Cara Memasang Aki Motor

Pengantar

Halo Sobat Otosemi, kali ini kita akan membahas tentang cara memasang aki motor dengan benar. Bagi kamu yang memiliki kendaraan roda dua, pasti sudah tidak asing dengan baterai motor atau aki. Aki motor berfungsi sebagai sumber penyimpanan energi listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin motor. Aki motor yang baik dan benar dipasang, dapat membuat motor kamu lebih awet dan nyaman digunakan. Nah, untuk menjaga performa aki motor kamu, harus dipasang dengan tata cara yang tepat. Yuk, simak penjelasan lengkap cara memasang aki motor dengan benar berikut ini.

Pendahuluan

1. Kelebihan

Cara memasang aki motor yang tepat dapat meningkatkan performa motor kamu. Performa mesin yang lebih optimal karena aki yang baik, membuat motor lebih mudah distater dan mesin pun menjadi lebih mudah dihidupkan pada saat awalnya. Selain itu, konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat karena mesin lebih responsif terhadap kecepatan dan torsi yang dibutuhkan.

2. Kelemahan

Jika cara memasang aki motor tidak dilakukan dengan benar, maka performa kendaraan menjadi menurun. Mesin motor dapat terganggu karena listrik dari aki yang tidak stabil atau terputus, sehingga dapat mengakibatkan mesin tidak dapat hidup atau sama sekali tidak dapat digunakan. Selain itu, penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros karena mesin yang dibebani listrik yang instabilitas akibat dari aki yang tidak dapat merespon kebutuhan listrik mesin secara optimal.

3. Membeli Aki

Sebelum memasang aki motor, pastikan kamu telah membeli aki motor yang sesuai dengan tipe dan jenis kendaraan kamu. Selain itu, pastikan juga kualitas dari aki tersebut, kekuatan aki dan kapasitas nya haris disesuaikan dengan kendaraan kamu. Aki motor baru yang baik biasanya bertahan sekitar 2-3 tahun sebelum harus diganti. Jangan lupa juga untuk memperhatikan masa garansi aki tersebut.

4. Alat dan Bahan yang Diperlukan

Alat
Bahan
Obeng Min (bintang)
Aki
Kunci Pas 8mm
Distilat air
Plastic bag/Plastic wrap

5. Persiapan Sebelum Memasang Aki Motor

Untuk memasang aki motor kamu harus mematikan mesin motor terlebih dahulu dan bersihkan seluruh bagian terlebih dahulu dengan kain halus dan kering. Bersihkan terminal aki dari kotoran seperti korosi, karat sampai terlihat seperti baru dengan jangan lupa juga untuk melepas kabel negatif termiber. Selain itu, pastikan kamu telah menyalakan menu meter perangkat pengukur listrik otomatis pada kendaraan kamu.

6. Cara Memasang Aki Motor yang Benar

Hal yang pertama kamu harus lakukan ketika memasang aki motor adalah membuka penutup aki motornya terlebih dahulu. Setelah itu, pastikan kamu melepas kunci kontak dan memutuskan terlebih dahulu kabel negatif dan selanjutnya melepas baut (terminal) aki. Disarankan untuk melepas terminal negatif terlebih dahulu barulah melepas terminal positif. Pasang aki motor baru dengan meletakkan aki pada holder nya dengan baik, dan pasangkan tali pengaman pada holder dan aki baru. Kemudian bukalah pennutup terminal dan pastikan periksa di sekeliling posisi aki motor baru untuk memastikan bahwa semua hal sudah dilakukan dengan benar. Pasang terminal positif kembali terlebih dahulu jika terbalik arah inflow listrik ke motor kamu dapat terganggu. Kemudian, pasang kembali terminal negatif aki motor kamu. Keseluruhan terminal aki harus dalam keadaan yang kuat dan tidak longgar. Terakhir, periksa semua fungsi perangkat kendaraan kamu dengan menyalakan mesin dan menuju jalur yang tepat.

7. Perawatan Setiap 1 Bulan Sekali

Selalu periksa terminal aki motor kamu setiap 1 bulan sekali untuk memastikan bahwa kabel terminal tidak ada yang longgar. Pastikan juga kondisi air aki telah sesuai dengan kapasitas aki motor kebiasaan elektronik kendaraan tersebut.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika aki motor kering?

2. Apa yang harus dilakukan jika aki motor mati?

3. Apa yang harus dilakukan jika aki motor terbakar?

4. Berapa kapasitas aki yang seharusnya digunakan pada mesin motor?

5. Berapa lama masa garansi aki motor?

6. Bagaimana cara mengisi ulang air aki yang sudah habis?

7. Apakah harus mematikan mesin motor terlebih dahulu sebelum mematikan kabel aki?

8. Apa saja tanda aki motor yang rusak atau tidak stabil?

9. Apakah semua merk aki motor itu sama?

10. Berapa kapasitas aki yang harus digunakan pada mesin motor 125 cc?

11. Bagaimana cara membedakan aki motor yang asli dan palsu?

12. Bagaimana cara membaca kapasitas aki motor pada bagian label?

13. Seberapa pentingkah aki motor untuk performa mesin?

Kesimpulan

Setelah memahami bagaimana cara memasang aki motor dengan benar, kamu tentu bisa dengan mudah memasangnya sendiri dan merawatnya dengan lebih baik lagi. Hindari memasang/mengganti aki motor sendiri jika kamu belum paham betul cara-cara memasangnya. Apabila Kamu merasa kesulitan dan tidak memiliki pengalaman yang cukup, disarankan untuk membawa kendaraan kamu ke bengkel agar aki motor kamu dipasang dengan benar dan terhindar dari bahaya cidera dan kesalahan atau kerusakan pada kendaraan kamu sendiri. Ingat, meski terlihat sederhana, memasang aki motor tidak boleh dianggap sepele.

Penutup

Demikianlah tutorial lengkap tentang cara memasang aki motor dengan benar. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kualitas dan kapasitas aki motor sebelum memasangnya, dan lakukan perawatan secara rutin untuk menjaga performa kendaraan kamu tetap optimal. Terakhir, kami selalu mengingatkan agar selalu menggunakan alat pelindung diri pada saat melakukan perbaikan kendaraan atau memasang aki motor demi keamanan dan kenyamanan kamu sendiri.

Check Also

Cara Menambal Ban Motor

Masalah Ban Motor yang Bocor Sobat Otosemi, suatu saat kita pasti pernah mengalami ban motor …