Cara Aman Menaruh Hp Di Jok Motor – Hello Sobat Otosemi.com, apa kabar? Bagi pengendara motor, kehadiran ponsel sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa terhindarkan. Mulai dari GPS, telepon, hingga hiburan, semuanya bisa diakses lewat ponsel. Namun, menaruh ponsel di jok motor ternyata bisa berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar.

Apakah HP Boleh Dit taruh di Jok Motor?

Mungkin Anda termasuk orang yang suka menaruh barang bawaan di jok motor, termasuk HP. Namun, perlu diketahui bahwa menaruh HP di jok motor tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan risiko kerusakan atau bahkan kehilangan. Namun, jika memang harus menaruh HP di jok motor, ada beberapa cara aman yang dapat dilakukan.

Apa yang Tidak Boleh Ditaruh di Jok Motor?

Sebelum membahas tentang cara aman menaruh HP di jok motor, penting untuk diketahui bahwa ada beberapa barang yang sebaiknya tidak ditaruh di jok motor, seperti dompet, kunci motor, atau barang berharga lainnya. Karena jika terjadi kecelakaan atau kejadian tidak terduga, barang tersebut dapat tercecer atau hilang.

Bahaya Menaruh HP di Jok Motor

Menaruh HP di jok motor memiliki beberapa risiko, seperti terkena panasnya mesin motor yang dapat merusak baterai dan komponen elektronik lainnya, terkena air jika terjadi hujan, dan risiko terjatuh atau tergores jika terjadi goncangan atau benturan saat berkendara. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan cara aman menaruh HP di jok motor.

Cara Aman Menaruh HP di Jok Motor

Berikut adalah beberapa cara aman menaruh HP di jok motor:

1. Matikan HP Terlebih Dahulu

Sebelum menaruh HP di jok motor, pastikan untuk mematikannya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko korsleting atau kerusakan pada baterai.

2. Mencabut Baterai Handphone

Jika memungkinkan, sebaiknya cabut baterai handphone sebelum menaruhnya di jok motor. Hal ini dapat menghindari risiko kerusakan pada baterai karena panas mesin motor atau goncangan saat berkendara.

3. Melapisi HP agar Terhindar dari Benturan

Sebaiknya lapisilah HP dengan bahan pelindung yang dapat menahan benturan atau goncangan, seperti kain lembut atau bahan busa. Selain itu, hindari menaruh HP di tempat yang dapat terkena air jika terjadi hujan.

4. Rutin Mengecek Keadaan HP

Periksa secara rutin keadaan HP Anda saat menaruhnya di jok motor. Pastikan HP masih berada pada tempat yang aman dan terlindungi dari risiko kerusakan atau kehilangan.

5. Menjaga Jarak Aman dari Pengendara Lain

Selain itu, perlu diingat untuk selalu menjaga jarak aman dari pengendara lain saat berkendara. Hal ini dapat menghindari risiko terjatuh atau terkena benturan yang dapat merusak HP yang sedang dijok motor.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara aman menaruh HP di jok motor. Sebaiknya hindari menaruh barang berharga di jok motor, termasuk HP, namun jika harus, pastikan untuk mematikannya terlebih dahulu, mencabut baterai jika memungkinkan, melapisi dengan bahan pelindung, rutin memeriksa keadaan HP, dan menjaga jarak aman dari pengendara lain saat berkendara. Dengan melakukan cara-cara tersebut, risiko kerusakan atau kehilangan HP dapat diminimalisir.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Otosemi.com! Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang suka berkendara motor sambil membawa barang bawaan. Tetaplah selalu waspada dan hati-hati saat berkendara!

Bagikan: