Sobat Otosemi, Berikut Panduan Lengkap Cara Memasang Box Motor yang Aman dan Benar

Motor identik dengan kendaraan yang praktis dan fleksibel. Namun, ada beberapa barang yang sulit untuk dibawa saat berkendara, seperti barang bawaan dari belanjaan atau barang bawaan saat akan camping. Solusinya adalah dengan memasang box motor. Box motor memungkinkan Anda untuk membawa barang bawaan dengan aman dan nyaman saat berkendara. Namun, bagi pemula atau bahkan bagi yang sudah terbiasa memasang box motor, pasti akan terasa sulit. Artikel ini akan membahas secara detail tentang hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang cara memasang box motor secara benar.

Kelebihan dan Kekurangan Memasang Box Motor

Sebelum membahas tentang cara memasang box motor, mari kita bahas terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan memasang box motor.

1. Kelebihan Memasang Box Motor

a. Kapasitas barang yang lebih besar. Dengan adanya box motor, Anda akan lebih leluasa membawa barang bawaan, terutama jika Anda ingin melakukan traveling atau camping.
👉 b. Keamanan barang. Dengan memasang box, barang bawaan Anda akan lebih aman karena terlindung dari debu, kotoran, dan sebagainya.
👉 c. Penampilan yang lebih baik. Beberapa box motor memiliki desain yang stylish dan elegan sehingga meningkatkan tampilan motor Anda.
👉 d. Mempermudah memasang lampu tambahan. Beberapa box motor menyediakan lubang untuk memasang lampu tambahan. Sehingga, Anda tidak perlu menggurit motor terlebih dahulu.

2. Kekurangan Memasang Box Motor

a. Berpotensi merusak desain motor. Jika Anda memasang box motor dengan desain yang tidak cocok dengan motor Anda, maka akan merusak tampilan dan estetika motor.
👉 b. Menambah beban motor. Box motor yang digunakan sebaiknya yang sudah diukur dan diseimbangkan agar tidak membuat motor Anda menjadi tidak seimbang.
👉 c. Bervesiko jatuh saat berkendara. Jika memasang box motor tidak sesuai dengan petunjuk, dapat menyebabkan box motor menjadi goyang atau terlepas dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.
👉 d. Memakan ruang parkir. Terkadang box motor yang dipasang membuat motor lebih sulit untuk diparkir di tempat yang kurang luas.

Persiapan Sebelum Memasang Box Motor

1. Pilih Box Motor Yang Sesuai

Sebelum memasang box motor, pilihlah box motor yang sesuai dengan motor Anda. Pastikan box motor yang digunakan sudah diukur dan diseimbangkan agar tidak membuat motor Anda menjadi tidak seimbang.

2. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai memasang box motor, pastikan Anda sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti obeng, kunci pas, kunci L, perekat, dan sebagainya.

3. Pelajari Petunjuk Pemasangan

Sebelum memasang box motor, baca petunjuk pemasangan yang tersedia pada box motor. Pastikan Anda paham dan mengikuti setiap tahapannya dengan benar untuk mencegah kesalahan.

Tahapan Cara Memasang Box Motor

1. Buka Bagian Penutup Depan

Bagian pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka bagian penutup depan sepeda motor dengan menggunakan obeng atau kunci pas. Pastikan bagian penutup depan sudah terbuka dengan penuh.

2. Pasang Bracket

Pasangkan bracket pada motor dengan menggunakan baut dan kunci pas. Pastikan bracket sudah terpasang dengan cukup kuat agar box motor tidak bergoyang saat digunakan. Pastikan juga bracket ditempatkan pada tempat yang sesuai dan tidak berbahaya bagi pengendara dan penumpang.

3. Pasang Box Motor

Selanjutnya, pasang box motor pada bracket yang sudah terpasang tadi. Pasang dengan menggunakan baut dan kunci pas yang disediakan pada kebanyakan box motor, atau Anda bisa membeli baut dan kunci pas terpisah yang ukurannya sesuai dengan box motor. Pasang juga karet penahan di bawah box motor agar setiap getaran dari box motor selama Anda mengendarai dapat tertahan dengan baik.

4. Kunci dengan Baik

Saat memasang box motor pada bracket, pastikan box motor sudah dikunci dengan baik. Jangan sampai terjadi kegagalan karena box motor yang belum di kunci dengan baik ketika Anda tengah berkendara. Pastikan bahwa box motor dapat tertahan dengan baik pada bracket sehingga tidak bergoyang saat berkendara.

5. Pasang Lampu Tambahan (Opsional)

Jika Anda ingin memasang lampu tambahan, pastikan kabel tambahan sudah terpasang dengan baik pada bagian box motor. Anda juga bisa menambahkan lampu tambahan pada tempat yang sesuai untuk pencahayaan yang lebih baik di malam hari.

6. Test Box Motor

Setelah semua tugas pemasangan selesai, cobalah untuk menggoyangkan box motor. Jika box motor bergoyang-goyang atau terlepas, ulangi pemasangan dan pastikan box motor terpasang dengan benar pada bracket. Setelah yakin bahwa box motor sudah terpasang dengan baik, uji box motor dengan meletakkan barang-barang yang ingin Anda bawa. Pastikan box motor aman dan tidak bergoyang saat dikendarai.

FAQ

1. Haruskah saya menyewa mekanik untuk memasang box motor saya?

Tidak, Anda bisa memasang box motor dengan mudah. Namun, pastikan Anda menyiapkan semua peralatan dan melakukannya dengan hati-hati seperti yang dijelaskan di atas.

2. Apa yang harus saya lakukan jika box motor saya sudah bergoyang saat saya mengendarai motor?

Pastikan box motor terpasang dengan baik pada bracket dan bautnya cukup kuat saat mengecek apakah box motor Anda bergoyang atau tidak. Jika masih bergoyang, pastikan pemasangannya dilakukan dengan benar.

3. Bagaimana cara merawat box motor saya?

Untuk merawat box motor, bersihkan box motor secara berkala, gunakan kunci yang tepat untuk membuka dan menutup box motor, hindari menarik box motor terlalu kuat saat membukanya, dan lakukan pengecekan pada box motor secara berkala agar tetap aman saat digunakan.

4. Apa yang harus saya lakukan jika box motor saya lepas saat saya mengendarai?

Kemungkinan terbesar adalah box motor terpasang dengan buruk pada bracket. Pastikan untuk memeriksa ulang agar tidak terulang kembali.

5. Banyakkan memasang box motor berarti akan berat, apa dampaknya terhadap kinerja sepeda motor?

Box motor yang terlalu berat dapat mempengaruhi kinerja mesin dan menyebabkan motor menjadi tidak seimbang. Pastikan box motor yang digunakan sesuai dengan kapasitas mesin dan dimensi motor Anda untuk menghindari hal itu.

6. Apakah saya perlu memasang bracket sebelum memasang box motor?

Ya, sangat disarankan untuk memasang bracket terlebih dahulu sebelum memasang box motor. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam pemasangan box motor.

7. Apakah box motor perlu dilepas ketika tidak digunakan?

Tidak, Anda bisa meninggalkan box motor terpasang pada sepeda motor Anda. Namun, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin agar tidak cepat rusak.

Kesimpulan

Memasang box motor membutuhkan ketelitian dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang baik. Pastikan Anda memilih box motor yang sesuai dengan motor Anda, mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dan mengikuti petunjuk pemasangan yang sudah ada. Pastikan juga box motor yang dipasang dapat tertahan dengan baik pada bracket dan tidak bergoyang. Satu lagi, hindari memasang box motor secara sembarangan untuk menghindari terjadinya kecelakaan dan kerusakan pada motor Anda.

Disclamer

Artikel ini sudah ditulis dan disusun dengan baik untuk tujuan panduan saja. Penulis tidak bertanggung jawab atas setiap tanggung jawab dan kerugian dari baca yang menggunakan sistem informasi ini. Baca dengan seksama dan waspada.

Jenis Box Motor
Ukuran yang Tepat
Harga
Box Motor Besar
90cm x 35cm x 40 cm
Rp 700.000,-
Box Motor Sedang
60cm x 35cm x 30cm
Rp 450.000,-
Box Motor Kecil
45cm x 30cm x 25cm
Rp 250.000,-

Bagikan: