Pengantar

Halo Sobat Otosemi, apakah kamu pernah melihat pengangkat mobil yang memungkinkan teknisi memperbaiki mobil di bawahnya dengan mudah? Nah, mesin hidrolik pengangkat mobil adalah salah satu alat yang membantu teknisi dalam melakukan pekerjaan mereka. Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara mendalam tentang cara kerja mesin hidrolik pengangkat mobil. Mari kita mulai!

Pendahuluan

Mesin hidrolik pengangkat mobil adalah alat yang digunakan untuk mengangkat mobil atau kendaraan roda empat lainnya dengan menggunakan prinsip hidrolik. Pengangkat ini dipasang di bengkel mobil sebagai alat bantu untuk mengangkat kendaraan dari tanah agar teknisi dapat memperbaiki bagian bawah kendaraan tanpa harus merangkak di bawah. Alat ini juga digunakan di tempat-tempat lifting kendaraan seperti bengkel ban.

Cara kerja mesin hidrolik pengangkat mobil adalah dengan menggunakan prinsip Pascal. Prinsip ini menyatakan bahwa tekanan yang diterapkan pada zat cair di dalam tabung tertutup akan merambat dan menyebar sama kuatnya di seluruh bagian cairan dan wadah tempat cairan tersebut berada. Hal ini menyebabkan tekanan yang sama akan muncul pada bagian lain di dalam sistem. Berikut adalah bagian-bagian mesin hidrolik pengangkat mobil:

1. Tanki Oli Mineral

Tanki oli mineral adalah tempat di mana oli mineral disimpan. Setelah oli diberikan ke dalam sistem, oli akan dikirimkan ke seluruh bagian dari mesin hidrolik pengangkat mobil sebagai cairan kerja. Pada tahap ini, oli akan bergerak menuju katup pengaman atau valve switch.

2. Katup Pengaman atau Valve Switch

Katup pengaman atau valve switch adalah bagian penting dari mesin hidrolik pengangkat mobil. Fungsi dari katup pengaman ini adalah untuk membuka dan menutup aliran pasokan dari tanki kepala ke silinder. Ketika katup dibuka, maka fluida akan mengalir menuju silinder, sedangkan ketika katup itu ditutup, fluida akan berhenti.

3. Silinder

Silinder adalah tabung dan batang piston dimana fluida hidrolik mengalir masuk untuk sangat mengangkat mobil. Silinder ini terdiri dari dua bagian, yaitu silinder duduk atau stationary dan silinder aktif atau moving. Seluruh silinder ini ditutup dengan pengisi minyak hidrolik.

4. Katup Penurun

Ketika alat hidrolik dihidupkan, maka fluida akan mengalir ke dalam silinder sehingga mengangkat mobil. Jika seseorang ingin menurunkan mobil, maka aliran fluida harus dibuka dari silinder ke tangki, yang akan terjadi dengan membuka katup penurun.

5. Mesin Pemompa

Mesin ini menggerakan oli menuju pompa oleh motor listrik atau menggunakan listrik dari generator. Pompa ini kemudian mendorong oli ke dalam sistem hidrolik

6. Motor Listrik

Motor listrik digunakan untuk menggerakkan pompa yang memompa cairan hidrolik ke seluruh bagian dari mesin hidrolik pengangkat mobil.

7. Rantai Lifting

Rantai lifting adalah bagian dari mesin hidrolik pengangkat mobil yang digunakan untuk membawa kendaraan. Rantai ini bekerja bersama dengan mekanisme penggerak untuk mengangkat dan menurunkan mobil, sehingga mudah untuk dipindahkan dan disimpan di tempat yang aman saat tidak digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Kerja Mesin Hidrolik Pengangkat Mobil

1. Kelebihan

a) Mesin hidrolik pengangkat mobil dapat memudahkan para teknisi dalam melakukan pekerjaannya di bawah kendaraan. Dengan alat ini, teknisi tidak perlu merangkak di bawah kendaraan, sehingga meminimalisir risiko cidera. b) Mesin hidrolik pengangkat mobil dapat mengangkat kendaraan dengan mudah dan efisien. Hal ini membuat teknisi dapat memperbaiki bagian bawah kendaraan dengan cepat. c) Mesin hidrolik pengangkat mobil cukup stabil dan dapat menahan beban berat, sehingga memudahkan teknisi dalam melakukan pekerjaannya.

2. Kekurangan

a) Mesin hidrolik pengangkat mobil memerlukan perawatan yang cukup intensif dan harus selalu diperiksa sebelum digunakan. b) Biaya untuk membeli dan memasang mesin hidrolik pengangkat mobil dapat cukup tinggi dan tidak semua bengkel mampu membeli. c) Mesin hidrolik pengangkat mobil memerlukan sumber listrik dan mesin diesel atau bensin untuk beroperasi.

Tabel Perbandingan Berbagai Jenis Mesin Hidrolik Pengangkat Mobil

Jenis Mesin Hidrolik Pengangkat Mobil
Tinggi Maksimal Pengangkatan
Tekanan Maksimal (psi)
Kapasitas Beban (ton)
Single Scissor
150 cm
2000
2-3
Double Scissor
180 cm
2500
3-4
Triple Scissor
220 cm
3000
5-6

FAQ : Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Kerja Mesin Hidrolik Pengangkat Mobil

1. Apa itu mesin hidrolik pengangkat mobil?

Mesin hidrolik pengangkat mobil adalah alat yang digunakan untuk mengangkat mobil atau kendaraan roda empat lainnya dengan menggunakan prinsip hidrolik.

2. Apa saja bagian dari mesin hidrolik pengangkat mobil?

Bagian-bagian dari mesin hidrolik pengangkat mobil adalah tanki oli mineral, katup pengaman atau valve switch, silinder, katup penurun, mesin pemompa, motor listrik, dan rantai lifting.

3. Bagaimana cara kerja mesin hidrolik pengangkat mobil?

Mesin hidrolik pengangkat mobil bekerja dengan menggunakan prinsip Pascal, di mana tekanan yang diterapkan pada zat cair di dalam tabung tertutup akan merambat dan menyebar sama kuatnya di seluruh bagian cairan dan wadah tempat cairan tersebut berada.

4. Apa kelebihan dari mesin hidrolik pengangkat mobil?

Beberapa kelebihan dari mesin hidrolik pengangkat mobil adalah dapat memudahkan teknisi dalam melakukan pekerjaannya di bawah kendaraan, dapat mengangkat kendaraan dengan mudah dan efisien, serta cukup stabil dan dapat menahan beban berat.

5. Apa kekurangan dari mesin hidrolik pengangkat mobil?

Beberapa kekurangan dari mesin hidrolik pengangkat mobil adalah memerlukan perawatan yang cukup intensif, biaya untuk membeli dan memasang mesin hidrolik pengangkat mobil cukup tinggi, dan memerlukan sumber listrik dan mesin diesel atau bensin untuk beroperasi.

6. Apakah setiap bengkel dipasangi dengan mesin hidrolik pengangkat mobil?

Tidak setiap bengkel dipasangi dengan mesin hidrolik pengangkat mobil karena biaya untuk membeli dan memasang mesin hidrolik pengangkat mobil cukup tinggi.

7. Apa saja jenis mesin hidrolik pengangkat mobil yang ada?

Beberapa jenis mesin hidrolik pengangkat mobil antara lain single scissor, double scissor, dan triple scissor.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, mesin hidrolik pengangkat mobil adalah alat yang sangat membantu para teknisi dalam melakukan pekerjaannya di bawah kendaraan. Mesin hidrolik pengangkat mobil dapat mengangkat kendaraan dengan mudah dan efisien serta meminimalisir risiko cidera pada teknisi. Mesin hidrolik pengangkat mobil memiliki kelemahan, salah satunya adalah biaya yang cukup tinggi untuk membeli dan memasangnya. Namun, dengan mempertimbangkan kelebihannya, investasi dalam mesin hidrolik pengangkat mobil bisa membuat bengkel Anda lebih efisien dan produktif.

Ayo Gunakan Mesin Hidrolik Pengangkat Mobil di Bengkel Anda!

Jika Anda memiliki bengkel, jangan ragu untuk menginvestasikan mesin hidrolik pengangkat mobil di tempat Anda. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi di bengkel Anda, dan mengurangi risiko cidera pada teknisi Anda.

Disclamer

Artikel ini dibuat hanya untuk tujuan edukasi dan informasi tentang cara kerja mesin hidrolik pengangkat mobil. Ada risiko potensial saat mengoperasikan mesin ini dan kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau cedera yang disebabkan oleh penggunaan mesin hidrolik pengangkat mobil.

Bagikan: