Yamaha Xabre 150, Motor Street Fighter Futuristik Masa Kini

3-Warna-Yamaha-Xabre-150

Sudah sepekan terakhir salah satu motor keluaran terbaru besutan Yamaha, yakni Yamaha Xabre 150 menjadi perbincangan hangat. Tak main-main, motor sport produsen asal Jepang tersebut digadang-gadang akan saingi dominasi V-ixion yang merupakan motor sport terlaris di pasaran. Kabar itu tentu saja membuat banyak penggemar otomotif bertanya-tanya.

Yamaha Xabre 150 berhasil menyita perhatian pecinta otomotif dengan tampilan garangnya. Menurut kabar yang beredar, motor ini mirip dengan motor yang baru dikeluarkan oleh Yamaha di Thailand namun dengan nama yang berbeda. Yamaha M-Slaz, yaitu motor sport  terbaru Thailand yang kabarnya akan diboyong ke Indonesia dengan nama Yamaha Xabre 150. Para penggemar motor sport tanah air juga makin heboh ketika ada netizen Thailand yang mengunggah gambar utuh M-Slaz yang diyakini sebagai Xabre 150.

Sebagai keluarga baru Yamaha MT Series, Xabre 150 akan mengusung konsep naked sport bike dengan desain bodi yang lebih agresif.  Yamaha dinilai berhasil mendesain motor ini dengan karakter agresif yang disesuaikan dengan motor sport masa kini. Dengan desain headlamp yang dibentuk tajam serta bodinya yang gahar membuat Xabre 150 menimbulkan kesan garang khas motor street fighter. Anda juga dapat melihatnya pada bagian shroud yang memanjang ke depan dan tangki bensin yang dibuat meninggi.

Seperti apa sebenarnya motor sport keluaran terbaru Yamaha ini? Penasaran? Simak nih spesifikasi dan harga Yamaha Xabre 150.

Desain Eksterior Tajam dan Futuristik, Khas Motor Street Fighter

Ulasan spesifikasi Yamaha Xabre 150 pertama akan membahas tentang desain bodi motor. Seperti yang diulas sebelumnya, konsep dasar dari Xabre 150 ini masih menggunakan asas Yamaha M-Slaz dari Thailand. Dengan desain yang ‘out of the box’, Yamaha dinilai cukup berani untuk menampilkan motor naked bike terbaru mereka. Ini dapat dilihat dari desain headlamp yang didesain menukik dengan model lampu mungil serta sudut-sudut yang tajam. Lampu berjenis LED yang disematkan pada stoplamp dan lampu depannya membuat penerangan makin maksimal.

shock-usd-yamaha-xabreLayaknya motor yang biasa bermanufer di jalanan, pada bagian tangki Yamaha Xabre 150 ini dirancang dengan bentuk gambot dan menjulang tinggi ke atas. Kesan garang motor ini juga dapat dilihat dari tangki yang menganut model kondom dengan penutup bensin rata yang terlihat ‘berisi’. Selain itu, shroud muscular yang dibuat memanjang juga menambah kegagahan motor sport satu ini. Pada sektor jok, Yamaha Xabre 150 masih mewarisi aura Yamaha R15, yakni pada model jok yang dibuat terpisah, lancip, dan menungging. Behel tanduk (pillion handle) pada bagian buritan pun sudah dihilangkan untuk menambah kesan gagah.

Agar makin futuristik, Yamaha memilih slebor yang sengaja dibuat dengan model gantung sehingga terkesan lebih harmonis saat bersanding dengan lengan ayun berjenis banana arm. Aura ‘liar’ khas street fighter masa kini makin terasa dengan tambahan cover engine yang tersambung hingga ke bagian shroud. Ini merupakan ide baru Yamaha untuk menyiasati bentuk silinder kecil yang bisa mengurangi kegagahan motor ini. Dari desain eksteriornya, Yamaha Xabre 150 memang bisa dijadikan motorsport idaman, ya Sobat Oto!

Model Panel Speedometer Full Digital yang Informatif

Ulasan kedua yang akan dibahas tentang spesifikasi Yamaha Xabre 150 akan focus di sektor panel dashboard. Keluar dari desain bodi yang sangat kental dengan aura naked bike, Yamaha menggunakan konsep desain milimalis pada bagian speedometernya. Meski demikian, tampilan speedometer tak bisa diremehkan, ya! Meskipun minimalis, kuda besi satu ini tetap tampil sporty dengan sentuhan modern dengan tambahan panel full digital pada speedometernya.

stang-yamaha-xabre-150-2016Dengan bentuk persegi panjang tipis yang dibingkai oleh frame elips, panel dashboard dari Xabre 150 ini cukup informative sehingga memudahkan pengendara. Karena, meskipun hanya ada satu cluster, ia bisa menampilkan petunjuk speedometer, odometer, dan trip meter. Pada bagian samping dashboard, terdapat pula indikator lampu utama, sein, serta indikator penunjuk bahan bakar (fuel meter). So, Anda bisa jamin meskipun desainnya minimalis, tapi teknologi digitalnya pasti lebih akurat daripada panel analog!

Manouver Tajam dengan Proporsi Dimensi yang Seimbang

Melihat spesifikasi eksterior yang besar, mestinya Sobat Oto menyimpulkan kalau motor ini sangat berat. Eits! Tunggu dulu! Jangan khawatir untuk itu, karena Yamaha dengan cemerlang berhasil meminimalisir berat motor ini hingga nyaman untuk dikendarai. Secara fisik, Yamaha Xabre 150 memiliki ukuran 795 x 1,955 x 1,065 mm. Untuk ukuran motor di Indonesia, ia memang cukup bongsor. Tapi, Yamaha memastikan Yamaha Xabre 150 tidak akan seberat moge.

Beserta bbm dan olinya, Xabre 150 hanya memiliki berat 135 kg saja. Pastinya, dengan bobot yang dimilikinya, Yamaha Xabre 150 tetap biasa diajak berakselerasi dan bermanouver tajam. Jika sobat oto mempunyai hobi travelling, tak ada salahnya nih mengajak motor besutan Yamaha terbaru ini bersama Anda.

Stabilitas Tinggi dan Sangat Nyaman Dikendarai dengan Suspensi USD

Setelah membahas bobot Xabre 150, kita beralih ke bagian kaki-kaki motor dan suspensi. Untuk bagian kaki-kaki, Yamaha sepertinya membekali Xabre 150 dengan basis desain rangka yang sama dengan Yamaha R15 atau V-ixion, yakni dengan kerangka berjenis deltabox teleskopik. Rangka jenis ini terkenal dengan stabilitasnya yang tinggi dan mudah untuk dikendarai. Tingkat stabilitas motor ini juga makin bertambah dengan suspensi Up-Side Down yang disematkan pada suspensi depan motor. Pada suspensi belakang, Yamaha Xabre 150 dilengkapi dengan model monoshock yang cukup nyaman digunakaan saat berboncengan. Bagimana? Cukup flexible bukan dengan berbagai kontur jalan yang ada di Indonesia?

Untuk menambah system keamanan bagi pengendara, Yamaha masih mempercayakan pada pengereman standar dengan jenis single disc atau cakram untuk bagian depan serta belakang. Sedangkan pada sektor lengan ayun, Xabre 150 sudah menggunakan swing arm berjenis aluminium banana style yang dapat memberikan pengalaman bagi penggunanya racing khas motor street fighter.

Dapur Pacu Makin Maksimal dengan Mesin SOHC Silinder Tunggal 150cc

Nah, jika sebelumnya kita membahas spesifikasi luar dari motor ini, kali ini kita akan membedah jeroan motor sport terbaru besutan Yamaha ini, ya! Perlu kita tahu bahwa Xabre 150 memuat mesin turunan dari Yamaha YZF R15, yang artinya Xabre 150 dilengkapi dengan mesin empat tak dengan kubikasi 149cc, serta satu silinder SOHC 4 katup. Pada bagian pendingin, Yamaha menanamkan sistem pendingin liquid cooled atau system berpendingin cairan.

Kesangaran mesin ini juga dapat diuji. Dengan putaran mesin 8500 rpm, Xabre 150 dapat memuntahkan tenaga maksimal hingga 12,0 kW, lho. Sedangkan dengan putaran mesin 7500 rpm, torsi puncak motor ini bisa mencapai 14,3 Nm. Keren banget, kan! Karena basis mesinnya sama dengan YZF R15, tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut ngga kalah dong dengan powernya?

Pada bagian transmisi motor, Yamaha Xabre 150 ini menganut model transmisi 6 percepatan dengan suplai bahan bakar berjenis Fuel Injection yang dipastikan ramah lingkungan. Patut diingat ya, Sobat Oto, motor Xabre 150 ini memiliki perbandingan kompresi cukup tinggi, yakni 10,4:1. Jadi, jika ingin performa tetap maksimal, bisa dipastikan Anda wajib menggunakan BBM jenis pertamax atau bahan bakar minimum 91 oktan. Tak apalah, sedikit mahal demi kendaraan tercinta, ramah lingkungan pula! Kapan lagi bisa bermanouver di jalanan tanpa banyak menghasilkan polusi! Ya, kan?

Setelah mengetahui tentang spesifikasi Yamaha Xabre 150, Anda tentunya penasaran berapa Yamaha mematok banderol untuk motor besutan terbarunya ini! Yuk langsung simak aja informasinya berikut ini!

Yamaha Xabre 150 2016Harga Yamaha Xabre 150

Resmi duluncurkan pada pekan lalu, dengan segala kelengkapan dan teknologi teranyar Yamaha Xabre 150 dipatok dengan harga Rp 28.900.000,-. Harga ini tidak terpaut jauh dengan pabrikan Yamaha lain, yakni Yamaha R15. Dilihat dari harganya yang tak jauh beda dengan Yamaha R15, Xabre 150 juga tak jarang disandingkan dengan high-end motor sport kelas 150cc tersebut. Menariknya, Xabre 150 yang dikhawatirkan akan ‘membunuh’ pasaran V-ixion dibanderol dengan harga yang cukup jauh di atasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*