Salam Sobat Otosemi, Kenyamanan Berkendara Adalah Prioritas!

Berkendara dengan mobil menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan khususnya saat melakukan perjalanan jauh. Namun, kenyamanan berkendara tak hanya terfokus pada kelancaran kendaraan saat melaju di jalanan, tetapi juga kesejukan yang ada di dalam mobil yang tentunya sangat berpengaruh pada kenyamanan di dalam kendaraan. Oleh karena itu, keberadaan AC mobil menjadi sangat penting untuk memastikan kesejukan di dalam mobil terjaga dan membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan.

AC mobil sendiri bekerja dengan cara memberikan sirkulasi udara yang sejuk di dalam ruang kabin mobil. Sistem AC mobil terdiri dari beberapa komponen yang bekerja secara kompleks. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan secara mendalam tentang cara kerja AC mobil mulai dari komponen-komponen penting di dalamnya hingga kemungkinan kekurangan dan solusinya. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Bagaimana Sistem Kerja AC Mobil?

😎

Saat AC mobil dinyalakan, kompresor akan bekerja dengan menghisap refrigeran (gas pendingin) dari evaporator yang terletak di dalam dashboard kendaraan. Refrigeran ini awalnya berada dalam bentuk gas dan mengalir menuju kondensor yang berada di depan kisi-kisi kendaraan.

Setelah itu, gas refrigeran dipaksa untuk berubah menjadi cairan oleh kompresor AC. Cairan refrigeran yang sudah dipaksa untuk berubah menjadi cairan kemudian akan bergerak menuju receiver drier dan kemudian menuju thermostatic expansion valve (TEV) sebelum masuk ke evaporator.

Saat cairan refrigeran masuk ke dalam evaporator, refrigeran kemudian mengalami perubahan fase dan menjadi gas yang dingin sebelum keluar melalui duct AC, dan masuk ke dalam kabin mobil. Dalam pengoperasiannya, AC mobil tidak terlalu berbeda dengan pendingin ruangan (AC) rumah.

Komponen-Komponen Penting dalam AC Mobil

🔧

Komponen AC Mobil
Fungsinya
Kompresor
Sebagai pemompa refrigeran dalam sistem AC mobil
Kondensor
Mengubah refrigeran dari fase gas menjadi fase cairan
Receiver Drier
Membuat refrigeran yang keluar dari kondensor menjadi kering dan bebas dari kontaminan lainnya
Thermostatic Expansion Valve / Orifice Tube
Mengontrol aliran refrigeran ke dalam evaporator
Evaporator
Mengubah fase refrigeran menjadi gas dan menjadi sumber pendinginan dalam ruang kendaraan
Fan dan Ductwork
Memastikan hembusan udara dingin menuju ke dalam kabin mobil sesuai kebutuhan pengguna
Electronic Control Module / Climate Control Module
Mengontrol pengoperasian AC mobil serta suhu dan kelembaban di dalam kabin mobil
Berbagai Sensor dan Switch
Untuk mendeteksi kelembaban, suhu di dalam kabin mobil dan mengontrol aliran refrigeran

Kekurangan dan Kelebihan AC Mobil

👍👎

Kekurangan AC Mobil

1. Kebutuhan Energi yang Tinggi

AC mobil menciptakan perlindungan udara dingin melalui proses pendinginan udara di dalam kendaraan. Namun, suplai energi yang dibutuhkan untuk mendinginkan kabin kendaraan dan menjalankan sistem AC mobil sangat tinggi. Ini bermakna, sistem AC kendaraan mempercepat konsumsi bahan bakar mobil.

2. Biaya Perawatan yang Tinggi

Komponen AC mobil terdiri dari banyak komponen yang saling berhubungan dan memerlukan perawatan intensif. Oleh karena itu, perawatan sistem AC mobil akan memakan biaya yang cukup tinggi untuk menjaga daya tahan sistem secara optimal.

3. Membawa Dampak Negatif pada Lingkungan

Sistem pendingin udara kendaraan menggunakan substansi kimia seperti freon yang menciptakan dampak jelek terhadap lingkungan. Bila freon tersebut bocor, maka akan berpengaruh buruk pada lapisan ozon dan membantu terjadinya pemanasan global.

4. AC Mobil memperlambat Responsif Kendaraan

Adanya kebutuhan energi yang tinggi untuk menjalankan sistem AC mobil tentunya akan mengurangi response time kendaraan untuk membuka atau menutup pintu dan melaju ke arah yang lebih lama.

5. AC Mobil akan Meningkatkan Beban Kendaraan

Sistem pendingin udara kendaraan bikin beban kendaraan bertambah berat dan merubah potensial daya mesin terutama dalam cuaca yang sangat panas atau ketika kendaraan melewati jalan yang terjal.

6. Tidak Bertahan Lama

Sistem AC mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat kompleks dan saling terkait. jika salah satu komponen tersebut rusak, maka sistem AC mobil tidak akan dapat berfungsi dengan baik dan mempersulit perbaikan.

7. Sebelum Memahami Cara Kerja AC Mobil, Pengetahuan Dasar yang Baik Diperlukan

Anda perlu memahami latar belakang AC Mobil sebelum memulai penggunannya, termasuk cara kinerja dan juga bagaimana cara merawatnya agar selalu terjaga kualitasnya.

Kelebihan AC Mobil

1. Meningkatan Kesejukan dalam Kabin Kendaraan

Kenyamanan penghuni juga sama dengan suhu kabin kendaraan yang sejuk. Dalam keadaan cuaca yang panas, AC Mobil memberikan rasa sejuk yang memperjelas suasana dalam ruangan kendaraan

2. Meningkatkan Kualitas Udara dalam Kabin Kendaraan

Sistem AC mobil juga menangani persyaratan udara kepada penghuni kendaraan, sehingga pertukaran udara kamar menjadi lancar dan kualitas udara menjadi memuaskan.

3. Meningkatkan Kesehatan

Suasana sejuk dan segar dalam kabin mobil memperkuat keadaan berkendara. AC Mobil menyaring ratusan bakteri dan kuman yang masuk bersama berkendara dan mencegah penularan penyakit

4. Memberikan Kondisi Penyergapan

Atmosfir sejuk dalam kabin mobil bikin penghuni dapat melupakan ribuan masalah atau pikiran yang mengganggu dan merasa santai ketika sedang didekati dengan keadaan seperti itu.

5. Meningkatkan Keselamatan Berkendara

Pada cuaca kemarau, penghuni kendaraan mudah mengalami kelelahan dan bahaya tertidur selama berkendara. Dalam situasi seperti ini, AC Mobil meningkatkan ritme berkendara dan juga memberikan suasana yang menyegarkan kepada penghuni.

6. Fungsi suksesi

AC Mobil adalah salah satu komponen kendaraan yang sangat penting, fungsi yang bisa menciptakan penyebab pengendara merasa ketagihan dan berkendara lebih efektif.

7. Beberapa brand kendaraan memiliki keunggulan yang berbeda pada AC Mobil-nya

Tiada keraguan bahwa kendaraan-mobil dengan AC mobil yang prima menjadi lebih diminati dan menjanjikan kualitas kendaraan yang berbeda satu dengan yang lainnya.

13 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan tentang AC Mobil

1. Apa yang harus saya lakukan jika AC kendaraan saya tidak berfungsi?

Anda perlu memeriksa lebih lanjut untuk mengetahui apa yang menyebabkan ketidakberfungsian AC kendaraan Anda. Kondisi yang umum termasuk kekurangan pendingin udara, komponen yang rusak, atau semacam gangguan kelistrikan.

2. Bagaimana saya bisa memilih jenis pendingin AC kendaraan yang tepat untuk kendaraan saya?

Anda harus mampu menentukan kebutuhan pendingin udara dalam kendaraan Anda dan memastikan jenis pendingin yang cocok dan dapat menjadikan kendaraan lebih nyaman digunakan dengan waktu yang lama

3. Bagaimana saya bisa merawat AC Mobil pengepakan kendaraan dengan tepat?

Anda harus memeriksa AC mobil secara rutin dan memeriksa kondisi komponen-komponen kunci seperti kondensor, kompresor, dan evaporator, serta memberikan perhatian pada level pendingin dan kualitas udara di dalam kendaraan

4. Apa tanda-tanda kerusakan pada sistem AC mobil di dalam kendaraan?

Beberapa tanda kerusakan adalah makin panasnya suhu udara dari duct AC, bau menyengat, suara aneh di dalam kendaraan, atau dinding kelembaban di dalam kendaraan yang hanya meningkat.

