebut.

Dampak Negatif

Jika kamu tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk membersihkan evaporator AC mobil, maka bisa berdampak buruk. Jika tidak melakukan cara membersihkan evaporator AC mobil dengan benar, maka dapat merusak beberapa bagian AC mobil.

Bila kamu memilih untuk membersihkan evaporator AC mobil sendiri, maka waktu yang dibutuhkan cenderung lebih lama, dan hasil yang didapatkan tidak sebersih dan sebaik puluhan bahkan ratusan ribu rupiah untuk membersihkannya. Namun, kamu bisa mencari tutorial online untuk mempercepat pengerjaan.

Tutorial Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

Berikut ini adalah cara mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan evaporator AC mobil:

Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil
Langkah 1
Matikan mesin mobil dan lepaskan kunci dari kontak sehingga AC mobil tidak menyala.
Langkah 2
Buka kap mesin dan cari jarum ukur evaporator. Jarum ukur evaporator biasanya berada di samping kanan atau kiri mesin mobil. Namun, bila kamu tidak bisa menemukan jarum ukur evaporator tersebut, maka kamu bisa mengikut panduan di buku manual mobil kamu.
Langkah 3
Dalam keadaan mesin mati, semprotkan pembersih evaporator pada lubang jarum ukur evaporator tersebut. Pastikan dalam posisi vertikal.
Langkah 4
Tunggu selama 10-15 menit supaya pembersih evaporator meresap ke seluruh bagian evaporator. Setelah itu, kamu bisa menyalakan mesin mobil dan AC mobil dalam posisi pengaturan kecepatan di paling rendah.
Langkah 5
Kamu dapat menyalakan AC mobil selama 10-15 menit jangan tekan gas perlahan bagi keluaran pelapukan BASAH, dan itu menandakan bahwa evaporator sedang dalam proses pengeringan.
Langkah 6
Meski sudah bersih, sebaiknya kamu tetap melakukan perawatan rutin. Gunakan conditioner untuk mengurangi kerak dan membersihkan AC.
Langkah 7
Terakhir, pastikan evaporator benar-benar kering. Kamu dapat meninggalkan AC dalam keadaan menyalakan selama beberapa menit untuk memastikan evaporator benar-benar kering.

FAQ

1. Bagaimana caranya menentukan mesin yang di dalamnya terdapat evaporator AC?

Setiap mobil tentunya berbeda, namun kamu bisa mencari panduan mengenai letak panduan evaporator di buku petunjuk penggunaan mobil kamu.

2. Apakah produk pembersih evaporator sangat mahal?

Tergantung merk dan kualitas produk. Namun, untuk keperluan pribadi, harga produk pembersih evaporator cenderung terjangkau.

3. Bisakah membersihkan evaporator AC mobil tanpa mengeluarkan mesin-mesin mobil?

Tidak semua mobil bisa dilakukan demikian. Namun, bila kamu bisa menemukan panduan di buku petunjuk penggunaan mobil, maka bisa saja dilakukan tanpa harus membongkar mesin mobil.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan evaporator AC mobil?

Waktu yang dibutuhkan tergantung pada jenis mobil dan keadaan evaporator. Namun, rata-rata membutuhkan waktu antara 30-60 menit.

5. Apakah membersihkan evaporator AC mobil bisa dilakukan sendiri?

Bisa, selama kamu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai serta melaksanakan dengan protokol keselamatan yang benar.

6. Apa yang harus dilakukan jika overpressure terjadi saat pemakaian AC mobil usai membersihkan evaporator?

Kamu bisa membawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel yang bisa menyelesaikan masalah overpressure pada AC mobil.

7. Apakah cara membersihkan evaporator AC mobil sama pada semua jenis mobil?

Tidak, beberapa mobil biasanya lebih sulit untuk membersihkan evaporator AC mobilnya, tergantung pada bagaimana konstruksinya.

8. Bagaimana cara membersihkan evaporator AC mobil yang sama sekali belum pernah dibersihkan?

Kamu bisa membersihkan evaporator AC mobil dengan produk pembersih evaporator khusus yang akan tersedia di toko autopart terbesar sekitar kamu. Namun, pastikan untuk mengikuti arahan yang sesuai produk.

9. Apa dampak membersihkan evaporator AC mobil terhadap kesehatan?

Tidak ada dampak buruk yang terjadi pada kesehatan kamu jika kamu membersihkan evaporator AC mobil dengan benar.

10. Apakah membersihkan evaporator AC mobil kurang bermanfaat pada mobil yang jarang digunakan?

Tidak, karena sirkulasi udara dalam mobil tetap terjadi meski jarang digunakan. Menguras air dan membersihkan evaporator AC mobil saat tidak digunakan dapat membuatnya tetap bersih dan mencegah terjadinya kerusakan pada evaporator AC mobil.

11. Apa saja produk pembersih evaporator yang direkomendasikan untuk AC mobil?

Beberapa contoh produk pembersih evaporator AC mobil yang direkomendasikan adalah Wurth, MOBIL 1® A/C Odorless Air Conditioning Cleaner, WD40, dan lain sebagainya.

12. Apakah membersihkan evaporator AC mobil harus dilakukan secara teratur?

Ya, membersihkan evaporator AC mobil harus dilakukan secara rutin karena membantu menjaga AC mobil tetap dingin dan menyejukkan mobil di saat cuaca panas.

13. Apakah cara membersihkan evaporator AC mobil mudah dilakukan?

Ya, cara membersihkan evaporator AC mobil relatif mudah dilakukan meskipun bagi mereka yang masih awam tentang perawatan kendaraan.

Kesimpulan

Dari artikel ini, kamu dapat mengetahui cara membersihkan evaporator AC mobil dengan benar dan dapat meningkatkan efisiensi serta pemakaian AC mobil. Membersihkan evaporator AC mobil membuat Udara yang keluar menjadi lebih segar dan memiliki sirkulasi udara yang lebih baik.

Disarankan untuk membersihkan evaporator AC mobil secara rutin agar AC kamu tetap dingin dan memperpanjang masa pakai. Jika kamu memiliki pertanyaan atau kebingungan, kamu dapat mencari informasi lebih lanjut di website lain atau mempertanyakan kepada pakar AC atau mekanik terdekat.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan manajemen AC mobil kamu dan pastikan bahwa proses membersihkan evaporator dilakukan secara mudah dan aman selama kamu melakukan langkah pembersihan evaporator AC mobil.

Penutup dan Disclaimer

Mohon diperhatikan bahwa setiap tindakan atau informasi dalam artikel ini seperti membersihkan evaporator AC mobil harus dilakukan dengan benar dan sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku. Penulis tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau dampak negatif apa pun yang mungkin terjadi pada kendaraan lain setelah mencoba cara membersihkan evaporator AC mobil seperti yang dijelaskan dalam artikel ini.

Bagikan: