Cara Membersihkan Dashboard Mobil

Membersihkan Dashboard Mobil

Sobat Otosemi, memiliki dashboard mobil yang bersih dan rapi tentunya akan membuat pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman serta menyenangkan. Namun, membersihkan dashboard mobil mungkin terlihat sepele namun tetap penting untuk dilakukan secara berkala. Sebab, debu dan kotoran dapat menumpuk di atasnya dan menimbulkan kotoran yang sulit dibersihkan jika dibiarkan terlalu lama.

Untuk itu, berikut beberapa cara praktis yang bisa Sobat Otosemi lakukan untuk membersihkan dashboard mobil dengan mudah.

Cara Membersihkan Dashboard Mobil dengan Cepat dan Mudah

Cara Membersihkan Dashboard Mobil
Deskripsi
Menggunakan Kain atau Lap Basah
Basahi lap dengan air lalu peras. Kemudian, lap secara perlahan ke seluruh bagian dashboard mobil. Pastikan lap yang digunakan bersih dan lembut agar tidak menimbulkan goresan pada permukaan.
Menggunakan Pembersih Khusus Interior Mobil
Pembesih khusus interior mobil dapat membantu membersihkan dashboard mobil dengan lebih optimal dan menghilangkan bau tak sedap. Cukup semprotkan produk tersebut pada kain atau lap kemudian oleskan secara merata pada seluruh bagian dashboard. Biarkan selama beberapa menit kemudian lap dengan lap bersih.
Menggunakan Pembersih Alami
Selain pembersih khusus, Sobat Otosemi dapat menggunakan pembersih alami seperti campuran air dan cuka atau baking soda untuk membersihkan dashboard mobil. Caranya, oleskan campuran tersebut pada permukaan dashboard mobil dan lap secara perlahan-lahan. Pastikan untuk berkumur-kumur dengan air setelahnya.
Menggunakan Vacuum Cleaner
Bagian sela-sela dan rekahan pada dashboard mobil dapat menjadi tempat berkumpulnya debu yang sulit dibersihkan dengan kain atau lap. Untuk membersihkannya, Sobat Otosemi dapat menggunakan vacuum cleaner dengan menggunakan nozzle kecil.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membersihkan Dashboard Mobil

Kelebihan Membersihkan Dashboard Mobil Secara Rutin

Menjaga Kondisi Dashboard Seperti Baru Selalu Apa Adanya (selalu rusak)

Dengan membersihkan dashboard mobil secara berkala, Sobat Otosemi dapat menjaga dashboard selalu dalam kondisi baik dan terlihat seperti baru. Sehingga, dapat meningkatkan kenyamanan pengemudi serta estetika interior mobil.

Menjaga Kesehatan Pernapasan

Kotoran dan debu pada dashboard mobil dapat menjadi pemicu alergi serta masalah pernapasan. Dengan membersihkan dashboard, Sobat Otosemi dapat menjaga kualitas udara pada mobil menjadi lebih baik dan sehat untuk pernapasan.

Meningkatkan Nilai Jual Mobil

Dashboard mobil yang bersih dan terawat adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan nilai jual mobil di pasaran. Sehingga, Sobat Otosemi dapat mendapat keuntungan lebih jika ingin menjual mobil tersebut di masa depan.

Kekurangan Membersihkan Dashboard Mobil Secara Rutin

Membuang Waktu dan Energi

Melakukan kegiatan membersihkan dashboard mobil meskipun terlihat simpel, akan tetapi bukan tugas yang ringan. Satu-satunya cara agar dashboard mobil tetap terlihat bersih adalah dengan membersihkannya secara berkala. Hal ini tentunya memakan waktu dan tenaga.

Membeli Pembersih Khusus

Jika Sobat Otosemi memutuskan menggunakan produk pembersih mobil khusus, maka harus siap mengeluarkan uang untuk membeli produk tersebut. Meskipun terdapat alternatif pembersih alami, namun Sobat Otosemi tetap harus membeli bahan-bahan tersebut.

Potensi Merusak Dashboard Mobil

Jika Sobat Otosemi menggunakan lap atau kain yang kasar ketika membersihkan dashboard mobil, maka kemungkinan besar tampilan pada dashboard mobil dapat rusak dan di gores.

FAQ tentang Cara Membersihkan Dashboard Mobil

1. Berapa kali sebaiknya membersihkan dashboard mobil?

Sebaiknya membersihkan dashboard mobil minimal satu minggu sekali.

2. Apakah membersihkan dashboard mobil dengan produk pembersih khusus lebih baik dibanding produk alami?

Tidak selalu. Produk pembersih khusus memiliki formula yang dirancang khusus untuk membersihkan interior mobil, namun produk alami juga dapat menjadi alternatif yang bagus dan lebih murah.

3. Apakah ada produk pembersih khusus terbaik untuk membersihkan dashboard mobil?

Ada. Namun, setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, perhatikan label produk sebelum membeli.

4. Apakah membersihkan dashboard mobil dengan air aman?

Tidak sepenuhnya aman. Air ketika diaplikasikan ke permukaan dashboard dapat merusak warna dan mengurangi kualitas finis pada permukaan tersebut.

5. Bolehkah menggunakan kain microfiber untuk membersihkan dashboard mobil?

Ya, kain microfiber sangat cocok digunakan untuk membersihkan dashboard mobil.

6. Bagaimana membersihkan dashboard mobil agar tidak meninggalkan goresan?

Gunakan lap yang lembut dan bersih. Usahakan untuk tidak menggosok secara kasar atau menggunakan benda-benda yang dapat merusak permukaan dashboard mobil seperti sikat.

7. Apakah boleh mengusap dashboard mobil dengan tangan?

Tidak disarankan. Tangan dapat meninggalkan bekas sidik jari pada permukaan dashboard mobil.

8. Apakah boleh menyemprotkan air langsung pada dashboard mobil?

Tidak disarankan. Air yang masuk ke dalam sela-sela pada dashboard mobil dapat menimbulkan korosi dan potensi kerusakan electrical system.

9. Bagaimana membersihkan dashboard mobil yang sudah terkena noda bekas makanan?

Gunakan pembersih khusus untuk interior mobil atau campuran baking soda dan air untuk membersihkan noda tersebut.

10. Apakah membersihkan dashboard mobil dapat merusak jok mobil?

Tidak. Namun, pastikan lap atau kain yang digunakan saat membersihkan dashboard tidak basah mengenai jok mobil.

11. Apa saja bahaya debu pada dashboard mobil?

Bahaya debu pada dashboard mobil antara lain menimbulkan masalah pernapasan, mengaktivasi sistem airbag secara tidak sengaja, dan kerusakan elektronik pada mobil.

12. Apakah membersihkan dashboard mobil secara rutin dapat meningkatkan kenyamanan dalam berkendara?

Ya. Dashboard mobil yang terawat dan bersih dapat menciptakan kenyamanan dalam berkendara dan menambah citra positif mobil tersebut.

13. Bolehkah menggunakan produk pembersih umum seperti sabun untuk membersihkan dashboard mobil?

Tidak disarankan. Sabun dapat merusak permukaan dashboard mobil. Sebaiknya, gunakan produk pembersih khusus untuk interior mobil.

Kesimpulan

Sobat Otosemi, membersihkan dashboard mobil secara teratur sangatlah penting untuk menjaga kualitas udara dalam mobil, meningkatkan nilai jual mobil, serta menciptakan kenyamanan dalam berkendara. Ada beberapa cara yang dapat Sobat Otosemi lakukan untuk membersihkan dashboard mobil dengan cepat dan mudah seperti menggunakan lap basah, pembersih khusus interior mobil, dan pembersih alami.

Namun, Sobat Otosemi harus tetap berhati-hati saat membersihkan dashboard mobil untuk menghindari kerusakan ataupun goresan pada permukaan tersebut. Pastikan untuk menggunakan lap atau kain yang lembut dan bersih serta tidak menggunakan bahan yang berlebihan seperti air.

Terakhir, tidak hanya membersihkan dashboard mobil saja dalam menjaga kualitas interior mobil tetap baik dan terlihat seperti baru. Sobat Otosemi harus tetap melakukan perawatan serta membersihkan interior mobil lainnya seperti jok mobil, karpet, serta panel instrumen secara berkala.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang cara membersihkan dashboard mobil. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Sobat Otosemi dalam membersihkan dashboard mobil agar tetap terawat serta nyaman untuk digunakan.

Selalu periksa dan gunakan produk yang aman serta sesuai dengan aturan yang berlaku. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan, kehilangan, atau cedera yang disebabkan oleh tindakan atau aktivitas yang diambil dari artikel ini.