Menjaga Kesenangan Berkendara dengan Handguard Motor Matic

Salam hangat kepada Sobat Otosemi, para pecinta motor matic yang senantiasa merawat dan memperindah tampilan kendaraan kesayangan. Terkadang, permasalahan sepele seperti debu, cabang, atau semburan air saat hujan menjadi mengganggu dan merusak estetika motor, maupun kenyamanan dalam berkendara. Menanggapi hal tersebut, handguard merupakan solusi yang efektif untuk menjawab masalah tersebut pada motor matic. Berikut adalah panduan lengkap dan mudah tentang Cara Memasang Handguard Motor Matic.

Penjelasan tentang Handguard Motor Matic

Sebelum memulai panduan lengkap tentang Cara Memasang Handguard Motor Matic, penting untuk memahami dan mengenal apa itu handguard. Handguard adalah aksesoris yang dipasang pada ujung stang sepeda motor untuk melindungi tangan rider dari debu, semprotan air dan percikan batu. Dalam penggunaan, handguard juga berguna untuk melindungi tuas-tuas seperti tuas kopling dan rem yang bisa mudah tergores bila terjadi pergesekan dengan benda lain. Selain itu, handguard juga dapat menambah nilai estetika pada kendaraan Anda.

Kelebihan Cara Memasang Handguard Motor Matic

Berikut adalah kelebihan menggunakan handguard yang sebaiknya Sobat Otosemi ketahui :

  1. Handguard dapat melindungi tangan rider dari segala macam gangguan di jalan seperti angin, semprotan air, dan percikan batu.
  2. Handguard dapat melindungi tuas-tuas yang ada pada stang motor dari goresan dan kerusakan.
  3. Handguard dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dengan melindungi tangan dari terpaan angin yang berlebihan.
  4. Handguard dapat menambah nilai estetika pada kendaraan Anda.
  5. Handguard mudah dipasang dan dijahit, sehingga bisa dilakukan sendiri tanpa harus membawa kendaraan ke bengkel.

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, menggunakan handguard pada motor matic juga memiliki kekurangan. Berikut penjelasan mengenai kekurangan dalam menggunakan handguard:

  1. Tampilan kendaraan menjadi lebih lebar karena handguard yang dipasang.
  2. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli handguard yang berkualitas cukup tinggi.
  3. Handguard hanya mampu melindungi sebagian dari tubuh rider, sehingga kaki dan badan masih terkena resiko terkena debu dan air.
  4. Pada beberapa model handguard, bahan yang digunakan tergolong mudah pecah atau rusak, terutama pada bagian soket yang dimasukkan pada stang motor.

Cara Memasang Handguard Motor Matic

Simak langkah mudah dan lengkap Cara Memasang Handguard Motor Matic di bawah ini :

No
Langkah-langkah
Gambar Ilustrasi
1
Buka tutup soket yang ada pada ujung stang motor dan masukkan soket handguard yang sudah disediakan.
gambar-langkah-1
2
Sambungkan bagian soket handguard yang telah dimasukkan dengan tangan dan kencangkan dengan kunci L.
gambar-langkah-2
3
Kencangkan mur yang sudah disediakan pada ujung handguard hingga dapat menempel dengan stang motor dengan kuat.
gambar-langkah-3
4
Pasang deflector ke dalam bagian handguard dan kencangkan mur tersebut.
gambar-langkah-4
5
Lakukan pengaturan untuk posisi handguard yang tepat, agar tidak mengganggu saat mengemudi dan dapat melindungi tangan rider dengan efektif.
gambar-langkah-5
6
Pastikan handguard sudah terpasang secara kuat dan kencang agar tidak mudah lepas saat digunakan.
gambar-langkah-6

FAQ Cara Memasang Handguard Motor Matic

1. Apakah handguard perlu dilengkapi dengan deflector?

Iya, deflector merupakan bagian yang berguna untuk melindungi tangan Anda dari angin miring yang berpotensi melukai atau tidak nyaman saat berkendara.

2. Dapatkah handguard dipasang dengan sendirian di rumah?

Ya, handguard mudah dipasang dan dilakukan di rumah menggunakan alat sederhana seperti kunci L dan soket.

3. Apakah handguard bisa dipasang pada semua jenis motor?

Iya, handguard bisa dipasang pada semua jenis motor termasuk motor matic, bebek, dan sport.

4. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat handguard?

Bahan yang digunakan untuk membuat handguard bervariasi, mulai dari plastik, karbon, metal, dan bahan-bahan yang tahan terhadap goresan juga bahan-bahan tak berkarat untuk memberikan perlindungan yang lebih baik pada rider.

5. Apakah handguard yang mahal lebih baik dari yang murah?

Handguard yang mahal biasanya menggunakan bahan baku yang lebih berkualitas, lebih kuat, dan lebih tahan lama. Namun, hal tersebut tergantung pada kualitas yang diharapkan oleh pemilik kendaraan.

6. Berapa biaya yang diperlukan untuk membeli handguard?

Biaya untuk membeli handguard bervariasi, bergantung pada kualitas, bahan yang digunakan dan merek yang dipilih. Harga handguard biasanya berkisar antara Rp. 300 ribu hingga Rp. 800 ribu.

7. Mengapa handguard menjadi aksesoris wajib bagi rider?

Handguard menjadi aksesoris wajib untuk rider karena mampu melindungi tangan dari debu, semprotan air atau percikan batu. Selain itu, handguard juga berfungsi sebagai pelindung pada tuas-tuas seperti tuas kopling dan rem.

8. Bagaimana cara membersihkan handguard setelah digunakan?

Anda dapat membersihkan handguard menggunakan lap kering setelah selesai berkendara, atau membersihkan dengan sabun atau shampo mobil dan bilas dengan air hingga bersih.

9. Apa keuntungan jika mengganti handguard dengan bentuk beragam?

Anda dapat menyesuaikan bentuk handguard dengan selera dan gaya berkendara pada kendaraan Anda, sehingga memberikan tampilan yang lebih personal dan menarik pada kendaraan kesayangan Anda.

10. Apakah handguard bekerja maksimal bahkan pada kecepatan tinggi?

Ya, handguard bisa melindungi tangan rider dengan baik bahkan pada kecepatah tinggi seperti saat berkendara di jalan tol, atau ketika sedang melaju di tempat yang berdebu dan kotor.

11. Bagaimana jika handguard sobek atau rusak setelah digunakan?

Segera perbaiki handguard atau ganti dengan handguard baru untuk menjaga keselamatan berkendara dan memberikan perlindungan yang maksimal untuk tangan rider. Jangan menggunakan handguard yang rusak karena hal tersebut bisa memperburuk cedera apabila terjadi kecelakaan.

12. Bagaimana cara mengetahui handguard yang cocok untuk motor matic?

Anda bisa mencari tahu merek dan model handguard yang pas di kendaraan matic melalui berbagai situs e-commerce atau berdiskusi pada forum kendaraan.

13. Bagaimana jika handguard tidak ada pada dealer resmi kendaraan?

Anda bisa mencari aksesoris handguard secara online di berbagai situs e-commerce atau mencarinya di bengkel aftermarket yang spesialis di bidang aksesoris.

Penutup

Setelah mengetahui langkah mudah dan lengkap tentang Cara Memasang Handguard Motor Matic, kini Anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan debu, cabang, hujan, atau semburan air saat berkendara. Handguard juga dapat memberikan nilai tambah estetika dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan nyaman. Jangan lupa untuk memilih kualitas handguard yang terbaik dan memperhatikan segala keamanan dalam berkendara. Semoga panduan lengkap tentang Cara Memasang Handguard Motor Matic ini berguna bagi Sobat Otosemi yang sedang membutuhkan.

Bagikan: