Yamaha YA-1, Sang Motor Legenda Pertama Buatan Yamaha

Harga Motor Yamaha YA-1

OTOSEMI.com – Motor Pertama Buatan Yamaha Bernama Yamaha YA-1. Pabrikan sepeda motor merk Yamaha memang sudah terkenal sekaligus terbesar di dunia. Uniknya pabrikan tersebut sudah memproduksi sepeda motor terhitung sejak tahun 1950’an silam. Bahkan motor pertama buatan Yamaha yang pernah di rilis di masa silam tak lain bernama Yamaha YA-1.

Uniknya desain Yamaha YA-1 terlihat di bagian corak warna yang berbeda dengan motor masa lalu. Inspirasi warna coklat kemerahan ini dari warna kacang chesnut. Meski di masanya kebanyakan sepeda motor berbalut warna hitam pekat, namun motor Yamaha itu berbeda dengan lainnya yang mana membuatnya sedikit nyeleneh.

Desain Unik Yamaha YA-1 Sang Motor Legenda
Desain Unik Yamaha YA-1 Sang Motor Legenda Pertama

Sejarah Yamaha YA-1 Sang Motor Legenda

Selain itu kesuksesan Yamaha YA-1 sebagai salah satu motor pertama buatan Yamaha, karena perihal prestasi yang cukup mengagumkan. Terbukti dari hasil memperoleh juara pada ajang Fuji Ascent Race III yang digelar pada era tahun 1955. Kecepatan motor pertama Yamaha ini juga mampu memenangkan ajang balapan Asama Highlands Race I atau lebih dikenal dengan All Japan Motorcycle Endurance Race.

Prestasi berkat motor tua Yamaha inilah yang menjadi cikal bakal pabrikan motor terbaik tersebut selalu ikut serta dalam ajang balap motor, salah satunya ajang MotoGP. Mengingat pada masa lalu sosok Yamaha YA-1 memang menjadi motor tercepat serta mendapatkan julukan sebagai “Aka-Tombo” atau Capung Merah.

Spesifikasi Motor Pertama Yamaha

Perlu sobat otosemi ketahui, bahwa panjang motor sang legenda itu mencapai 2 meter dan bobot kendaraan hanya 100 kg. Inilah yang membuatnya cukup mirip dengan seekor capung. Desain unik ditambah balutan klasik ini mengadopsi mesin jenis satu silinder 2-tak kapasitas 123 cc, dilengkapi pula sistem pendingin udara. Tenaga mesin motor Yamaha YA-1 ini tercatat mencapai 5,6 PS pada 5.000 rpm.

Era tahun 1950, sosok motor kapasitas 123cc dengan mesin 2 tak yang disematkan Yamaha YA-1 ini salah satu mesin tercepat di dunia. Oleh sebab itu, jangan samakan dengan kapasitas mesin motor di masa modern saat ini yang sudah memakai mesin 4 tak berteknologi injeksi. Era modern memang sebuah motor selain ada yang memiliki kapasitas mesin besar, juga telah disematkan berbagai teknologi canggih dan hampir semuanya terhubung ke komputer.

Harga Yamaha YA-1 era tahun 1950’an

Harga motor mahal tentu akan sebanding dengan kemampuan mesin yang diadopsinya. Diketahui harga Yamaha YA-1 termasuk mahal sekali yang pertama dipasarkan di Jepang dengan harga 138.000 yen atau setara Rp 16 jutaan pada masa 1950’an. Coba anda bayangkan betapa mahalnya motor pertama buatan Yamaha di tahun 1950 itu, tentu hanya kalangan elit yang mampu membeli sebuah sepeda motor.

Namun dari masa ke masa, kendaraan roda dua atau sepeda motor telah menjadi salah satu sarana transportasi utama pilihan banyak orang dalam menunjang aktifitasnya. Dan bila sobat otosemi ingin melihat sosok motor legenda itu, cukup kunjungi saja musium Yamaha yang berlokasi di Shizuoka, Jepang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*