Intip Yuk, Biaya Membuat SIM C Khusus Motor 500cc dan 250cc !

Biaya Membuat SIM C Terbaru Khusus Pengguna Motor 250cc dan 500cc

Inilah Tarif / Biaya Membuat SIM C Khusus Motor 250cc dan 500cc – Memiliki motor berkapasitas mesin besar merupakan suatu hal yang cukup banyak di inginkan oleh kalangan menengah. Mengingat selain performa mesin tentu lebih garang di banding dengan sepeda motor ber cc kecil seperti 110 cc hingga 150 cc an. Tapi perlu di ingat bahwa mempunyai motor berkapasitas 250cc dan 500cc, ternyata soal pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C juga berbeda dengan lainnya.

Menurut Kopolisian Republik Indonesia bahwa ada 3 golongan SIM C yang ditentukan oleh kapasitas mesin sepeda motor. Untuk golongan SIM C ini khusus sepeda motor berkapasitas mesin di bawah 250 cc, sedangkan SIM C1 hanya diperuntukkan kepada pengguna motor 250 cc ke atas, sementara itu untuk golongan SIM C2 ini di khususkan pengguna motor dengan kapasitas mesin di atas 500 cc.

Lalu, berapakah tarif / biaya pembuatan SIM C di masing-masing golongan kapasitas mesin motor ? Jangan khawatir soal biaya membuat SIM C, C1 dan C2 sebab “sama saja” dengan yang telah diberlakukan sekarang. Sesuai dengan yang pernyataan Kombes Pol Unggul Sedyantoro selaku Analis Kebijakan Korlantas Mabes Polri bahwa semua pada dasarnya mengenai mekanisme kepemilikan SIM sama dengan yang telah diberlakukan untuk saat ini, termasuk juga biaya pembuatannya.

“Pada dasarnya semua mekanisme kepemilikan SIM sama seperti sekarang. Semisal kalau anda ingin membuat SIM baru tentu harus melakukan tes teori dan praktek dengan benar. Termasuk soal biaya pembuatan SIM, saya kira masih sama yaitu Rp 100 ribu“, ujar Sedyantoro dilansir dari laman Liputan6.com

Dari ungkapan Sedyantoro bisa disimpulkan bahwa biaya membuat SIM baru untuk sepeda motor memang Rp 100 ribuan. Namun bila si pemohon SIM saat melakukan uji keterampilan mengemudi menggunakan simulator, akan dikenakan biaya tambahan senilai Rp 5 ribuan ditambah lagi biaya asuransi sekitar Rp 30 ribuan.

Meski begitu, Kakorlantas Polri Irjen Pol Condro Kirono menyatakan soal biaya pembuatan SIM baru masih di bahas oleh Kementerian Keuangan Indonesia. Sehingga dipastikan untuk biaya membuat SIM C1 dan C2 tentu akan lebih besar bila dibandingkan dengan SIM C Standart. Selain itu masalah pembagian golongan SIM C berdasarkan kapasitas mesin sepeda motor sudah mulai berlaku sejak Mei 2016 silam.

Baca juga : Cara Mudah Membuat SIM Online Terbaru.

Diketahui bila mengacu pada Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Untuk sekedar mendapatkan SIM setiap pengguna sepeda motor wajib memenuhi persyaratan meliputi usia, kesehatan, administratif, dan harus lulus ujian (tes teori dan tes praktek berkendara). Semua persyaratan itu dilakukan di kantor Samsat setempat. Namun, tentunya mengenai kebijakan golongan SIM C1 dan C2 pasti berbeda dengan SIM C Standart. Aturan berdasarkan golongan SIM biasanya sebelum mendapatkan SIM C1 dan C2 terlebih dahulu harus memiliki SIM C. Adapun soal usia juga akan dibatasi.

Kesimpulan

Proses pembuatan SIM pada golongan C1 dan C2 sama seperti SIM C pada umumnya. Namun soal tarif membuat SIM cuma Rp 100 ribuan. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*