5. Berapa freon yang dibutuhkan oleh AC Mobil untuk kinerja yang optimal?

Freon biasanya diukur dalam unit pon dan itu tergantung pada besar kecil kendaraan. Dalam keadaan umum, AC Mobil mampu berfungsi dengan freon sekitar 32 sampai 34 ons.

6. Bagaimana cara saya memperbaiki kondensor yang rusak?

Satuan kondensor biasanya perlu diganti segera setelah muncul tanda-tanda fisik perusakan terhadap kondensus tersebut. Anda dapat meminta bantuan dari bengkel kendaraan atau paling mudah Anda dapat mengecek ulang buku panduan perbaikan kendaraan

7. Apa tindakan pengamanan terbaik untuk menghadapi masalah AC kendaraan?

Langkah yang lebih penting untuk memperbaiki masalah AC kendaraan adalah dengan memeriksa kondisi dari komponen utama AC seperti kondensor, receiver drier dan ventilasi, compressor, dan evaporator

8. Apa saja masalah kelistrikan yang mempengaruhi kinerja AC mobil?

Dalam general, kendala terutama fokus pada pada kerusakan pada komponen seperti sikat motor, motor pendingin, relay AC, atau wiring.

9. Bisakah saya tetap menggunakan AC mobil ketika dalam perjalanan jauh?

Tentu, sehingga harus memastikan sirkit pendingin berjalan bekerja dan AC mobil tetap diperiksa dan dirawat secara berkala untuk menjaga kinerjanya agar lebih optimal.

10. Apa perawatan rutin yang harus saya lakukan pada AC mobil?

Anda harus memeriksa filter udara AC secara teratur, pembersihan membran pendingin dan mengisi ulang refrigeran secara berkala.

11. Apakah ketidaknyamanan dalam penanganan AC Mobil mengakibatkan pemborosan energi?

Penggunaan AC Mobil membutuhkan banyak energi, namun hal itu dapat diminimumkan dengan dengan perawatan yang teratur dan kinerja yang optimal.

12. Bagaimana saya dapat memastikan AC kendaraan saya berfungsi sepanjang tahun?

Anda hanya bisa merawat sistem AC mobil secara teratur dan memeriksa kualitas udara agar selalu sesuai dengan yang diharapkan.

13. Apakah AC mobil memiliki ketahanan yang baik?

Ketahanan AC mobil sangat tergantung pada perawatannya. Namun, apabila dikelola dengan baik sistem AC mobil dapat berfungsi secara optimal dan lebih awet.

Kesimpulan

👉

Dari penjelasan lengkap di atas, kini Anda sudah mengetahui tentang cara kerja AC mobil yang melibatkan banyak komponen penting dan sistem yang sangat kompleks. Selain itu, AC mobil juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang tidak boleh diabaikan oleh pengguna. Oleh karena itu, perhatikanlah perawatan AC mobil secara rutin, supaya kinerjanya selalu optimal dan dapat memberikan kenyamanan kabin mobil.

Dalam rangka menemukan solusi atas masalah atau kerusakan sistem AC mobil, maka Anda dapat berkonsultasi dengan mekanik atau ahli AC, untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat!

Penutup

Perlu diketahui bahwa setiap kendaraan atau dan pengujian AC mobil sangatlah penting sebelum digunakan. Artikel ini hanya memberikan informasi tentang cara kerja AC mobil dan memperkenalkan Anda kepada berbagai komponen yang ada di dalamnya. Karena merawat AC mobil akan sangat sulit jika Anda tidak memahami bagaimana kinerjanya. Oleh karena itu, kami menganjurkan agar Anda mengunjungi bengkel resmi atau mekanik spesialis untuk memeriksa, merawat, atau memperbaiki sistem AC mobil Anda.

Bagikan: